Sukses


Liga Inggris: Thomas Tuchel Sukses bersama Chelsea, Apa yang Bikin Dia Beda dengan Lampard?

Bola.com, Jakarta - Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand, melihat ada perbedaan pada Chelsea era Frank Lampard dan Thomas Tuchel. Menurutnya, pendekatan kepada pemain menjadi satu hal mendasar.

Chelsea di bawah kendali Tuchel kini mendapat banyak pujian. Sejak menggantikan Lampard pada akhir Desember 2020 lalu, eks pelatih PSG itu belum pernah kalah pada 14 laga yang sudah dimainkan.

Chelsea yang sempat terlempar ke papan tengah klasemen pada era Lampard kini berada di empat besar klasemen Premier League. Klub asal London Barat juga punya kans menjadi juara Piala FA dan Liga Champions.

Menurut Ferdinand, Lampard punya masalah ketika memutuskan untuk membangun tim dengan pemain muda sebagai pilar. Lampard membawa ide baru dengan pemain baru seperti Mason Mount dan Tammy Abraham.

"Saya pikir itu membuat pemain yang lebih tua kehilangan asa dan mereka bereaksi negatif pada Lampard," buka Ferdinand.

"Itu menciptakan masalah. Tapi, para pemain tua itu kembali. Tuchel mengumpulkan mereka dan memberi tahu bahwa mereka ada di klub dan menjadi andalan. Pemain muda juga masuk dalam rencana," kata Ferdinand.

Thomas Tuchel membawa angin segar bagi pemain yang ditepikan Lampard seperti Jorginho dan Marcos Alonso. Di sisi lain, Tuchel juga masih mengandalkan Mason Mount dan Reece James yang jadi andalan Lampard.

 

Saksikan video pilihan berikut ini :

2 dari 3 halaman

Filosofi Permainan

Selain faktor pendekatan kepada pemain, Ferdinand juga menyebut Lampard dan Tuchel punya cara bermain berbeda. Lampard lebih mementingkan mencetak gol, sedangkan Tuchel berorientasi pada kemenangan.

"Frank Lampard, tim ini sedikit condong menyerang dan mereka mencetak banyak gol. Namun, mereka juga kebobolan gol lebih banyak," kata Ferdinand.

"[Tuchel] berpikir saya punya pemain yang bisa menang 1-0 atau 2-0 melalui serangan balik atau momen lain. Mereka memberi gol pada kami, tapi kami tidak akan memberikan gol. Itulah yang terjadi," tutup Ferdinand.

Sumber: Rio Ferdinand Presents FIVE

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 23/3/2021)

3 dari 3 halaman

Klasemen Sementara Liga Inggris

Video Populer

Foto Populer