2 Sisi Kepa Arrizabalaga: Sang Juru Selamat Gawang Chelsea Sekaligus Tukang Blunder

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Feb 2021, 17:15 WIB
Diperbarui 12 Feb 2021, 17:15 WIB
6 Kiper Hebat di Pentas Premier League
6. Kepa Arrizabalaga (Chelsea) - Kiper asal Spanyol ini sudah menunjukkan kelasnya di musim pertama membela Chelsea. Di Liga Inggris 2018-2019, Kepa turun di 36 pertandingan dengan catatan 14 clean sheet. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Barnsley - Kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga, kembali mendapat sorotan saat bermain pada putaran kelima Piala FA melawan Barnsley, Jumat (12/2/2021) dini hari WIB. Kepa tampil gemilang dengan sejumlah penyelamatan, tetapi juga melakukan blunder.

Pada pertandingan yang berlangsung di Oakwell Stadium itu, manajer Thomas Tuchel memberikan kesempatan kepada Kepa Arrizabalaga untuk menjadi kiper utama Chelsea. Ini menjadi penampilan pertama pemain asal Spanyol itu di bawah asuhan Tuchel.

Pada babak pertama, Kepa Arrizabalaga tampil gemilang dengan melakukan penyelamatan. Kiper berusia 26 tahun itu berhasil menyelamatkan gawang Chelsea dari kebobolan.

Chelsea kemudian membuka keunggulan melalui aksi Tammy Abraham pada menit ke-64. Barnsley kemudian mencoba bangkit dan hampir mencetak gol penyeimbang akibat kelalaian Kepa Arrizabalaga.

Peristiwa itu terjadi pada menit ke-78 saat Barnsley mendapatkan tendangan bebas dari luar kotak penalti. Kepa Arrizabalaga berniat untuk mementahkan bola tendangan bebas itu, namun gagal melakukannya dengan sempurna.

Bola liar kemudian kembali ditendang oleh pemain Barnsley. Kepa Arrizabalaga ketika itu sudah berada di luar jangkauan untuk menyelamatkan gawangnya. Beruntung ada Tammy Abraham yang berdiri di bawah gawang dan menghalau bola dengan sundulan.

"Kami dua kali beruntung dalam laga itu. Pada babak pertama, ada Kepa yang menyelamatkan kami dan kami juga beruntung saat Tammy menyelamatkan kami dengan sundulan yang di bawah tiang gawang," ucap Thomas Tuchel seperti dikutip situs resmi Chelsea.

2 dari 3 halaman

Tak Buruk

Kai Havertz dan 5 Pembelian Termahal Chelsea
2. Kepa Arrizabalaga (80 Juta Euro) - Kiper asal Spanyol ini menjadi pengganti Thibaut Courtois yang hengkang dari Chelsea ke Real Madrid. Kepa Arrizabalaga dilabuhkan Chelsea dari Athletic Bilbao pada 2018 dengan transfer seharga 80 juta euro. (AFP/Rui Vieira/pool)

Penampilan Kepa Arrizabalaga dalam laga tersebut tak buruk-buruk amat. Data Whoscored mencatat, Kepa melakukan tiga penyelamatan di gawang Chelsea saat melawan Barnsley.

Namun, tentu saja catatan gemilang itu tak ada artinya andai Kepa kebobolan saat melakukan blunder. Hal inilah yang masih menjadi pekerjaan rumah buat Kepa.

Secara keseluruhan, Kepa memang dikenal sebagai kiper yang punya konsentrasi tinggi. Namun, dia juga punya dua kelemahan yakni saat melakukan tembakan jarak jauh serta melakukan penyelamatan tembakan dari jarak dekat.

Sumber: Chelsea, Whoscored

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓