Sukses


Kisah 7 Pemain Chelsea Pengguna Nomor Punggung Sakti 7 Sebelum N’Golo Kante

Bola.com, Jakarta - N’Golo Kante telah memperkuat Chelsea sejak musim 2016-2017. Gelandang jangkar asal Prancis itu diboyong dari Leicester City dengan biaya 35,8 juta euro. Chelsea ternyata tidak sia-sia mendatangkan Kante ke Stamford Bridge.

Pemain berusia 29 tahun itu sudah membantu The Blues meraih gelar Premier League dan trofi Liga Europa. Setelah datang ke Chelsea, Kante langsung menggunakan nomor punggung 7 di klub.

Nomor tersebut bisa dibilang sebagai salah satu nomor punggung favorit dalam dunia sepak bola.

Sejumlah pemain Chelsea juga pernah menggunakan nomor tersebut. Akan tetapi, tidak semuanya bisa menuai kesuksesan. Berikut ini 7 pemain Chelsea yang menggunakan nomor 7 sebelum N’Golo Kante.

Video

2 dari 8 halaman

Ramires

Sebelum N'Golo Kante, pemain Chelsea yang mengenakan nomor punggung 7 adalah Ramires. Gelandang asal Brasil itu diboyong dari Benfica pada musim panas 2010.

Selama enam musim berseragam Chelsea, Ramires memainkan peran yang penting di lini tengah. Dia mencatatkan 251 pertandingan di semua kompetisi bersama The Blues.

Kebersamaan Ramires dengan Chelsea akhirnya berakhir pada bursa transfer musim dingin 2016. Ia kemudian melanjutkan kariernya di China bersama Jiangsu Suning sebelum memperkuat Palmeiras.

3 dari 8 halaman

Andriy Shevchenko

Chelsea merekrut Andriy Shevchenko dari AC Milan pada musim panas 2006. Ketika itu, The Blues mengeluarkan biaya sebesar 43 juta euro untuk menggaet mantan pemain Dynamo Kiev tersebut.

Namun, Shevchenko tidak bisa menghasilkan performa terbaiknya di Stamford Bridge. Bomber asal Ukraina itu hanya mencetak 22 gol dari 77 pertandingan di semua kompetisi.

Shevchenko sempat kembali ke AC Milan dengan status pinjaman. Namun, sang pemain akhirnya pulang kampung ke Dynamo Kiev dengan status bebas transfer pada 2009.

4 dari 8 halaman

Maniche

Jose Mourinho mendatangkan Maniche ke Chelsea pada Januari 2006. Gelandang asal Portugal tersebut dipinjam dari Dynamo Moscow.

Namun, pemain yang memiliki nama lengkap Nuno Ricardo de Oliveira Ribeiro itu hanya bermain selama enam bulan di Stamford Bridge. Ia mendapat jatah waktu bermain sebanyak 11 pertandingan saja.

Maniche kalah bersaing dengan nama-nama besar di lini tengah seperti Michael Essien, Frank Lampard dan Claude Makelele. Chelsea akhirnya tidak mempermanenkan Maniche di akhir musim.

5 dari 8 halaman

Adrian Mutu

Chelsea mendatangkan Adrian Mutu pada musim panas 2003. Ketika itu, Mutu dibeli dari klub Italia Parma dengan biaya sebesar 19 juta euro.

Penyerang asal Rumania itu sempat menjadi andalan di lini depan Chelsea. Dia berhasil mencetak 10 gol dan 8 assist dari 38 pertandingan di semua kompetisi.

Namun, karier Mutu di Chelsea hancur karena dia ternyata kecanduan kokain. Alhasil, The Blues akhirnya memutuskan untuk memecat Mutu pada Oktober 2004.

6 dari 8 halaman

Scott Parker

Chelsea membeli Scott Parker dari Charlton Athletic pada musim dingin 2004. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut diboyong ke klub dengan biaya sebesar 14,5 juta euro.

Awalnya, Parker memakai nomor punggung 19 di Stamford Bridge. Ia baru menggunakan nomor punggung 7 di Chelsea pada musim berikutnya.

Namun, karier Parker bersama Chelsea ternyata tidak berlangsung lama. Sang pemain akhirnya dijual The Blues ke Newcastle pada musim panas 2005 setelah mencatatkan 29 penampilan di semua kompetisi.

7 dari 8 halaman

Winston Bogarde

Chelsea merekrut Winston Bogarde setelah tampil impresif bersama Barcelona. Dia membantu Blaugrana meraih dua gelar La Liga dan satu trofi Copa del Rey.

Namun, pemain asal Belanda justru mengalami kesulitan setelah datang ke Stamford Bridge. Bogarde tidak banyak mendapat kesempatan bermain bersama Chelsea.

Selama tiga setengah tahun, Bogarde cuma memainkan sepuluh pertandingan di semua kompetisi. Bogarde akhirnya pensiun pada 2005 setelah gagal mendapatkan kesepkatan baru dengan klub.

8 dari 8 halaman

Didier Deschamps

Semasa menjadi pemain, Didier Deschamps dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik yang pernah ada. Dia pernah membantu timnas Prancis meraih trofi Piala Dunia 1998.

Di level klub, Deshamps juga memiliki karier yang bagus semasa membela Marseille dan Juventus. Deschamps kemudian bergabung dengan Chelsea pada tahun 1999.

Mantan pemain Nantes itu hanya bertahan satu musim saja di Stamford Bridge. Deschamps mencatatkan 45 penampilan di semua kompetisi sebelum melanjutkan kariernya di Valencia.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 23/3/2021)

Video Populer

Foto Populer