Liga Inggris: Merasa Kasihan, Thomas Tuchel Ingin Bantu Kepa Arrizabalaga Bangkit di Chelsea

Oleh Wiwig Prayugi pada 11 Feb 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 11 Feb 2021, 18:00 WIB
Kepa Arrizabalaga
Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga (kanan) melakukan pemanasan jelang laga lawan West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris 2020/2021. (Nick Potts/Pool via AP)

Bola.com, Jakarta - Manajer Chelsea, Thomas Tuchel membuka jalan untuk Kepa Arrizabalaga. Kiper asal Spanyol itu akan diturunkan pada laga babak 16 besar Piala FA melawan Barnley, Jumat (12/2/2021)

Arrizabalaga yang direkrut denan banderol 72 juta pounds gagal memenuhi label kiper yang memecahkan rekor transfer pada 2018 itu. Performa kiper asal Spanyol itu makin buruk dan musim lalu, Chelsea mencari kiper baru, yakni Edouard Mendy.

"Sangat penting bagi saya untuk mengatakan ini: dia tidak harus berprestasi berlebihan," kata Tuchel.

Tuchel melanjutkan skema Frank Lampard dengan menjadikan Mendy sebagai pilihan utama di Stamford Bridge. Tetapi, ia menegaskan Kepa masih dapat membangun kembali kariernya di London barat.

"Saya ingin dia memainkan pertandingan normal besok. Dia tidak harus menunjukkan kepada saya atau siapa pun besok dia siap menjadi pemain nomor satu Spanyol di musim panas nanti," katanya.

“Dia hanya harus menunjukkan kualitasnya. Tidak lebih atau kurang. Jadi kami harus mengelola ekspektasi karena saya tidak mengharapkan dia mencetak gol dan menjaga clean sheet," katanya.

Musim ini, Kepa Arizzabalaga baru tampil dalam enam laga untuk Chelsea, tiga di Liga Inggris, di Piala FA, dan satu pertandingan di Liga Champions.

2 dari 3 halaman

Beban Jadi Kiper Mahal

Kepa Arrizabalaga
Penampilan kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, pada laga melawan Southampton, di Stamford Bridge, Sabtu (18/10/2020). (AFP/Ben Stansall)

Menurut Tuchel, Kepa menghadapi situasi sulit dan dia berniat membantunya memecahkan masalah di Chelsea.

"Saya hanya ingin dia membantu kami dengan kualitasnya. Dia memiliki tujuan besar untuk dicapai dan ambisi pribadi. Tapi ini normal; itulah mengapa dia ada di sini," katanya.

"Tidak ada penjaga gawang yang ingin duduk di bangku cadangan, saya mengerti itu. Dan tidak ada orang saya yang ingin berangkat besok untuk duduk di bangku cadangan."

Mantan pelatih PSG itu menambahkan, Kepa memiliki beban besar dengan status kiper termahal. 

“Dari luar dia mungkin mengalami beberapa kesulitan di sisi olahraga, dan mungkin juga situasi transfernya sedikit memberi beban di pundaknya. Itu kesan dari luar."

"Dari dalam saya melihat dia adalah  pria yang baik, saya melihat kepribadian yang bagus dan terbuka. Dia pria pekerja keras dengan kualitas yang jelas," tegas Tuchel.

Sumber: Sportsmole

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓