Sukses


Liga Inggris: Soal Pernyataan Manchester United Seharusnya Dapat Penalti, Solskjaer dan Luke Shaw Lolos dari Sanksi FA

Bola.com, Jakarta - Pernyataan kontroversial diungkapkan dua sosok dari Manchester United, yaitu Ole Gunnar Solskjaer dan Luke Shaw. Namun, keduanya tidak akan mendapatkan hukuman dari FA yang merupakan federasi sepak bola Inggris.

Semua bermula ketika Manchester United bertemu Chelsea dalam laga Premier League pada akhir pekan lalu. Pertarungan itu berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Kedua tim gagal menyajikan gol-gol dalam pertandingan tersebut. Namun, duel tersebut diwarnai momen kontroversial yang kemudian menjadi pembahasan besar, yaitu tidak diberikannya penalti untuk Manchester United oleh wait Stuart Atwell.

Pada babak pertama, tepatnya pada menit ke-14, setelah Edouard Mendy menghalau tendangan bebas Marcus Rashford, Callum Hudson-Odoi dan Mason Greenwood berebut bola di kotak penalti The Blues. Saat itu, Hudson-Odoi kedapatan melakukan handball.

Bola memang mengenai tangan pemain Chelsea itu yang kemudian juga mengenai lengan dari penyerang Manchester United, Mason Greenwood. Setelah itu, laga sempat dihentikan karena Stuart Atwell melihat tayangan VAR terlebih dulu, dan kemudian melanjutkan pertandingan setelah menilai Hudson-Odoi tidak melakukan handball.

Video

2 dari 3 halaman

Lolos dari Hukuman FA

Setelah penalti tersebut tidak diberikan oleh Atwell, Luke Shaw dan Ole Gunnar Solskjaer membuat pernyataan terkait momen tersebut setelah pertandingan. Luke Shaw menyebutkan kalau Atwell mengakui itu adalah penalti saat bicara dengan kapten Manchester United, Harry Kane.

"Harry diberitahu kalau itu adalah penalti," ucap Luke Shaw kepada Sky Sports.

Solskjaer pun mengeluh. Ia mengatakan kalau wasit yang memimpin pertandingan terpengaruh oleh banyak hal dari luar lapangan, satu di antaranya adalah artikel yang pernah dikeluarkan situs resmi Chelsea beberapa waktu lalu.

Klaim yang menyudutkan wasit seperti ini biasanya akan mengakibatkan hukuman untuk sang pembuat pernyataan. Namun, FA meyakini kalau kedua pernyataan tersebut tidak melanggar aturan yang ada.

3 dari 3 halaman

Penjelasan tentang Handball

Premier League juga sudah memberikan penjelasan mengapa Manchester United tidak diberikan penalti. Dari pernyataanya, Hudson-Odoi dianggap tidak menggerakkan tangannya secara sengaja.

"VAR meminta wasit untuk melihat kembali insiden tersebut, namun dia tetap bertahan pada keputusannya di lapangan karena merasa kalau Hudson-Odoi tidak menggerakkan tangannya ke arah bola," tulis Premier League.

Kejadiannya sudah lewat, dan tidak ada yang bisa mengubah hasil akhir antara Chelsea melawan Manchester United akhir pekan kemarin. Kedua klub tersebut harus puas dengan satu poin yang didapatkan dari laga itu.

Sumber: Goal International

Disadur dari: Bola.net

Video Populer

Foto Populer