Jose Mourinho Ditendang dari Tottenham Hotspur, Noda Hitam Tanpa Trofi The Special One

Oleh Ario Yosia pada 19 Apr 2021, 17:23 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 17:23 WIB
Tottenham Hotspur - Harry Kane dan Jose Mourinho
Tottenham Hotspur - Harry Kane dan Jose Mourinho (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Secara mengejutkan Tottenham Hotspur memecat Jose Mourinho pada Senin (19/4/2021).  Dilansir Sky Sports, Mourinho dikabarkan didepak Spurs karena rentetan hasil yang diraih klub.

Son Heung-min dan kawan-kawan terpuruk di posisi tujuh klasemen Liga Inggris dengan 50 poin. Spurs tertinggal lima poin dari West Ham United yang ada di posisi empat. Kans mereka berlaga di Liga Champions amat tipis musim depan.

Pada Minggu (11/4/2021) silam, Tottenham kalah 1-3 dari Manchester united di kandang sendiri. Spurs akhir pekan lalu juga hanya bermain imbang 2-2 dengan Everton. Klub London ini juga sudah tersingkir di Liga Europa dan Piala FA.

Melorotnya kinerja Tottenham rumornya karena memburuknya hubungan Jose dengan sejumlah pemain pilar Spurs. Pelatih asal Portugal terlibat perang dingin dengan Dele Alli dan Gareth Bale. Keduanya amat jarang dimainkan sebagai pemain inti.

Mayoritas pemain Spurs mulai jengah karena Jose Mourinho doyan memainkan strategi bertahan. Jose memilih cuek pada pilihannya dan kondisi ini membuat pemain malas-malasan berjuang di lapangan.

Pekan lalu, borok Jose Mourinho dibongkar mantan anak asuhnya Paul Pogba di Manchester United. Hubungan keduanya tak pernah harmonis.

Manajer asal Portugal itu selalu menepis rumor pertengkaran di antara mereka. Tetapi, Pogba kerap menjadi sasaran kritiknya saat mengalami periode sulit di Manchester United.

Jose Mourinho akhirnya didepak dari Old Trafford pada Desember 2018 dan digantikan Ole Gunnar Solskjaer. Paul Pogba pun menyebut jika perlakukan Mourinho dan Solskjaer kepada pemain sangat jauh berbeda.

"Apa yang saya miliki bersama Ole sekarang berbeda. Dia tidak akan berlawanan dengan para pemain," kata Pogba, seperti dilansir Sky Sports, Jumat (16/4/2021).

"Mungkin Ole tidak memilih mereka (untuk dimainkan). Tetapi, tidak seperti menempatkan mereka di pinggir seolah tidak eksis lagi. Itulah perbedaan Jose Mourinho dan Ole," imbuh Paul Pogba.

Mantan pelatih Chelsea itu mengaku tak peduli dengan ucapan Paul Pogba. Saat ini, Jose Mourinho hanya fokus mendongkrak posisi Tottenham Hotspur di klasemen Premier League.

Tottenham kini berada di peringkat ketujuh dengan nilai 50. Spurs hanya mendapatkan tambahan satu poin setelah bermain imbang 2-2 kontra Everton di Goodison Park, pada laga pekan ke-32 Premier League, Sabtu (17/4/2021) dini hari WIB.

"Saya ingin mengatakan bahwa saya tidak peduli dengan apa yang Paul Pogba katakan. Saya tidak peduli. Tidak tertarik sama sekali," tegas Jose Mourinho.

 

2 dari 5 halaman

Tanpa Piala di Spurs

Tottenham Hotspur - Instagram Jose Mourinho
Tottenham Hotspur - Instagram Jose Mourinho (Bola.com/Adreanus Titus)

Jose Mourinho dikenal sebagai sosok pelatih yang punya ego besar. Ia punya prestasi seabrek namun seringkali terjebak masalah dengan pemainnya sendiri.

Ia terdepak dari Chelsea dua kali karena berseteru dengan sejumlah pemain pilarnya sendiri. Demikian pula di Real Madrid, ia membangun permusuhan dengan Iker Cassilas dan Sergio Ramos.

Uniknya walau seringkali terdongkel posisinya sebagai pelatih, Jose selalu punya rekam jejak serial winner yang membuat namanya selalu harum.

Saat meninggalkan Manchester United, ia mempersembahkan gelar Liga Europa dan Piala Liga Inggris. Sebelumnya di Chelsea, semusim sebelum dipecat The Blues dihantarnya menjadi jawara Premier League.

Total 24 gelar bergengsi level klub diraih Jose sepanjang kariernya, termasuk di antaranya dua trofi Liga Champions buat FC Porto dan Inter Milan.

Namun, kisah indah Jose dengan raihan piala tak berulang di Tottenham. Ia meninggalkan klub tersebut tanpa raihan prestasi apa-apa.

Sejatinya ia punya peluang mempersembahkan gelar Piala Carabao. Spurs bakal meladeni Manchester City akhir pekan ini, namun ia keburu dipecat Daniel Levy pemilik klub.

3 dari 5 halaman

Isu Lain Pemecatan

FOTO: Chelsea Bungkam Tottenham Hotspur 1-0
Manajer tim Tottenham Hotspur, Jose Mourinho tampak tidak puas dengan penampilan timnya saat menghadapi Chelsea dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-22 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Kamis (4/2/2021). Tottenham Hotspur kalah 0-1 dari Chelsea. (AFP/Clive Rose/Pool)

Rumor yang berkembang, alasan Tottenham memecat Jose Mourinho dikabarkan karena sang manajer menolak untuk memimpin latihan klub setelah mendengar berita Tottenham akan bergabung dengan European Super League.

Tottenham Hotspur bersama lima klub Liga Inggris, sudah menyatakan bergabung dengan ESL yang ditentang UEFA. Lima klub lainnya ialah Manchester United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, dan Arsenal.

Sejauh ini, ancaman dari UEFA baru sebatas ke pemain. Pemain yang tampil di ESL akan dilarang tampil di ajang internasional di bawah UEFA.

Sumber: Sky Sports

4 dari 5 halaman

Tottenham masih berpeluang tembus big four?

5 dari 5 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Ada Fernando Torres, Ini 4 Pemain Mahal Tapi Gagal Total di Chelsea