VIDEO: Highlights Piala FA, Everton Singkirkan Tottenham Hotspur Secara Dramatis

Oleh Yusuf Satria pada 11 Feb 2021, 10:04 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 10:13 WIB

Bola.com, Jakarta Everton lolos ke babak perempat final Piala FA usai menang menyingkirkan Tottenham Hotspur secara dramatis. Bermain di Goodison Park, Everton menang 5-4 atas Spurs.

Pada menit ke-3 Spurs akhirnya sukses membuka keunggulan berkat sundulan Davinson Sanchez dari jarak dekat meneruskan assist Son Heung-min dari sepak pojok.

Calvert-Lewin dan Richarlison akhirnya sukses membawa Everton berbalik memimpin lewat dua gol yang mereka ciptakan dalam rentang waktu hanya dua menit, yakni pada menit 36 dan 38. Menit ke-42, Everton mendapat hadiah penalti setelah Calvert-Lewin dilanggar Pierre-Emile Hojbjerg di kotak terlarang. Sigurdsson yang bertindak sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Jelang babak pertama usai, Lamela mencetak gol untuk memperkecil ketinggalan timnya. Skor 3-2 untuk keunggulan Everton pun menjadi hasil sementara saat laga memasuki jeda turun minum.

Pada babak kedua, tempo tinggi kembali diperagakan kedua tim. Hasilnya, Sanchez mencetak gol keduanya pada menit ke-57 untuk membuat kedudukan menjadi imbang 3-3. Everton kembali memimpin pada menit ke-68 setelah Richarlison mencetak gol keduanya lewat sebuah tembakan dari sudut sempit setelah menerima assist Sigurdsson.

Spurs pun tak mau menyerah begitu saja. Kane yang masuk sejak babak kedua akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 4-4 lewat gol yang ia ciptakan pada menit ke-83. Tak ada gol tambahan yang tercipta dari kedua tim di sisa waktu. Skor imbang 4-4 di waktu normal memaksa pertandingan berlanjut ke babak extra time.

Everton akhirnya berhasil memimpin berkat gol Bernard pada menit ke-97. Mendapat umpan terobosan dari Sigurdsson, gelandang asal Brasil itu melepas tembakan voli first time untuk menaklukkan Hugo Lloris.

Tottenham Spurs berusaha mengepung pertahanan Everton di sisa pertandingan. Namun, usaha mereka mencari gol penyeimbang tak membuahkan hasil. Skor 5-4 untuk kemenangan Everton pun menjadi hasil akhir laga ini. Everton melaju ke perempat final Piala FA.