Sukses


3 Wonderkid Chelsea yang Diprediksi Jose Mourinho Bakal Jadi Bintang Besar 7 Tahun Silam, Sekarang?

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho kembali ke Chelsea pada 1 Juli 2013. Itu merupakan periode keduanya menangani klub asal kota London tersebut.

Setelah kembali ke Stamford Bridge, Mourinho sukses mempersembahkan dua gelar untuk Chelsea. The Blues berhasil memenangkan Premier League dan Piala Liga.

Namun, kebersamaan Mou dengan Chelsea hanya sampai sampai 17 Desember 2015. Pria Portugal itu dipecat setelah serangkaian hasil buruk yang diraih klub.

Pada 2014, Mourinho pernah membuat prediksi tentang tiga pemain muda Chelsea. Mereka diyakini bakal punya masa depan cerah di klub dan level internasional.

"Hati nurani saya mengatakan bahwa pemain seperti Lewis Baker, Isaiah Brown, dan Dominic Solanke sangat disayangkan jika tidak menjadi pemain tim nasional dalam beberapa tahun mendatang. Saya harus menyalahkan diri saya sendiri bila itu terjadi," kata Mourinho.

"Mereka adalah bagian dari proses klub yang dimulai tanpa saya. Pada saat ini, kami memiliki pemain yang akan menjadi pemain Chelsea, mereka pasti akan menjadi pemain Inggris," sambungnya.

Setelah tujuh tahun berselang, bagaimana nasib ketiga pemain tersebut? Apakah ada yang sesuai dengan prediksi Jose Mourinho?

Video

2 dari 4 halaman

Lewis Baker

Lewis Baker sudah bergabung dengan Chelsea sejak di kelompok usia Under-10. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu membuat debut di tim utama pada tahun 2014.

Meski begitu, Baker tidak pernah mendapat tempat di tim utama Chelsea. Dia bahkan lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai pemain pinjaman di klub lain selama beberapa musim terakhir.

Pada musim ini, Baker menjalani masa peminjaman di klub Turki bersama Trabzonspor. Pemain berusia 25 tahun itu sejauh ini baru mencatatkan satu penampilan di tim utama Chelsea.

3 dari 4 halaman

Isaiah Brown

Isaiah Brown melakukan debutnya di tim utama Chelsea pada 18 Mei 2015. Ketika itu, dia masuk sebagai pemain pengganti saat melawan mantan klubnya, West Brom.

Setelah melakukan debutnya di akhir musim tersebut, Brown lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Ia pernah memperkuat Vitesse, Rotherham united, Huddersfield Town, Brighton, Leeds United hingga Luton dengan status pinjaman.

Brown saat ini tengah menjalani masa peminjaman di Sheffield Wednesday. Gelandang serang berusia 24 tahun itu tercatat hanya bermain sekali di tim utama Chelsea.

4 dari 4 halaman

Dominic Solanke

Dominic Solanke membuatnya debutnya bersama Chelsea pada musim 2014/15. Ia masuk menggantikan Oscar dalam pertandingan melawan Maribor di Liga Champions.

Itu ternyata jadi pertandingan terakhir Solanke bersama Chelsea. Setelah sempat dipinjamkan ke Vitesse, Solanke dijual ke Liverpool pada 2017.

Pemain berusia 23 tahun itu juga kesulitan mendapat kesempatan bermain reguler di Anfield. Solanke akhirnya dilepas ke Bournemouth pada 2019 dan saat ini masih bermain di sana.

Sumber asli: Planet Football

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 26/3/2021)

Video Populer

Foto Populer