Data dan Fakta Seru Jelang Duel Leicester City Kontra Manchester United di Perempat Final Piala FA

Oleh Rizki Hidayat pada 21 Mar 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 21 Mar 2021, 20:00 WIB
Leicester City Vs Manchester United
Leicester City Vs Manchester United. (Dok. Leicester City)

Bola.com, Leicester - Manchester United akan melawat ke markas Leicester City di King Power Stadium pada laga perempat final Piala FA, Senin (22/3/2021) dini hari WIB. Berbekal tren positif, MU dijagokan meraih kemenangan dan lolos ke semifinal.

Tim Setan Merah bersusah payah untuk bisa lolos ke perempat final Piala FA. Manchester United harus bertarung hingga babak tambahan, sebelum akhirnya mengalahkan West Ham United dengan skor 1-0 pada babak kelima, 10 Februari lalu.

Di sisi lain, Leicester City berhasil mengatasi perlawanan Brighton and Hove Albion. The Foxes juga membungkam Brighton dengan skor 1-0 pada 11 Februari 2021.

Bersua Leicester, Manchester United diprediksi bakal merengkuh kemenangan dan lolos ke semifinal. Pasalnya, MU berhasil meraih 19 kemenangan, lima hasil imbang, dan hanya sekali kalah dari 25 laga terakhir melawan The Foxes.

The Red Devils juga berhasil meraih kemenangan dalam dua pertemuan sebelumnya kontra Leicester City di Piala FA, yakni pada laga final 1963 dan babak kelima musim 1975/1976.

Namun, Leicester City diprediksi tidak akan begitu saja mudah untuk dikalahkan. Selain bermain di kandang sendiri, tim asuhan Brendan Rodgers itu juga tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir, dengan perincian dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Sejumlah fakta menarik tersaji jelang duel Leicester City kontra Manchester United. Berikut ini adalah perinciannya. 

 

2 dari 5 halaman

Head to head kedua tim:

Foto Liga Inggris: Jamie Vardy Gagalkan Kemenangan Manchester United di Markas Leicester City
Pemain Leicester City, Wesley Fofana, duel udara dengan pemain Manchester United, Bruno Fernandes, pada laga Liga Inggris di Stadion King Power, Sabtu (26/12/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AFP/Pool/Carl Recine)

1. Satu-satunya kemenangan Leicester City dalam 25 pertemuan sebelumnya kontra Manchester United - dalam 23 tahun terakhir - adalah menang 5-3 di King Power Stadium pada ajang Premier League, September 2014 (1 menang; 5 imbang; 19 kalah).

2. Bagi Leicester City itu juga satu-satunya kemenangan kandang atas MU dalam 14 pertemuan sebelumnya.

3. Manchester United meraih kemenangan dalam dua pertemuan sebelumnya melawan Leicester City di Piala FA. MU menang 3-1 pada partai final 1963 dan membungkam Leicester City pada babak kelima Piala FA 1975/1976.

 

3 dari 5 halaman

Data dan fakta Leicester City:

Foto Liga Inggris: Jamie Vardy Gagalkan Kemenangan Manchester United di Markas Leicester City
Striker Leicester City, Jamie Vardy, melakukan selebrasi bersama James Maddison usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion King Power, Sabtu (26/12/2020). Kedua tim bermain imbang 2-2. (AFP/Pool/Michael Regan)

1. Leicester City menjadi klub dengan jumlah penampilan terbanyak di final Piala FA dan tak pernah keluar sebagai juara. Terakhir kali The Foxes berlaga pada partai final adalah 1969.

2. The Foxes belum pernah mencapai semifinal Piala FA sejak 1982. Mereka telah menelan lima kekalahan pada perempat final Piala FA. Tiga pertandingan di antaranya adalah ketika bersua Chelsea (2012, 2018, 2020).

3. Delapan gol Leicester City di Piala FA musim ini dicetak oleh pemain berbeda.

4. Leicester menelan tujuh kekalahan dari 16 pertandingan kandang terakhir di kompetisi domestik musim ini. Meski begitu, mereka meraih lima kemenangan dari tujuh laga kandang pada 2021.

5. Brendan Rodgers menelan 11 kekalahan dari 14 pertemuan terakhir kontra Manchester United. Rodgers gagal meraih satu pun kemenangan dari tujuh pertemuan sebelumnya melawan MU.

 

4 dari 5 halaman

Data dan fakta Manchester United:

FOTO: Bruno Fernandes: Rekor 10 Laga Tandang, 10 Gol, 5 Assist
Leicester City vs Manchester United, (27/7/2020). Merupakan laga penentuan head to head dengan Leicester City untuk memperebutkan satu tiket ke Liga Champions. Hasil akhir, Manchester United menang 2-0, dimana Bruno Fernandes membuat 1 gol melalui tendangan penalti. (Pool via AP/Carl Recine)

1. Manchester United telah menjalani 29 pertandingan tandang tanpa kekalahan di semua kompetisi domestik (21 menang; 8 imbang).

2. MU telah 12 kali menjuarai Piala FA. Mereka berada di posisi kedua klub tersukses di Piala FA, setelah Arsenal (14 trofi juara).

3. Tim Setan Merah berpeluang lolos ke semifinal Piala FA untuk ke-31 kalinya, melampaui Arsenal.

4. Manchester United untuk ketujuh kalinya secara beruntun lolos ke perempat final Piala FA. Itu memperpanjang rekor MU di ajang ini.

Sumber: BBC Sport

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓