Sukses


Tumpukan Kegagalan Jurgen Klopp dan Liverpool Musim Ini: Hampa Gelar dan Merana di Anfield

Bola.com, Jakarta - Kesuksesan Liverpool pada musim lalu saat menjuarai Liga Inggris seolah tidak berbekas. Musim ini menjadi momen sulit bagi manajer The Reds, Jurgen Klopp, yang dihantam kegagalan demi kegagalan. 

Jurgen Klopp dan Liverpool bukan hanya gagal mempertahankan gelar Liga Inggris. The Reds juga menelan hasil buruk di Eropa.

Liverpool baru saja tersisih dari Liga Champions. The Reds kandas pada babak perempat final. Tak ada lagi keajaiban di Anfield seperti tiga tahun lalu saat menyingkirkan Barcelona di ajang yang sama. 

Liverpool hanya mampu bermain imbang 0-0 lawan Real Madrid pada laga leg kedua, Kamis (15/4/2021) dini hari WIB di Anfield.

Padahal, Liverpool harus menang minimal dengan skor 2-0 untuk lolos ke semifinal. Liverpool tersingkir dari Liga Champions karena kalah 3-1 secara agregat dari Real Madrid.

Hasil itu menambah panjang daftar penderitaan Liverpool sepanjang musim ini. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Catatan Kegagalan Jurgen Klopp

Liverpool adalah tim yang sangat perkasa pada musim 2018/2019 dan 2019/2020. The Reds sangat dominan dan mampu meraih gelar juara Liga Champions dan Premier League.

Namun, musim 2020/2021 berjalan sulit. Jurgen Klopp dan Liverpool sudah mencatat kegagalan sejak awal musim. The Reds kalah adu penalti dari Arsenal pada laga Community Shield, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Setelah itu, Liverpool gagal di putaran keempat Carabao Cup. Lagi-lagi kalah adu penalti lawan Arsenal.

Sebelum akhirnya tersingkir dari babak perempat final Liga Champions, Klopp juga gagal di Piala FA. Jordan Henderson dan kolega disingkirkan Manchester United pada putaran keempat dengan skor 3-2.

 

3 dari 4 halaman

Tanpa Liga Champions Musim Depan?

Musim Liverpool sudah sangat buruk menyusul kegagalan di Liga Champions. Namun, situasi lebih buruk sangat mungkin akan menerpa tim yang bermarkas di Anfield.

Liverpool terancam tidak bermain di Liga Champions musim 2021/2022 mendatang. Jika itu terjadi, maka paripurna-lah musim buruk Liverpool.

Pada pekan ke-31, Liverpool berada di posisi ke-6 klasemen Premier League dengan 52 poin. Peluang ke empat besar klasemen dan lolos Liga Champions masih terbuka. Tapi, harus bersaing dengan Leicester, West Ham, Chelsea, dan Tottenham.

 

 

4 dari 4 halaman

Catatan Buruk di Anfield

Terlepas dari rangkaian cerita kegagalan di atas, Liverpool sudah mencatat noda buruk dalam sejarah klub. Liverpool menelan kekalahan pada enam laga kandang beruntun di Anfield pada laga Premier League.

Yap, enam kekalahan beruntun di Anfield. Rekor paling buruk dalam sejarah Liverpool. Mereka bahkan kalah dari tim-ti yang di atas kertas bisa dikalahkan seperti Burnley, Brighton, dan Fulham.

Sumber: ESPN

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 15/4/2021)

Video Populer

Foto Populer