Sukses


5 Pelatih Kandidat Pengganti Jurgen Klopp Jika Dipecat di Liverpool: Ternyata, Steven Gerrard Bukan Calon Tunggal

Bola.com, Jakarta - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengakui timnya dalam masalah besar setelah keok 0-1 dari Fulham pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (8/3/2021). 

Gol semata wayang penentu kemenangan Fulham dilesakkan Mario Lemina pada menit ke-45. Gol tersebut sudah cukup untuk membuat Liverpool menelan enam kekalahan beruntun di kandang sendiri pada laga Liga Inggris.  

Jurgen Klopp mengakui timnya tidak bermain dengan cukup baik, sehingga akhirnya menerima bayaran setimpal. Bukannya bangkit, Mohamed Salah dan kawan-kawan makin semakin terpuruk. 

"Ada beberapa momen kami seharunya bisa memberikan efek lebih banyak di permainan. Kebobolan gol sebelum half time adalah pukulan besar. Kami mencoba bereaksi dan para pemain menunjukkan itu. Pada akhirnya, kami tidak mencetak gol dan itu masalah besar," kata Klopp, seperti dikutip dari Sky Sports. 

Kini media internasional mulai santer mengabarkan, jika Liverpool tidak segera keluar dari periode negatif, maka ada kemungkinan Jurgen Klopp dipecat. Sangat ironis mengingat sosok Jurgen Klopp menghadirkan banyak prestasi untuk tim yang bermarkas di Anfield ini. 

Pada artikel ini, Bola.com mencatat 5 nama pelatih kandidat pengganti Jurgen Klopp di Liverpool. Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. Steven Gerrard

Steven Gerrard baru saja meraih sukses bersama Rangers dengan juara Premier League Skotlandia. Sukses ini lantas dikaitkan dengan potensi Gerrard menjadi manajer baru Liverpool untuk menggantikan Jurgen Klopp. Hal wajar mengingat ia berstatus legenda Liverpool. 

Gerrard ditunjuk sebagai manajer Rangers pada Juni 2018 lalu. Sejak saat itu, pelan tapi pasti, dia memperbaiki situasi yang ada. Pada dua musim pertamanya, Gerrard membawa Rangers berada di posisi kedua klasemen.

Musim ketiga menjadi momen bagus bagi Gerrard dan Rangers. Mereka sukses menjadi juara, bahkan saat kompetisi belum usai. Rangers menjadi juara pada pekan ke-32 dengan raihan 88 poin.

3 dari 6 halaman

2. Diego Simeone

Diego Simeone punya karakter yang hampir sama dengan Jurgen Klopp. Dia adalah sosok yang ekspresif dan pandai memberikan motivasi ke pemain. Simeone punya karir yang bagus di Atletico Madrid dan punya pengalaman meraih juara.

Awal musim lalu, Simeone memberi isyarat bahwa dia tidak akan selamanya menjadi pelatih Atletico. Nah, Liverpool bisa memberi tantangan baru bagi sosok dengan julukan El Cholo tersebut.

4 dari 6 halaman

3. Xabi Alonso

Xabi Alonso punya karir hebat di Liverpool. Dia masuk dalam skuad juara Liga Champions 2004/2005. Xabi Alonso mencetak satu gol ketika Liverpool menang atas AC Milan di laga final.

Xabi Alonso kini tengah meniti karir sebagai pelatih. Sejak 2019 lalu, dia menjadi pelatih di Real Sociedad U-19.

Xabi Alonso memang belum punya pengalaman di level top sebagai pelatih. Namun, pria 39 tahun itu bisa menjadi opsi jika Liverpool ingin mendapatkan ide-ide segar dari eks pemain Real Madrid itu.

5 dari 6 halaman

4. Pep Lijnders

Pep Lijnders adalah salah satu orang kepercayaan Jurgen Klopp di Liverpool. Dia adalah orang lama di Anfield karena sudah bekerja untuk Liverpool sejak 2014 lalu, walau sempat 'rehat' sejenak untuk melatih NEC Breda pada 2018.

Sebelum menjadi asisten Klopp, Pep Lijnders juga bekerja untuk Brendan Rodgers. Walau hanya sebagai asisten, pria asal Belanda ini dinilai punya andil besar atas sukses Liverpool dua musim terakhir.

6 dari 6 halaman

5. Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann disebut sebagai pelatih sangat berbakat dari Jerman. Pelatih 33 tahun ini memang belum meraih gelar apa pun di level senior, tapi dia punya capaian yang luar biasa.

Musim lalu, Nagelsmann membawa RB Leipzig melaju ke semifinal Liga Champions.

Nagelsmann dikenal sebagai pelatih yang kayak taktik. Dia punya banyak varian formasi dan bisa mengubah rencana bermain saat laga berlangsung. Nagelsmann bisa menjadi opsi menarik bagi The Reds.

 

Sumber: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 09/03/2021)

Video Populer

Foto Populer