Liga Inggris: Masih Betah di Chelsea, Willian Setengah Hati Gabung Arsenal

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 28 Feb 2021, 20:15 WIB
Diperbarui 28 Feb 2021, 20:15 WIB
Arsenal Susah Payah Tundukkan West Ham United
Pemain Arsenal, Willian, menggiring bola saat melawan West Ham United pada laga Premier League di Stadion Emirates, Sabtu (19/9/2020). Arsenal menang dengan skor 2-1. (Julian Finney/Pool via AP)

Bola.com, London - Fakta mengejutkan diungkapkan Willian dalam wawancara dengan media Brasil, UOL Esporte. Willian mengaku sebenarnya masih betah di Chelsea dan tak punya pilihan lain saat memutuskan gabung dengan Arsenal pada musim panas 2020.

Willian ketika itu berada dalam dilema saat Chelsea hanya mampu menyodorkan durasi perpanjangan kontrak selama dua tahun. Adapun pemain dengan nama lengkap Willian Borges da Silva itu mengharapkan kontrak baru dengan durasi tiga tahun.

Pada saat bersamaan, Arsenal datang dengan kesepakatan yang menggiurkan buat Willian. Pemain asal Brasil itu sadar kepindahannya ke Arsenal bakal menimbulkan polemik mengingat rivalitas panjang dengan Chelsea.

"Sulit untuk membuat keputusan karena persaingan antara kedua klub yang sangat besar. Saya harus memikirkannya dengan baik, juga berbicara dengan istri dan agen berkali-kali," kata Willian.

"Saya tidak ingin meninggalkan klub dengan polemik. Semua orang tahu kondisinya, yakni saya benar-benar ingin bertahan. Namun, kami tidak menemui kesepakatan karena saya meminta tiga tahun dan Chelsea hanya mau memberi dua tahun. Itulah mengapa saya akhirnya hengkang," tegas Willian.

Sejak bergabung dengan Arsenal, Willian belum mampu memberikan kemampuan maksimal. Pemain berusia 32 tahun itu sudah bermain 18 kali dan hanya memberikan tiga assist untuk klub berjulukan Meriam London tersebut.

2 dari 3 halaman

Tergoda Rayuan

James Rodriguez dan 5 Rekrutan Gratis di Liga Inggris
5. Willian (Arsenal) - Penyerang asal Brasil ini resmi bergabung dengan Arsenal pada bursa transfer musim panas ini. Willian direkrut secara gratis oleh Arsenal dan menyepakati kontrak tiga tahun. (AFP/Kirsty Wiggleswort/pool)

Willian akhirnya memutuskan bergabung dengan Arsenal pada 14 Agustus 2020. Ketika itu, Willian menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun sampai Juni 2023.

Selain durasi kontrak yang sesuai keinginan, Willian mengaku tergoda tawaran menarik tentang proyek jangka panjang Arsenal. Ketika itu, manajer Mikel Arteta dan Direktur Teknik Edu menyebut ingin membuat Arsenal kembali menjadi klub yang disegani di Inggris dan Eropa.

"Satu hal yang membuat saya memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal adalah berbagai percakapan yang dilakukan dengan Mikel Arteta dan juga Edu. Mereka meyakinkan saya akan menjadi pemain yang sangat penting dalam skuad," kenang Willian.

"Mereka ingin mengubah filosofi klub untuk memungkinkan Arsenal bisa bersaing lagi di Liga Inggris dan bermain di Liga Champions," tegas Willian.

Sumber: UOL Esporte via The Sun

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓