Liga Inggris: Roy Keane Tidak Merestui Dean Henderson Jadi Kiper Utama Manchester United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 12 Apr 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 23 Apr 2021, 18:08 WIB
FOTO: Berkat Gol Bunuh Diri, Manchester United Taklukkan West Ham United
Kiper Manchester United, Dean Henderson, berusaha menghalau bola saat melwan West Ham United pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (15/3/2021). Setan Merah menang dengan skor 1-0. (AP/Clive Brunskill,Pool)

Bola.com, Jakarta - Rumor kepergian David De Gea dari Manchester United kian santer, terutama karena Ole Gunnar Solskjaer lebih sering memainkan Dean Henderson di bawah mistar gawang The Red Devils dan membuat De Gea kerap duduk di bangku cadangan.

David De Gea sudah menjadi kiper utama Manchester United sejak 2012, tepat setelah direkrut dari Atletico Madrid dengan harga 18,9 juta pound. Sudah 435 pertandingan telah dilaluinya dengan seragam kebanggaan The Red Devils.

Bahkan ketika penampilannya berada di bawah standar sekalipun, seperti halnya musim lalu, David De Gea tidak terpinggirkan dari starter.

Hal itu membuat Dean Henderson yang sempat dipinjamkan dan tampil baik bersama Sheffield United pada 2020 menjadi lebih sering duduk di bangku cadangan.

Namun, situasinya berubah pada Maret lalu. David De Gea kala itu pulang ke kampung halamannya untuk menemani sang istri menjalani proses persalinan. Posisinya di bawah mistar gawang Manchester United kala itu digantikan oleh Dean Henderson.

2 dari 5 halaman

Roy Keane Tidak Sepakat

Roy Keane
Roy Keane bersedia keluarkan uang untuk menyaksikan pertandingan Arsenal.

Publik sempat meyakini kalau pos No.1 akan kembali ke David De Gea setelah kembali dari Spanyol. Namun, ternyata tidak. Meski telah tersedia untuk bermain, Ole Gunnar Solskjaer selaku manajer tim lebih memprioritaskan Dean Henderson ketimbang dirinya.

David De Gea bahkan hanya melihat jalannya pertandingan dari bangku cadangan ketika The Red Devils menjalani laga penting melawan Tottenham Hotspur pada akhir pekan kemarin. Gara-gara ini, rumor soal kepergian David De Gea makin menguat.

Manchester United, terutama Solskjaer, dianggap sudah siap menyerahkan singgasana No.1 kepada Dean Henderson dan akan merelakan kepergian De Gea. Sesuatu yang tidak disepakati oleh legenda klub yang bermarkas di Old Trafford itu, Roy Keane.

"Saya tidak akan sepakat dengan Ole," ujar Keane kepada Sky Sports.

"Saya pikir dia melihat Dean Henderson sebagai No.1 sekarang. Dia telah memberinya kesempatan bermain dalam beberapa laga," sambung legenda The Red Devils itu.

3 dari 5 halaman

Bukti Kepercayaan Solskjaer

Scott McTominay - Manchester United - MU
Manajer Tottenham Hotspur Jose Mourinho menyalami gelandang Manchester United atau MU Scott McTominay usai laga Liga Inggris di Tottenham Hotspur Stadium, Minggu (11/4/2021). (Adrian Dennis/Pool via AP)

Laga melawan Tottenham Hotspur diyakini sebagai pertanda bahwa Solskjaer telah mempercayakan pos No.1 kepada Henderson. Keane mengatakan kalau Henderson tidak akan tergeser kecuali sampai melakukan blunder yang fatal.

"Oke, dia memainkan De Gea pada tengah pekan yang mana itu laga mudah. Tapi, dia telah memberi kepercayaan kepada Dean dalam pertandingan besar," ujar Roy Keane.

"Dia sudah pasti akan memberikan kesempatan bermain kepadanya lagi sampai akhir musim, kecuali kalau dia melakukan kesalahan. Jadi, saya pikir De Gea sedang berada di bawah tekanan dan mencoba mendapatkan tempatnya kembali di tim," tutupnya.

Henderson menebus kepercayaan Solskjaer dengan penampilan apik kala menghadapi Tottenham. Manchester United keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1 berkat gol yang dicetak Fred, Edinson Cavani, dan Mason Greenwood.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 12/4/2021)

4 dari 5 halaman

Posisi Manchester United Saat Ini

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓