Liga Inggris: Liverpool Bagai Zombie di Lapangan, Butuh Lecutan Ide dan Taktik Baru

Oleh Yus Mei Sawitri pada 23 Feb 2021, 05:15 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 05:15 WIB
FOTO: Reaksi Penggawa Liverpool Usai Dihancurkan Manchester City di Liga Inggris
Performa Mohamed Salah dan Liverpool tengah menurun drastis di kompetisi Liga Inggris. Peluang Liverpool mempertahankan gelar makin tipis usai kalah 1-4 dari Manchester City. (Laurence Griffiths/Pool via AP)

Bola.com, London - Legenda Manchester United, Gary Neville, menyarankan Liverpool memakai taktik tiga bek untuk bangkit dari keterpurukan di musim ini. Menurut Neville, kondisi The Reds saat ini bagaikan zombie di lapangan. 

Liverpool baru saja menelan kekalahan keempat secara beruntun di Liga Premier setelah keok 0-2 dari Everton di Derbi Merseyside, Sabtu (20/2/2021). Alih-alih mempertahankan gelar, tim racikan Jurgen Klopp bahkan terancam harus berjuang keras menyegel posisi empat besar. 

The Reds sudah defisit lima poin dari peringkat empat, West Ham United. Jarak dengan pemuncak klasemen Manchester City juga sudah melebar menjadi 19 poin. 

Seolah derita itu belum cukup, Liverpool juga mendapati ruang perawatan pemain semakin sesak. Sang kapten, Jordan Henderson, mengalami cedera pada laga kontra Everton. 

Neville meyakini Jurgen Klopp harus mengubah taktik supaya Liverpool yang kini bagaikan zombie tidak kehilangan tiket Liga Champions musim depan. 

"Situasi itu menjadi sedikit mengkhawatirkan dalam arti kami tahu mereka direcoki banyak pemain cedera. Kami tahu mereka tidak mendapatkan dukungan suporter di stadion, kami tahu tentang Covid-19 dan di sana banyak pertandingan. Tapi situasi itu sama untuk semua orang," kata Neville di podcast Sky Sports 'The Gary Neville, seperti dilansir Mirror, Senin (22/2/2021). 

"Tapi, mereka kurang adanya perubahan. Ide yang berbeda. Mereka hanya terlihat terpukul, hampir seperti zombie di lapangan. Berjalan sambil memikirkan hal yang sama," imbuh Neville tentang kondisi Liverpool

 

2 dari 3 halaman

Musim yang Menyedihkan

Everton, Liverpool, Jordan Pickford
Kiper Everton, Jordan Pickford, menghalau bola saat Liverpool menyerang gawangnya dalam laga pekan ke-25 Premier League di Anfield, Minggu (21/2/2021) dini hari WIB. Everton berhasil menang 2-0 dalam pertandingan tersebut. (PHIL NOBLE / POOL / AFP)

Neville mengatakan keterpurukan Liverpool itu jadi tantangan bagi Jurgen Klopp untuk mencari jalan keluarnya. 

"Mungkin mereka butuh sesuatu yang berbeda dari Klopp? Dia tidak tertandingi dan masih di Liverpool, tetapi bahkan dia mungkin sekarang berpikir, 'apakah saya harus melakukan sesuatu yang berbeda?'," tutur mantan bek Manchester United itu. 

"Bukannya saya memberikan saran kepada Liverpool atau Klopp, tapi coba mainkan tiga bek. Kami lihat tim lain memakai taktik itu."  

"Di mata saya mereka membutuhkan ide baru supaya memberi mereka semangat. Jika tidak ini bisa jadi musim yang sangat menyedihkan bagi mereka, karena tidak lolos ke Liga Champions, meskipun saya masih berpikir mereka akan melakukannya," imbuh Neville. 

Sumber: Mirror 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓