5 Alasan Manchester United Dapat Hadirkan Kekalahan Pertama Chelsea Era Thomas Tuchel

Oleh Hendry Wibowo pada 27 Feb 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 07:45 WIB
Premier League - Chelsea Vs Manchester United
Premier League - Chelsea Vs Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Laga big match bakal tersaji pada pekan ke-26 Premier League 2020/2021. Dua raksasa Liga Inggris, Chelsea dan Manchester United akan bersua di Stamford Bridge, Minggu (28/02/2021) pukul 23.30 WIB.

Chelsea di bawah manajer anyar, Thomas Tuchel menjelma sebagai tim yang menakutkan. The Blues belum pernah tersentuh kekalahan sejak ditangani manajer asal Jerman itu pada 26 Januari 2021.

Itu pula yang membuat Chelsea mampu menembus lima besar klasemen sementara Premier League. Sebelum kedatangan Tuchel, klub milik Roman Abramovich itu lebih sering naik turun di papan tengah.

Namun, Manchester United bukan lawan yang mudah bagi Chelsea. Klub berjuluk Setan Merah tersebut juga tampil perkasa musim ini, sehingga bisa saja menghentikan bulan madu The Blues dengan Thomas Tuchel.

Ada lima alasan yang membuat Manchester United bisa menghentikan rekor tak terkalahkan Chelsea di bawah asuhan Tuchel. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya ya.

 

 

2 dari 7 halaman

Setan Merah Jago Tandang

Bruno Fernandes 2 Gol, MU Pesta Gol di Kandang Real Sociedad
Gelandang Manchester United, Daniel James berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Sociedad pada leg pertama babak 32 besar Liga Europa di stadion Juventus, Turin (19/2/2021). Berkat hasil ini, MU lebih mudah melangkahkan satu kaki mereka di babak 16 besar. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Manchester United punya rekor tandang yang cukup mentereng. Setan Merah menjadi satu-satunya tim di Premier League yang belum pernah kalah pada partai away.

Dilansir whoscored, Manchester United sudah meraih 8 kemenangan dan 4 hasil imbang dari 12 laga tandang. Sehingga, The Red Devils mengumpulkan total 28 poin dari kandang lawan.

Poin pada pertandingan away tersebut jauh lebih besar dari jumlah angka yang dikumpulkan di Old Trafford. Manchester United baru mengumpulkan 21 poin di kandangnya sendiri.

3 dari 7 halaman

3 Laga Terakhir di Stamford Bridge, Manchester United Menang

Edouard Mendy Bersinar, Chelsea Tahan Manchester United di Old Trafford
Gelandang Manchester United, Paul Pogba, duel udara dengan bek Chelsea, Cesar Azpilicueta, pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (25/10/2020). Kedua tim bermain imbang 0-0. (Phil Noble/Pool via AP)

Manchester United selalu menang dalam tiga away terakhirnya ke Stamford Bridge, markas Chelsea. Tiga kemenangan tersebut terjadi pada ajang Premier League, Piala Liga hingga Piala FA.

Dilansir transfermarkt, Manchester United memenangi tiga laga terakhirnya di markas Chelsea pada kurun waktu Februari 2019 hingga Februari 2020. Secara berturut-turut Setan Merah menang dengan skor 0-2, 1-2 dan 0-2.

4 dari 7 halaman

Rapor 5 Pertemuan Terakhir Berpihak kepada Manchester United

Edinson Cavani - Manchester United (MU)
Striker Manchester United (MU) Edinson Cavani menyundul bola dalam laga kontra Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (24/10/2020). (Michael Regan/Pool via AP)

Jika merujuk hasil lima pertemuan terakhir antara Chelsea kontra Manchester United, statistik mengunggulkan Setan Merah. Sebab, tim yang bermarkas di Old Trafford itu menang 3 kali dan hanya kalah satu kali, sisanya berakhir imbang.

Dan, dari lima pertemuan tersebut, Manchester United mampu mencetak sebanyak 9 gol ke gawang Chelsea. Sementara The Blues hanya membalas 4 gol.

Lima pertemuan terakhir Chelsea vs Manchester United versi soccerway:

  • Manchester United 0 – 0 Chelsea
  • Manchester United 1 – 3 Chelsea
  • Chelsea 0 – 2 Manchester United
  • Chelsea 0 – 2 Manchester United
  • Manchester United 4 – 0 Chelsea
5 dari 7 halaman

Marcus Rashford Punya Rapor Apik di Partai Tandang

FOTO: Kalahkan MU, Chelsea Amankan Tiket Final Piala FA
Pemain Manchester United Marcus Rashford berebut bola dengan pemain Chelsea Antonio Rudiger pada semifinal Piala FA di Wembley Stadium, London, Inggris, Minggu (19/7/2020). Chelsea sukses mengamankan tiket final Piala FA usai mengalahkan Manchester United 3-1. (Andy Rain, Pool via AP)

Marcus Rashford kerap menjadi mimpi buruk bagi Chelsea ketika bertemu Manchester United. 4 dari 9 gol Setan Merah ke gawang Chelsea dalam lima pertemuan terakhir diborong penyerang kelahiran Manchester itu.

Rashford juga tengah on fire setelah mencetak dua gol dari tiga laga terakhirnya bersama Manchester United.Yakni ke gawang Real Sociedad di Liga Europa dan Newcastle United di Premier League.

6 dari 7 halaman

Faktor Ole Gunnar Solksjaer

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer
Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer duduk di bangku cadangan selama pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Leicester City dan Manchester United di Stadion King Power di Leicester, Inggris, Sabtu, 26 Desember 2020. (Michael Regan / Pool via

Ole Gunnar Solskjaer punya catatan bagus ketika menghadapi Chelsea. Menurut data transfermarkt, dari 8 kali pertemuannya melawan The Blues, manajer asal Norwegia itu menang 4 kali dan kalah 2 kali.

Itu pun hanya satu kali Ole kalah dari Chelsea dengan status sebagai manajer Manchester United. Karena satu kekalahan terjadi ketika dia menukangi Cardiff City pada Premier League 2013/14.

Seementara rekor pertemuan kontra Thomas Tuchel, manajer Chelsea, cukup berimbang. Sebab, dari empat pertemuan dengan manajer asal Jerman itu, Solskjaer menang dua kali dan kalah dua kali.

 

Sumber: transfermarkt, soccerway, whoscored

Disadur dari: Bola.net (Mustopa Elabdy, published 27/02/2021)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓