Sukses


5 Bomber Ganas dalam Sejarah Derby Merseyside Liverpool Vs Everton

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan menjamu Everton pada pekan ke-25 Premier League 2020/2021. Pertandingan bertajuk Derby Merseyside ini bakal digelar di Stadion Anfield, Minggu (20/02/2021) pukul 00.30 WIB.

Seperti laga derby pada umumnya, pertemuan antara Liverpool dengan Everton diprediksi akan berlangsung sengit. Karena laga tersebut akan mempertaruhkan gengsi dan harga diri.

Apalagi, kedua kesebelasan tengah bersaing ketat di papan klasemen. Mereka juga sama-sama punya senjata mematikan di lini depan yang diharapkan bisa membantu mendulang angka.

Liverpool punya Mohamed Salah yang sudah mengemas 17 gol dan memimpin daftar top skorer sementara. Sedangkan, Everton akan mengandalkan Dominic Calvert-Lewin yang sudah mencetak 13 gol di Premier League.

Namun, dalam urusan mencetak gol, ada lima pemain yang tampil cukup produktif sepanjang sejarah Derby Merseyside. Bahkan, satu di antaranya mencetak sampai 20 gol.

Penasaran siapa saja pemain yang tampil gacor pada bentrok Liverpool Vs Everton?

Video

2 dari 6 halaman

Graeme Sharp

Pencetak gol terbanyak kelima pada Derby Merseyside adalah Graeme Sharp. Penyerang Everton pada era 1980 sampai 1990-an tersebut mencetak 6 gol ke gawang Liverpool.

Setengah lusin gol striker asal Skotlandia itu dicetak pada pertemuan di Piala FA (2 gol) dan First Division (4 gol). Graeme sendiri mendapat kesempatan menghadapi Liverpool sebanyak 32 kali selama hampir sebelas tahun berseragam Everton.

3 dari 6 halaman

Robbie Fowler

Di posisi keempat pencetak gol terbanyak pada Derby Merseyside adalah striker Liverpool, Robbie Fowler. Membela The Reds selama kurang lebih 9,5 musim, pemilik nama lengkap Robert Bernard Fowler itu membobol gawang Everton sebanyak 6 kali.

Enam gol tersebut dicetak dalam 5 pertandingan berbeda dari 17 kali penampilannya melawan Everton. Dia juga pernah mencetak brace ke gawang The Toffees pada pekan ke-31 Premier League 1998/99.

  

4 dari 6 halaman

Peter Beardsley

Peter Beardsley menempati posisi ketiga pencetak gol terbanyak pada Derby Merseyside. Pemain yang sama-sama pernah memperkuat Everton dan Liverpool ini mengemas total 7 gol.

Beardsley memperkuat Liverpool sejak 24 Juli 1987 sampai 5 Agustus 1991. Setelah itu dia memutuskan hijrah ke klub rival, Everton sampai 16 Juli 1993.

Dari 7 gol yang dicetak pada Derby Merseyside, 6 gol di antaranya dibukukan saat berseragam Liverpool. Empat gol di era First Division, sementara dua gol lainnya pada ajang Piala FA.

Sementara saat berseragam Everton, Beardsley hanya satu kali membobol gawang Liverpool, yaitu ketika kedua kesebelasan bersua pada pekan ke-18 Premier League musim 1992/93.

5 dari 6 halaman

Steven Gerrard

Posisi kedua pencetak gol terbanyak pada Derby Merseyside adalah Steven Gerrard. Menghadapi Everton sebanyak 33 kali, legenda Liverpool tersebut mencetak 10 gol ke gawang The Toffees.

Steven Gerrard merupakan andalan di lini tengah Liverpool sejak dipromosikan ke tim senior pada 1 Agustus 1998. Membela The Reds sampai 2015, dia juga mempersembahkan banyak trofi.

Trofi Piala FA, Piala Liga, Community Shield, Piala Europa, Liga Champions hingga gelar juara Piala Super Eropa pernah dia persembahkan untuk pendukungnya di Anfield. Hanya satu yang belum pernah diraih, yakni trofi Premier League.

6 dari 6 halaman

Ian Rush

Pencetak gol terbanyak pertama pada Derby Merseyside adalah penyerang Liverpool, Ian Rush. Pemain asal Wales tersebut mencetak 20 gol ke gawang Everton selama dua periode berseragam The Reds.

Memperkuat Liverpool pada 1980-1986 dan 1988-1996, Ian Rush mendapat kesempatan menghadapi Everton sebanyak 34 kali. Sementara 20 gol itu dicetak sejak era First Division 1981/82 hingga Premier League 1993/94.

Ian Rush juga pernah membobol gawang Everton pada ajang Piala FA, Piala Liga, dan Community Shield. Bahkan, mantan pemain timnas Wales itu menjadi kunci keberhasilan Liverpool menjuarai Piala FA 1985/86 dan 1988/89.

Sumber data: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Mustopa Elabdy/Yaumil Aziz, published 20/2/2021)

Video Populer

Foto Populer