Perjalanan Karier 5 Bintang asal Nigeria di Chelsea, Mulai John Obi Mikel hingga Victor Moses

Oleh Ario Yosia pada 23 Feb 2021, 10:10 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 10:10 WIB
Victor Moses, John Obi Mikel dan Celestine Babayaro
Victor Moses, John Obi Mikel dan Celestine Babayaro. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Berstatus klub kaya raya di pentas Premier League, Chelsea amat doyan memakai jasa pemain asing. Mereka kerap merekrut pemain hebat yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia.

Pada musim ini, ada 21 pemain asing yang menghiasi skuad utama Chelsea. Di antaranya adalah Olivier Giroud, Timo Werner dan Thiago Silva.

Sepanjang sejarahnya, Chelsea juga pernah memakai jasa pemain dari Nigeria. Negara dari Afirka itu memang dikenal sering menghasilkan pemain berkualitas.

Sejauh ini ada lima pemain Nigeria yang tercatat pernah membela Chelsea. Sayangnya, tidak semuanya bisa tampil maksimal di Stamford Bridge.

Berikut ini deretan lima pemain asal Nigeria yang pernah bermain untuk Chelsea. Bagaimana kisah mereka di Stamford Bridge.

2 dari 7 halaman

Celestine Babayaro

FOTO: 5 Pemain Termuda Yang Tampil di Liga Champions Eropa
Celestine Babayaro saat membela Chelsea. (AFP/Philippe Desmazes)

Celestine Babayaro merupakan pemain Nigeria dan Afrika pertama di Chelsea. Ia bergabung dengan The Blues pada era sebelum Roman Abramovich mengambil alih klub London tersebut.

Babayaro menjadi penggawa Chelsea selama delapan musim. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri tersebut memainkan 193 pertandingan dan mencetak 8 gol.

Mantan pemain Anderlecht tersebut juga ikut membantu Chelsea memenangkan FA Cup, Piala Winners dan UEFA Super Cup. Babayaro kemudian hijrah ke Newcastle pada 2005.

3 dari 7 halaman

John Obi Mikel

Chelsea vs Stoke
Gelandang Chelsea, John Obi Mikel, berebut bola dengan striker Stoke, Marko Arnautovic, pada laga Liga Premier Inggris di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (5/3/2016). Kedua tim bermain imbang 1-1. (AFP/Justin Tallis)

John Obi Mikel bergabung dengan Chelsea pada 2006 dari klub Norwegia Lyn. Ia membuat 372 penampilan di semua kompetisi dan mencetak enam gol selama berada di Stamford Bridge.

Mikel mempunyai karier yang sukses di Chelsea. Dia memenangkan Liga Champions dan Liga Europa, dua Premier League, tiga Piala FA, dan Piala Liga selama bersama klub London itu.

Setelah meninggalkan Chelsea, Mikel bergabung dengan klub China Tianjin Teda pada 2017. Pemain asal Nigeria itu saat ini bermain di Champioship bersama Stoke City.

4 dari 7 halaman

Kenneth Omeruo

Kenneth Omeruo
Kenneth Omeruo (AFP)

Kenneth Omeruo didatangkan Chelsea dari Standard Liege. Transfer tersebut terjadi pada bursa transfer Januari 2012 lalu.

Selama berseragam Chelsea, Omeruo tidak pernah dimainkan di tim utama. Manajemen The Blues lebih sering meminjamkan pemain Nigeria ini ke klub-klub lain selama kariernya di Inggris.

Tujuh tahun berselang, Chelsea pada akhirnya melepas Omeruo secara permanen. Pemain berusia 27 tahun itu sekarang bermain di Spanyol bersama Leganes.

5 dari 7 halaman

Victor Moses

Liverpool, Chelsea, Piala Liga Inggris
Gelandang Chelsea, Victor Moses, berebut bola dengan pemain Liverpool, Alberto Moreno, pada laga Piala Liga Inggris di Stadion Anfield, Rabu (26/9/2018). Liverpool takluk 1-2 dari Chelsea. (AP/Rui Vieira)

Victor Moses didatangkan dari Wigan Athletic pada 24 Agustus 2012. Namun, kariernya di Stamford Bridge bisa dibilang kurang bagus.

Moses hanya tiga musim saja bermain di tim utama Chelsea. Selebihnya, pemain sayap asal Nigeria ini sering dipinjamkan ke klub lain.

Moses pernah dipinjamkan ke Liverpool, Stoke City, West Ham United, Fenerbahce, Inter Milan, dan musim ini ke Spartak Moscow.

6 dari 7 halaman

Ola Aina

Chelsea vs Fulham
Bek Fulham, Ola Aina (kiri) mengontrol bola di depan bek Chelsea, Ben Chilwell ada lanjutan Liga Inggris yang berlangsung di Craven Tottage pada Minggu (17/1/2021) dini hari WIB. Chelsea berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Fulham lewat gol tunggal Mason Mount. (John Walton/Pool via AP)

Ola Aina merupakan pemain didikan Akademi Chelsea. Ia berhasil mencatatkan debut di tim utama The Blues pada tahun 2016.

Meskipun begitu, Aina tak mampu menjadi pemain reguler di Stamford Bridge. Pemain asal Nigeria itu sampai sejauh ini baru mencatatkan enam pemampilan bersama The Blues.

Selama memperkuat Chelsea, Aina pernah dipinjamkan ke Hull City dan Torino. Ia dilepas permanen ke Torino pada 2019 dan saat ini tengah dipinjamkan ke Fulham.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 22/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓