MOTION GRAFIS: Gary Neville dan 6 Pemain Liga Inggris yang Juara Tanpa Medali

Oleh Dody Iryawan pada 23 Feb 2021, 17:10 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 17:10 WIB

Bola.com, Jakarta - Bagi pesepak bola memenangi gelar liga selalu menjadi salah satu impian terbesarnya, termasuk di Liga Inggris. Tak mudah menjadi juara Liga Inggris yang persaingannya sangat ketat. Namun nasib apes dialami Gary Neville ketika Membantu Manchester United meraih gelar juara.

Mengoleksi medali kemenangan akan menjadi kenang-kenangan indah bagi pesepak bola. Apalagi jika mereka berkarier di liga yang penuh gemerlap seperti Liga Inggris.

Premier League musim 2020/2021 dimenangi Liverpool. The Reds tampil dominan pada musim ini, hampir tanpa gangguan berarti dari rival-rivalnya. Mereka juara dengan keunggulan 18 poin.

Premier League memberikan 40 medali untuk didistribusikan kepada pemain dan staf. Sebanyak 23 pemain dipastikan mendapat medali, dengan syarat minimal bermain dalam lima pertandingan sepanjang musim ini.

Jika tidak, maka pemain tersebut harus gigit jari. Sepanjang sejarah Premier League ada beberapa bintang yang mengalami nasib sial seperti itu, yaitu timnya juara tapi tak berhak menerima medali.

Ada tujuh bintang yang timnya juara Liga Inggris, tapi dirinya tak kebagian medali. Salah satunya adalah Gary Neville.

Bek legendaris Manchester United itu punya delapan medali Premier League bersama klub raksasa Inggris itu. Namun, pria yang kini menjadi pundit di Sky Sports tersebut seharusnya bisa punya 10 medali selama 17 tahun berkarier di Old Trafford.

Neville menjalani debut bersama MU pada musim 1993-1994, tapi hanya tampil sekali di Premier League. Seorang pemain butuh minimal tampil 10 kali untuk mendapat medali Premier League, jadi ia tak kebagian. Aturan itu diubah pada 2012, menjadi hanya butuh lima kali tampil untuk dianggap dari bagian tim juara.

Kejadian serupa terulang pada musim 2009-2010, ketika MU juga jadi juara Liga Inggris. Gary Neville hanya mentok tampil empat kali, sebelum memutuskan pensiun pada pertengahan musim. Lalu siapa saj apemain lainnya?