VIDEO: Perdana Menteri Boris Johnson Izinkan Suporter Liga Inggris Kembali ke Stadion

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 23 Feb 2021, 13:57 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 13:57 WIB

Bola.com, Jakarta Ada kabar gembira bagi para suporter Liga Inggris. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson umumkan jika para suporter diperbolehkan hadir untuk menonton langsung ke stadion.

Hal tersebut disampikan oleh Boris Johnson pada Senin (22/2/2021). Ia mengatakan jika beberapa sektor di dunia olahraga akan dibuka kembali, termasuk sepak bola.

Seperti yang telah dikutip dari AP News, rencananya suporter bisa kembali menonton di stadion sekitar bulan Mei.

“Pintu stadion olahraga akan kami buka kembali untuk kegiatan olahraga sekitar tanggal 17 Mei mendatang.” Ujar Boris Johnson.

Namun, kembalinya suporter ke stadion juga tetap memiliki aturan yang ketat. Pemerintah Inggris hanya memperbolehkan 10.000 orang saja yang datang ke stadion, itu juga dalam protokol kesehatan yang sangat ketat.

Sebenarnya rencana akan kembalinya suporter ke stadion telah dibahas pada akhir tahun 2020 lalu. Boris Johnson melabelinya dengan nama Covid Winter Plan.

Dalam rancangan tersebut Boris Johson telah mempertimbangkan kompetisi akan kembali dalam tiga tahap.

Yang pertama adalah Tier 1. Di sini, penonton yang boleh hadir adalah 4000 penonton atau 50 persen kapasitas stadion jika kurang dari 4000 tempat duduk.

Yang kedua adalah Tier 2. Pertandingan yang masuk kategori ini hanya diperbolehkan dihadiri oleh 2000 penonton saja.

Lalu yang terakhir adalah Tier 3. Klub-klub Liga Inggris seperti Liverpool, Manchester City dan Manchester United.

Namun, racangan tersebut belum dapat terealisasi karena kasus Covid-19 yang belum kunjung reda di wilayah Inggris.

Kini, ketika kasus Covid-19 sudah terkendali Boris Johnson kembali ingin merealisasikan rencana agar para suporter kembali bisa menyaksikan Liga Inggris secara langsung di bulan Mei mendatang.