Rapor 6 Serdadu Tua di Manchester United, Mulai dari Juan Mata hingga Edinson Cavani

Oleh Ario Yosia pada 26 Mar 2021, 11:10 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 11:10 WIB
Manchester United - Edinson Cavani, David De Gea, Juan Mata
Manchester United - Edinson Cavani, David De Gea, Juan Mata (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manchester United banyak bertumpu pada pemain muda musim ini. Manajer Setan Merah, Ole Gunnar Solskjaer, doyan menggeber permainan cepat yang dengan mudah diaplikasikan oleh para young guns.

Salah satu pemain muda yang sekarang menjadi andalan United adalah Marcus Rashford. Penyerang asal Inggris itu sudah menampilkan performa yang sangat bagus sejauh ini.

Selain Rashford, pemain seperti Mason Greenwood, Brandon Williams dan Amad Diallo juga mendapat kesempatan dari Solskjaer. Mereka diharapkan bisa jadi tulang punggung Setan Merah di masa depan.

Di skuad Setan Merah musim ini juga terselip beberapa pemain yang sudah tidak muda lagi. Dengan usia di atas 30 tahun, mereka berstatus sebagai pemain veteran di Old Trafford.

Berikut 6 pemain tertua yang dimiliki Manchester United musim ini.

2 dari 8 halaman

David De Gea (30 Tahun)

David de Gea - Manchester United - Liga Inggris
Kiper Manchester United (MU) David de Gea terpaku usai gawangnya dibobol pemain Sheffield United dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Kamis (28/1/2021) dini hari WIB. (AP Photo/Laurence Griffiths,Pool)

David De Gea merupakan kiper utama Manchester United saat ini. Ia datang ke Old Trafford pada tahun 2011 pada era kepemimpinan Sir Alex Ferguson.

Sampai sejauh ini kiper asal Spanyol itu sudah mencatatkan 434 pertandingan bersama Setan Merah. Ia berhasil membukukan 153 clean sheet dari penampilannya tersebut.

Kontrak De Gea bersama United akan habis pada 2023 mendatang. Ia sudah memenangkan tujuh gelar bersama Setan Merah, termasuk Premier League pada musim 2012-2013.

3 dari 8 halaman

Nemanja Matic (32 Tahun)

FOTO: 5 Pemain Tertua di Manchester United Musim Ini, termasuk Nemanja Matic dan Edinson Cavani - Nemanja Matic
Nemanja Matic. Gelandang bertahan asal Serbia ini telah berusia 32 tahun. Menjadi bagian dari Manchester United kala diboyong dari Chelsea pada awal musim 2017/2018. Musim ini telah bermain dalam 27 penampilan di semua ajang kompetisi. (AFP/Laurence Griffiths/Pool)

Nemanja Matic sudah tidak muda lagi. Namun, gelandang bertahan asal Serbia itu masih tetap menjadi andalan di lini tengah Manchester United.

Pemain berusia 32 tahun ini sudah memperkuat Setan Merah sejak 2017 lalu. Ketika itu Matic didatangkan dari klub rival Premier League Chelsea.

Matic sudah membuat 148 penampilan di semua kompetisi selama berada di Old Trafford. Dari jumlah itu, ia berhasil membukukan empat gol dan tujuh assist.

  

4 dari 8 halaman

Juan Mata (32 Tahun)

FOTO: 5 Pemain Tertua di Manchester United Musim Ini, termasuk Nemanja Matic dan Edinson Cavani - Juan Mata
Juan Mata. Gelandang 32 tahun asal Spanyol ini telah menghuni Old Trafford selama 8 musim, mulai 2013/2014, setelah sebelumnya bermain untuk Chelsea. Musim ini baru bermain dalam 12 penampilan di semua ajang kompetisi. (AFP/Oli Scarff/Pool)

Juan Mata sudah memperkuat Manchester United selama delapan musim. Sebelum datang ke Old Trafford, Mata bermain untuk klub rival Chelsea.

Mata sudah mencatatkan 267 penampilan di berbagai ajang selama memperkuat Setan Merah. Pemain asal Spanyol tersebut juga berhasil meraih empat gelar termasuk Liga Europa pada musim 2016/2017.

Kontrak Mata bersama Setan Merah akan habis pada akhir musim ini. Mantan pemain Valencia itu kabarnya akan meninggalkan klub pada musim panas mendatang.

5 dari 8 halaman

Sergio Romero (34 Tahun)

Manchester United Vs Wolverhampton Wanderers
Kiper Manchester United, Sergio Romero, berbincang dengan Victor Lindelof saat melawan Wolverhampton Wanderers, Romain Saiss, pada laga Piala FA di Stadion Molineux, Sabtu (4/1/2020). Kedua tim bermain imbang 0-0. (AP/Rui Vieira)

Sergio Romero bergabung dengan Manchester United pada tahun 2015. Namun, sejauh ini pemain asal Argentina itu tak pernah menjadi kiper utama Setan Merah.

Romero sudah tidak masuk dalam rencana Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Oleh sebab itu, pemain berusia 34 tahun itu tidak pernah tampil pada musim ini.

Kontrak Romero di Old Trafford akan habis pada Juni 2021. Ia dikabarkan akan pulang kampung ke Argentina usai kontraknya berakhir.

6 dari 8 halaman

Edinson Cavani (34 Tahun)

FOTO: Menang 9-0 atas Southampton, Manchester United Ngamuk di Old Trafford
Striker Manchester United, Edinson Cavani, melakukan selebrasi bersama Marcus Rashford usai mencetak gol ke gawang Southampton pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Selasa (2/2/2021). Setan Merah menang dengan skor 9-0. (Laurence Griffiths/Pool via AP)

Edinson Cavani direkrut Manchester United secara gratis dari PSG pada musim panas. Bomber asal Uruguay itu sudah tampil cukup bagus di Old Trafford sejauh ini.

Cavani telah bermain dalam 26 pertandingan di semua kompetisi bersama Setan Merah. Ia mampu mencetak tujuh gol dan dua assist dari penampilannya tersebut.

Cavani dikabarkan akan meninggalkan klub usai kontraknya berakhir pada musim panas ini. Pemain berusia 34 tahun itu kabarnya akan melanjutkan kariernya di Boca Juniors.

7 dari 8 halaman

Lee Grant (38 Tahun)

Drama Adu Penalti, Manchester United Tekuk AC Milan di ICC 2018
Kiper Manchester United, Lee Grant berusaha menahan bola yang dilesakkan pemain depan AC Milan Suso dalam International Champions Cup (ICC) 2018 di Carson, California, Amerika Serikat, Rabu (25/7). AC Milan kalah adu penalti. (AP Photo/Mark J. Terrill)

Pemain tertua yang ada di skuad Manchester United saat ini adalah Lee Grant. Pemain asal Inggris itu sekarang berusia 38 tahun.

Grant saat ini hanya menjadi pilihan keempat untuk posisi penjaga gawang Manchester United. Karena itu, ia belum pernah dimainkan sekalipun sepanjang musim ini.

Grant sendiri bergabung dengan Setan Merah sejak musim 2018/2019 setelah didatangkan dari Stoke City. Kontrak sang pemain bersama MU akan habis pada akhir musim.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 25/3/2021)

8 dari 8 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓