Liga Inggris: Tanpa Gol Saat Hadapi Manchester United, Thomas Tuchel Puas dengan Pertahanan Chelsea

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 01 Mar 2021, 06:20 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 06:21 WIB
Skor Kacamata Akhiri Laga Chelsea Vs Man United
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel saat menyaksikan pemainnya bertanding melawan Manchester United pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge Stadium di London, Inggris, Minggu (28/2/2021). Tambahan satu poin tidak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen . (Andy Rain/Pool via AP)

Bola.com, London - Chelsea dan Manchester United harus berbagi poin dalam laga pekan ke-26 Premier League di Stamford Bridge, Minggu (28/2/2021) malam WIB. Hasil imbang tanpa gol itu membuat pelatih The Blues, Thomas Tuchel, merasa puas, terutama melihat pertahanan yang dimiliki timnya.

Chelsea dan Manchester United bermain cukup intens dalam pertandingan tersebut. Namun, tak satu pun peluang bisa dikonversi menjadi gol oleh para pemain dari kedua tim.

Bahkan dalam laga yang mempertemukan tim dengan pertahanan yang bagus menghadapi tim dengan produktivitas gol yang tinggi, sukses Chelsea mencatat clean sheet adalah sebuah pencapaian yang bagus. Thomas Tuchel pun mengakuinya.

"Ini pertandingan yang berkualitas antara dua tim yang sangat kuat. Kami kesulitan pada babak pertama, tapi secara keseluruhan ini adalah sebuah pertandingan yang luar biasa. Saya pikir kami kemudian sangat kuat pada babak kedua," ujar Tuchel kepada Sky Sports.

"Saya pikir kami hampir memenangi pertanidngan, tapi begitu banyak pemain berkualitas di lapangan. Melihat performa tim, saya puas. Kami bertahan sangat baik di garis akhir dan saya gembira untuk itu," lanjut manajer Chelsea itu.

2 dari 3 halaman

Mengubah Taktik

FOTO: Manchester United Gagal Pepet Manchester City, Chelsea Tetap Tak Terkalahkan
Pemain Chelsea, Mason Mount, menggiring bola saat melawan Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion Stamford Bridge, Minggu (28/2/2021). Kedua tim bermain imbang 0-0. (AP/Ian Walton, Pool)

Chelsea yang biasa memainkan tiga pemain bertahan dalam skema permainan akhirnya menurunkan dua gelandang sayapnya dan membentuk formasi 5-3-2 dalam pertandingan kontra Manchester United. Hal tersebut memang menjadi taktik Thomas Tuchel agar The Blues bisa waspada dan tidak kelelahan menghadapi Manchester United.

"Kami mengubah posisi menjadi 5-3-2 untuk mendapatkan pemulihan yang lebih baik dan bisa mengembalikan kepercayaan diri. Anak-anak tampil sangat baik dan kami hampir saja menang," ujar Tuchel.

"Kami melakukan apa yang kami bisa. Saya benar-benar gembira. Menghadapi tim seperti Manchester United, Anda tidak banyak memiliki peluang."

"Dalam sebuah permainan dengan level tinggi seperti ini, mungkin dua peluang saja sudah cukup. Jika Anda tidak begitu, Anda harus waspada terhadap serangan balik dan kualitas yang dimiliki Manchester United. Kami melakukannya dan bertahan dengan sangat baik, sebuah upaya yang luar biasa," lanjutnya.

Sumber: Sky Sports, BBC Sport

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓