Sukses


Ini Daftar 7 Pemain yang Berkonflik dengan Jose Mourinho, Enggak Heran The Special One Dipecat Tottenham Hotspur

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Liga Inggris, Jose Mourinho dipecat Tottenham Hotspur pada Senin (19/4/2021).  The Special One diberhentikan Daniel Levy sepekan sebelum final Piala Carabao melawan Manchester City.

Jose Mourinho memang sedang ada di bawah tekanan selama beberapa bulan terakhir di Tottenham Hotspur. Performa klub yang sempat memuncaki klasemen Premier League, mendadak melorot begitu memasuki periode Januari.

Pelatih asal Portugal itu dituntut untuk paling tidak membuat Tottenham Hotspur fini di posisi empat besar Liga Inggris musim ini.

Tetapi, setelah imbang 2-2 melawan Everton pada akhir pekan lalu, Tottenham terbenam di urutan ketujuh klasemen Liga Inggris dengan 50 poin.

Tottenham Hotspur terpaut lima poin dari West Ham United, tim yang menghuni peringkat keempat sekaligus untuk sementara mengamankan slot terakhir ke Liga Champions. Kans Spurs bisa dibilang amat berat.

Rumor berkembang, pemecatan Jose karena memburuknya kondisi ruang ganti Tottenham. Sejumlah pemain kunci gerah dilatih sang mentor.

Strategi bertahan Jose Mourinho tidak disukai mayoritas pemain Spurs. Mantan pelatih Manchester United dan Chelsea itu terlibat perang dingin dengan Dele Alli dan Gareth Bale. Kedua bintang dibuat menderita dengan jarang bermain sejak menit awal.

Jose Mourinho sejatinya adalah salah satu manajer paling sukses dalam sejarah sepak bola. Hal itu sesuatu yang terbantahkan. Total ia sudah mengoleksi 24 piala di berbagai klub.

Tetapi pelatih asal Portugal ini juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Selama bertahun-tahun, kami telah melihat sisi gelap Mourinho muncul di banyak kesempatan, dan ini sering terwujud dalam perseteruan dengan para pemainnya sendiri.

Sebagai mantan manajer klub besar seperti Chelsea, Real Madrid, dan Manchester United, Mourinho telah menangani banyak pemain hebat. Ia sering terlibat bentrok dengan banyak dari antara mereka, dengan efek menyakitkan The Special One ditendang dari klubnya. Berikut tujuh pemain yang bentrok dengan Jose Mourinho.

Video

2 dari 7 halaman

Paul Pogba

Masa-masa karier kepelatihan Mourinho di Manchester United naik-turun. Tapi mungkin masalah terbesar yang dihadapinya adalah perseteruannya dengan Paul Pogba.

Didatangkan pada musim panas 2016 dengan rekor dunia saat itu sebesar  89 juta poundsterling, hanya beberapa bulan setelah kedatangan Mourinho di klub, Pogba seharusnya menjadi pemain yang membawa United kembali ke puncak Premier League.

Sayangnya, kolaborasi dua figur top ini tidak berhasil. Segalanya dimulai dengan baik, dengan Mourinho menggambarkan pemain Prancis itu sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Dan meskipun performa Pogba tidak sempurna sepanjang musim 2016-2017, sang manajer terus membelanya.

Namun, keadaan berubah menjadi buruk ketika Pogba mengalami cedera hamstring pada September 2017. Alih-alih tinggal di Manchester, pria Prancis itu terbang ke Miami untuk memulihkan diri - dan keretakan dalam hubungannya dengan pelatih asal Portugal itu segera menyusul.

Kekalahan dari Tottenham pada Januari 2018 membuat Pogba ditarik keluar setelah hanya satu jam, dan segera setelah itu, pemain Prancis itu mendapati dirinya duduk di bangku cadangan. Pada Maret 2018, rumor beredar bahwa keduanya itu hampir tidak berbicara. Dan pada awal musim 2018-19, jelas bahwa hubungan itu tidak dapat diperbaiki.

Gelandang serang asal Prancis itu dicopot dari jabatan wakil kapten klub setelah bentrok pada September 2018. Dan deretan ruang ganti pada Desember 2018 dilaporkan melihat Mourinho melabeli Pogba sebagai "virus".

Pada akhirnya, Pogba tertawa terakhir. Hanya beberapa minggu kemudian, United memecat bos Portugal itu setelah penampilan United yang buruk. Dan Pogba menjawab dengan tweet samar (yang kemudian dihapus) menunjukkan dia tersenyum masam dan menyatakan "caption this".

Itu adalah tembakan terselubung ke Jose Mourinho, yang kemudian akan menyatakan bahwa dia selalu mengambil risiko dipecat jika dia membuat marah Pogba, yang dia sebutnya sebagai "Yang Mulia" di United.

3 dari 7 halaman

Pedro Leon

Namanya mungkin tidak begitu akrab dibanding Paul Pogba dan Iker Casillas, tetapi hanya sedikit pemain yang bentrok dengan Mourinho begitu parah seperti halnya Pedro Leon. Pemain sayap Spanyol dibeli ke Real Madrid dari Getafe pada jendela transfer pertama pelatih asal Portugal mendarat di Bernabeu. Ia diharapkan memberikan dampak langsung.

Leon berjuang untuk menemukan jalan ke tim utama Real dan akhirnya hanya enam dapat kesempatan bermain di La Liga. Kabarnya, Mourinho tak senang dengan komitmennya dalam berlatih.

Keadaan menjadi lebih buruk ketika pers mempertanyakan mengapa Leon tidak diikutsertakan dalam pertandingan Liga Champions dengan Auxerre. Dengan gaya khas Mourinho, dia menjawab:

"Anda berbicara tentang Pedro Leon seolah-olah dia adalah Zidane atau Maradona. Dia bermain untuk Getafe dua hari lalu."

Pada akhirnya, menjadi jelas bahwa Mourinho tidak mau menggunakan pemain sayap itu.

Leon secara mengejutkan dikirim kembali ke Getafe setahun setelah dia tiba di Bernabeu, pada awalnya dengan status pinjaman dan akhirnya dalam kesepakatan permanen. Mourinho disalahkan dengan kepindahan ini.

Pedro Leon mengaku sudah bersiap bergabung ke Chelsea, tetapi mantan bos The Blues itu memutuskan untuk memblokir transfernya, memberi tahu pemain sayap itu bahwa dia juga tidak akan banyak bermain di sana.

4 dari 7 halaman

Iker Casillas

Meski menjuarai La Liga pada musim 2011-2012, keretakan mulai terlihat antara Real Madrid dan Mourinho tak lama kemudian. Sebagian besar retakan ini disebabkan oleh perseteruan sang mentor dengan penjaga gawang dan legenda klub Iker Casillas, yang telah ditetapkan sebagai pemain utama di El Real selama hampir satu dekade.

Desember 2012, Casillas dicadangkan dan digantikan Antonio Adan yang tidak diketahui namanya, dan hasilnya adalah kekalahan mengejutkan 2-3 dari Malaga. Mourinho mengklaim ia mencadangkan  Casillas karena alasan "murni teknis". Tapi jelas bahwa pendukung Real tidak senang dengan keputusan tersebut.

'San Iker' akhirnya dikembalikan ke posisi nomor 1, tetapi ketika tangannya patah ia kembali disingkirkan. Laporan muncul menunjukkan bahwa Casillas, bersama pemain senior lainnya layaknya Sergio Ramos, mengatakan kepada presiden Los Blancos Florentino Perez bahwa jika Mourinho tidak dipaksa keluar pada musim panas 2013, mereka akan pergi.

Hasilnya, basis penggemar Real dan ruang ganti terbagi antara mereka yang berpihak pada para pemain senior, dan mereka yang berpihak pada Mourinho. Beberapa fans Real bahkan menyebut Casillas sebagai "tahi lalat", merasa bahwa banyak bocoran pers tentang perseteruan itu datang dari sang kiper sendiri.

Namun pada akhirnya, Mourinho terpaksa keluar meninggalkan Bernabeu dengan kesepakatan bersama di akhir musim. Adapun Casillas? Dia akhirnya dipulihkan sebagai penjaga gawang pilihan pertama Real. Tapi hubungannya dengan suporter Madrid tidak pernah benar-benar diperbaiki dan dia meninggalkan klub hanya dua musim panas kemudian.

5 dari 7 halaman

Luke Shaw

Sementara perseteruan Mourinho dengan Paul Pogba cenderung menjadi berita utama selama masa jabatannya sebagai bos Manchester United, ternyata pemain Prancis itu bukanlah satu-satunya pemain yang ribut dengan manajer asal Portugal itu.

Bek kiri Luke Shaw terus-menerus dikritik oleh Jose secara frontal di media. Statusnya di tim dibekukan sebelum Mourinho meninggalkan Old Trafford pada Desember 2018.

Kebugaran Shaw, komitmen untuk berlatih, dan berat badan semuanya dipertanyakan oleh Jose. Dan pada April 2017, dia dikritik Shaw karena pengambilan keputusannya di lapangan, dengan Mourinho menyatakan bahwa untuk berhasil, dia perlu "mengubah otak sepak bolanya".

Segalanya tidak membaik untuk bek kiri tersebut selama musim kedua Mourinho menangani United, karena ia ditarik keluar pada babak pertama saat pertandingan Piala FA melawan Brighton & Hove Albion. Belakangan, laporan bahkan menunjukkan bahwa rekan satu tim Shaw merasa seperti sedang "diganggu" oleh bosnya.

Musim 2017-18 berakhir dengan bek kiri tersebut hanya membuat 11 penampilan Premier League untuk Mourinho, yang jelas tidak senang dengannya.

Sementara itu, Shaw tampaknya menerima kritikan itu, tidak pernah berbicara menentang Mourinho di media. Pada musim 2018-19 dia tampaknya mendukung metode sang pelatih. Shaw menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa "Anda membutuhkan kulit tebal untuk bermain di bawah manajer ini, tetapi kami harus berjuang untuknya."

Namun, kurang dari sebulan setelah wawancara, Mourinho pergi dari United, sementara Shaw tetap di klub dan perlahan ia menjadi bek kiri pilihan pertama di Manchester United.

6 dari 7 halaman

Tanguy Ndombele

Ketika Mourinho tiba di London Utara pada November 2019, Tanguy Ndombele sedang berjuang untuk memperbaiki kebugarannya. Ia menjadi rekrutan termahal klub dengan banderol 50 juta poundsterling. Sang manajer gusar karena sang pemain tidak pernah bisa fit bertanding.

Masalah benar-benar muncul dalam hasil imbang Spurs dengan Burnley pada Maret 2020. Dipilih untuk memulai permainan di lini tengah bersama pemain muda Oliver Skipp, Ndombele bermain amat buruk.

Ndomble ditarik di pertengahan babak pertama, dengan Mourinho kemudian menyatakan bahwa di babak pertama, timnya "tidak memiliki lini tengah".

Jose mengaku bisa memahami Ndombele perlu waktu buat beradaptasi dengan kompetisi baru, namun waktu yang diberikan dinilai sudah terlalu banyak.

Pertandingan tersebut ternyata menjadi yang terakhir bagi sang pemain. Kompetisi sempat berhenti karena pandami COVID-19, namun setelah liga direstart Tanguy Ndombele tak pernah lagi dapat kesempatan mencicipi lapangan.

Mourinho sejak itu menyatakan bahwa pemain Prancis itu akan berhasil jika diberi lebih banyak waktu. Bocoran di lingkar dalam klub menyebut Ndombele tidak ingin bermain untuk pelatih Portugal lagi. Ia bersiap pindah klub musim panas ini.

Namun, di awal musim ini hubungan keduanya kembali harmonis. Jose menjadikan Tanguy Ndombele pilar utama Spurs sepanjang musim 2020-2021. Ia mengapresiasi semangat pemain asal Prancis itu memberbaiki kondisi fisiknya. "Masalah saya dengannya sudah selesai. Kami sudah tahu keinginan masing-masing," kata Tanguy Ndombele.

7 dari 7 halaman

Dele Alli

Dele Alli terlempar dari skuat inti Spurs sepanjang musim ini, tepatnya setelah main jelek dalam laga pembuka Premier League melawan Everton. Mencuat rumor Jose Mourinho bersitegang dengan pemain berusia 24 tahun itu, terutama saat sang manajer menariknya keluar pada babak pertama pertandingan.

Karier Alli disebut sudah habis di Tottenham Hotspur. Jose tak ingin lagi ia menjadi bagian dari klub. Serupa dengan Danny Rose, yang tak kebagian nomor punggung karena pernah berlaku tak sopan ke The Special One akhir musim lalu, mempertanyakan kenapa ia kerap dicadangkan.

 Jelang laga kualifikasi Liga Europa melawan Shkendija, Mou buka suara:

"Saya mulai bosan mendengar pertanyaan soal Dele Alli. Terutama berkaitan dengan dokumenter Amazon. Ia anak yang baik dan saya tidak punya masalah dengan dirinya," kata Jose dalam sesi konferensi pers menjelang pertandingan.

Dalam film dokumenter tentang Tottenham Hotspur yang tayang di Amazon, Jose sempat melontarkan kritik terbuka pada sang anak asuh. Pelatih asal Portugal itu menyebut Dele Alli pemain yang malas dalam sesi latihan.

Berkaitan dengan keputusannya tak menurunkan Dele Alli di dua laga terakhir, Jose Mourinho menanggapnya sebagai sebuah kewajaran. Mantan nakhoda Manchester United terang-terangan menyebut Dele Alli punya persoalan menjaga konsistensi permainan.

"Semua orang tahu bagaimana kualitasnya, namun dalam beberapa tahun terakhir permainannya selalu turun naik. Hal itu pun terjadi di era saya. Persoalan ini hanya bisa diselesaikan oleh sang pemain," terang Jose Mourinho.

"Ada tendensi kalau seorang pemain yang tiba-tiba tak bermain atau dicadangkan, kemudian pelatih yang dipersalahkan. Padahal hal itu normal terjadi di sepak bola. Saya dan staf hanya bisa membantu. Kami hanya punya tanggung jawab satu persen saja, sementara sisanya sebanyak 99 persen bergantung pada pemain itu sendiri."

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer