Sukses


Liga Inggris: Jesse Lingard Curhat Masa Kelamnya, Kesehatan Mental Terganggu dan Hampir Vakum dari Sepak Bola

Bola.com, London - Pemain Manchester United yang dipinjamkan ke West Ham United, Jesse Lingard, mengaku hampir vakum dari sepak bola. Dia hampir mengambil keputusan itu karena mengalami masalah kesehatan mental dan harus menghadapi ibunya yang depresi. 

Jesse Lingard hampir dua tahun terombang-ambing di Manchester United. Dia kesulitan menembus skuad utama dan di saat bersaman harus berjuang mengatasi kondisi ibunya, Kristy, yang mengalami depresi. 

Namun, pemain berusia 28 tahun itu seperti terlahir kembali saat gabung ke West Ham dengan status pinjaman pada Januari 2021. Dia telah mencetak sembilan gol dalam 10 pertandigan dan kembali dipanggil Timnas Inggris. 

Lingard, yang tampil sebagai karakter ceria dan riang di dalam dan luar lapangan, secara terbuka mengungkap tentang hari-hari kelam yang dideritanya di Old Trafford.

“Saya bisa dengan mudah berhenti (dari sepak bola) saat lockdown tahun lalu. Saya bisa saja seperti in, 'Nah, saya tidak ingin melakukannya, saya berhenti, saya menyerah'. Tetapi pertarungan dalam diri saya selalu membuat saya kembali hidup," kata Lingard, seperti dilansir The Guardian, Kamis (22/4/2021).  

"Bukan ingin meninggalkan sepak bola, sebenarnya hanya ingin vakum. Saat itu saya gembira hanya duduk di bangku cadangan dan itu bukan diri saya. Pikiran saya tak berada di sama, saya sama sekali tidak fokus." 

"Ada beberapa hari di mana saya biasa bertanding pada jam 8 malam dan kami pergi ke hotel pada sore hari, saya akan tidur dari pukul dua sampai empat, menutup tirai saya dalam gelap, dan kemudian bangun dalam gelap dan Anda tidak mendapatkan sinar matahari," kenang Jesse Lingard

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Minta Bantuan ke Klub dan Dokter

Jesse Lingard kemudian mendaparkan saran dari dokter. Ketika bangun tidur pada pagi hari, dia langsung bangkit dari tempat tidur, membuka tirai. Hal-hal kecil seperti itu ternyata dapat mengubah kehidupan Lingard. 

Performa Lingard menurun tajam dan kehilangan tempat di klub dan negaranya. Sang pemain akhirnya membuka diri kepada bos United, Ole Gunnar Solskjaer, pada 2019.

Tapi Lingard, yang telah berada di United sejak masih kecil, tidak tampil di Premier League selama lebih dari setahun. Solskjaer setuju untuk meminjamkannya ke West Ham karena dianggap pantas bermain lebih banyak. 

"Rasanya saya bukan orang yang sama. Saya merasa bukan Jesse Lingard. Bahkan, pada hari pertandingan, saya merasa laga hanya lewat begitu saja, sepertinya saya tidak berada di sana. Itu betul-betul gila," ungkap Lingard. 

"Saya kemudian bercerita ke United dan mengatakan apa yang saya lalui, apa yang dialami ibu saya, dan mereka selalu membantu." 

"Saya memiliki dokter lain yang telah membantu secara sangat brilian dan selama lockdown, saya menyatukan pikiran saya," imbuh Lingard. 

Kini sosok Jesse Lingard yang ceria telah kembali. Penampilannya di lapangan juga meningkat pesat, bahkan telah menjadi pemain andalan The Hammers. 

Sumber: The Guardian 

Video Populer

Foto Populer