Sukses


Gandeng Suporter Manchester City di Indonesia, Ilkay Gundogan Berbagi Takjil Selama Ramadan

Bola.com, Jakarta - Gelandang Manchester City asal Jerman, Ilkay Gundogan, menggandeng komunitas suporter Manchester City di Indonesia atau Manchester City Supporters Club Indonesia (MCSCI), menggelar kegiatan berbagi takjil saat Ramadan di Indonesia. Kegiatan ini rencananya berlangsung satu bulan penuh setiap harinya ketika waktu berbuka puasa tiba.

Ketua umum MCSCI, Endri Waluyo, awalnya tidak menyangka komunitas yang dipimpinnya diajak turut serta menggelar aktivitas sosial saat Ramadan ini. Apalagi Ilkay Gundogan secara langsung menghubunginya.

"Kami dihubungi melalui email sebelum Ramadan. Kami melakukan persiapan dengan pihak Gundogan dengan melakukan meeting via zoom. Saya pikir hanya perwakilannya, tapi ternyata sang pemain sendiri ikut meeting itu," kisah Endri.

Sempat tidak percaya dan tak bisa berkata-kata, Endri kemudian menyanggupi permintaan Gundogan agar komunitasnya membantu program yang diinisiasi langsung oleh gelandang asal Jerman tersebut.

"Dia mengatakan, 'saya punya program Ramadan untuk membagikan makanan iftar di Jakarta. Tolong dibantu kegiatan ini, selebihnya kamu bisa berkomunikasi dengan manajer saya', begitu kata Ilkay Gundogan," ungkap Endri.

Video

2 dari 2 halaman

Tidak Sebatas di Jakarta

Awalnya kegiatan ini memang hanya dilakukan di Jakarta. Namun, dengan seizin perwakilan Gundogan, Endri kemudian membagikan kuota takjil gratis itu ke daerah lain, seperti Makassar, Lamongan, hingga Sampit.

"Biasanya kami berbagi takjil di pinggir jalan. Namun, dalam beberapa kesempatan, kami juga menyusuri perkampungan, masjid, dan yayasan panti asuhan untuk berbagi takjil.

Total ada 3.000 paket makanan dibagikan selama program ini. Selain berbagi takjil, ada pula program membagikan makanan sahur.

"Tiga hari setelah bulan puasa, kami juga masih meneruskan program bagi-bagi makanan ini sesuai amanah dari pihak Gundogan," ujar Endri.

Selain makanan, Ilkay Gundogan juga membagi-bagikan jersey asli Manchester City yang didistribusikan MCSCI di yayasan sosial dan panti asuhan. Meskipun berpaspor Jerman, Gundogan yang sempat bermain untuk Borussia Dortmund punya darah turki dan beragama Islam.

"Dia pemain favorit kami dan semoga kebaikan ini menjadi berkah untuknya. Dalam setiap program kami selalu mendoakan kesuksesannya dan tentunya tim Manchester City," pungkas Endri.

Video Populer

Foto Populer