Sukses


Jejak 5 Seniman Tango asal Argentina di Liverpool

Bola.com, Jakarta - Argentina dari masa ke masa konsisten memproduksi banyak pemain hebat di kancah sepak bola dunia. Sebut saja Lionel Messi dan Diego Maradona yang namanya amat legenda.

Pemain-pemain hebat asal Argentina menyebar ke berbagai liga besar dunia, termasuk juga di Premier League. Tak sedikit pemain dari negara tersebut yang berkiprah di kasta teratas sepak bola Inggris.

Tercatat ada 74 pemain asal Negeri Tango yang bermain di Premier League hingga saat ini. Beberapa dari mereka bahkan mampu tampil menonjol dan menemukan kesuksesan bersama klub Premier League.

Salah satu klub Premier League yang tercatat penah menggunakan jasa pemain dari Argentina adalah Liverpool. Klub yang bermarkas di Anfield itu beberapa kali merekrut pemain asal negara Amerika Selatan tersebut.

Lantas, siapa saja pemain Argentina yang pernah memperkuat Liverpool? Berikut ini daftar lengkapnya.

Video

2 dari 6 halaman

Mauricio Pellegrino

Mauricio Pellegrino menjadi pemain Argentina pertama yang bermain untuk Liverpool. Ia bergabung dengan The Reds pada tengah musim 2004-2005.

Pellgrino didatangkan Rafael Benitez dengan status bebas transfer dan kontrak selama enam bulan. Pellegrino hanya bermain 13 kali untuk Liverpool.

Namun, penampilannya itu tidak cukup untuk membuatnya mendapatkan kontrak yang lebih panjang. Pellegrino akhirnya dilepas oleh klub pada akhir musim sebelum pensiun di Alaves.

3 dari 6 halaman

Emiliano Insua

Emiliano Insua memulai karier sepak bolanya di Boca Juniors. Bek kiri Argentina itu kemudian pindah ke Liverpool pada tahun 2007.

Di Liverpool, Insua kesulitan mendapatkan posisi inti. Alhasil, mantan pemain Atletico Madrid itu banyak menghuni bangku cadangan dan sempat menjalani masa peminjaman di klub Turki Galatasaray.

Insua akhirnya dijual ke Sporting CP pada tahun 2011. Selama 4,5 tahun di Anfield, Insua bermain 62 kali dan menyumbangkan satu gol.

4 dari 6 halaman

Javier Mascherano

Javier Mascherano pada awalnya datang ke Liverpool pada Januari 2007 sebagai pemain pinjaman. Setahun setelahnya ia resmi dipermanenkan karena penampilan apiknya di lapangan.

Mascherano menghabiskan lima musim di Merseyside. Mantan pemain West Ham itu membuat 139 penampilan di seluruh kompetisi dengan mencetak 2 gol dan 7 assist.

Mascherano meninggalkan Liverpool pada tahun 2010 dengan bergabung Barcelona. Ia kemudian melanjutkan kariernya di Hebei China Fortune dan pensiun di Estudiantes pada tahun lalu.

5 dari 6 halaman

Sebastian Leto

Sebastian Leto direkrut Liverpool dari Lanus pada 10 Agustus 2007. The Reds menebusnya dengan nominal transfer sebesar 1,85 juta pounds.

Sayang, Leto tak bisa menemukan kesuksesan setelah datang ke Anfield. Pemain yang berposisi winger kiri itu hanya bermain empat kali saja bersama The Reds.

Pada Juni 2008, Liverpool meminjamkan Leto ke Olympiacos. Setahun berikutnya, ia bergabung dengan Panathinaikos dengan nilai transfer sebesar sekitar 3 juta pounds.

6 dari 6 halaman

Maxi Rodriguez

Maxi Rodriguez bergabung dengan Liverpool pada 13 Januari 2010. The Reds mendapatkan winger asal Argentina itu dari klub Spanyol Atletico Madrid secara cuma-cuma.

Namun, kiprah Rodriguez di Anfield tidak bertahan lama. Dia hanya bertahan klub di selama dua setengah musim sebelum pulang kampung ke Argentina dengan Newell's Old Boys.

Selama berkostum The Reds, Rodriguez mencatatkan 17 gol dan tujuh assist dari 73 pertandingan di semua kompetisi. Dia juga memenangkan satu gelar Piala Liga Inggris bersama Liverpool.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 23/2/2022)

Video Populer

Foto Populer