Liga Inggris: Lakoni 3 Laga Dalam 6 Hari, Manchester United Bakal Ngos-ngosan?

Oleh Yus Mei Sawitri pada 09 Mei 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 18:00 WIB
Bruno Fernandes - Manchester United - Liga Inggris
Gelandang Manchester United atau MU Bruno Fernandes dan rekan-rekannya merayakan gol ke gawang Manchester City dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021). (Laurence Griffiths/Pool via AP)

Bola.com, Jakarta - Manchester United benar-benar harus bekerja keras dalam sepekan ke depan. Setan Merah ditunggu jadwal neraka karena harus menjalani tiga laga hanya dalam sepekan, tepatnya enam hari. 

Demonstrasi besar-besaran di Old Trafford membuat pertandingan Manchester United vs Liverpool digeser menjadi 14 Mei 2021. Namun sebelum laga ini, Setan Merah harus melakoni dua pertandingan dahulu.

Pertama, Manchester United harus melakoni pertandingan kontra tim kuda hitam, Aston Villa. Kedua menjamu tim yang berada di zona Liga Champions, Leicester City pada 12 Mei.

Di atas kertas, ketiga lawan berikutnya skuad Manchester United tidak ada yang mudah.  Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solksjaer sempat mengakatan jadwal berat yang harus dihadapi timnya mustahil untuk dijalani. 

"Ini belum pernah terjadi. Jadwak Itu dibuat oleh orang-orang yang belum pernah bermain sepak bola di level ini," kecam Solskjaer kepada BT Sport.

"Secara fisik tidak mungkin bagi para pemain. Kami belum ditangani dengan baik. Kami akan membutuhkan semua orang  (di sisa perjalanan). Ini perubahan haluan singkat tetapi kami harus siap," sergah Solakjaer terkait jadwal Manchester United.

 

 

2 dari 4 halaman

Taktik Rotasi

FOTO: Cavani dan De Gea Cemerlang, Roma Cuma Menang 3-2, Manchester United Lolos ke Final Liga Europa - Edinson Cavani
Striker Manchester United, Edinson Cavani melepaskan sundulan yang berbuah gol kedua timnya ke gawang AS Roma dalam laga leg kedua semifinal Liga Europa 2020/2021 di Olimpico Stadium, Roma, Kamis (6/5/2021). Manchester United kalah 2-3 dari AS Roma. (AP/Alessandra Tarantino)

Solskjaer mau tidak mau harus memutar otak untuk mencari taktik agar timnya menjalani badai tersebut dengan mulus. Pelatih asal Norwegia itu tentu menghadapi dilema apakah harus terus menurunkan skuad terbaiknya atau melakukan rotasi. 

Melakukan rotasi akan berisiko, apalagi di fase krusial seperti ini. Namun, dia sudah memberi isyarat tak mungkin terus menurunkan tim terkuat, karena ada prioritas yang harus dikejar. Apalagi, dia juga harus menyiapkan tim menghadapi final Liga Europa kontra Villarreal pada 27 Mei.  

Rotasi kemungkinan jadi pilihan paling realistis supaya para pemain tidak ngos-ngosan. Di lini depan, Solskjaer bisa memaksimalkan deretan penyerang yang dimilikinya, ada Edinson Cavani, Marcus Rashford, Mason Greenwood, dan Anthony Martial. Tak mungkin memaksakan terus menurunkan Cavani yang usianya tidak muda lagi. 

Di sektor penjaga gawang, MU bisa bergantian menurunkan David de Gea dan Dean Henderson. Di tengah dan belakang juga ada beberapa kombinasi skema permainan yang bisa dipakai sebagai opsi. 

Menariknya gelandang Manchester United, Bruno Fernandes mengaku tidak keberatan bermain di jadwal yang sangat padat ini.

"Saya rasa ketika anda masih kecil, anda selalu bermimpi untuk bermain bola sepanjang hari tanpa henti," ujar Fernandes kepada MUTV.

Menurut Fernandes, jadwal padat ini bukan sebuah kendala. Ia menilai bahwa jadwal yang padat ini membuat ia lebih bersemangat untuk bermain.

"Tiga pertandingan dalam jarak yang berdekatan itu memiliki intensitas yang besar. Intensitasnya jauh lebih tinggi ketimbang saat anda masih anak-anak, tapi itu bukan masalah," lanjutnya.  

3 dari 4 halaman

Jadwal Neraka Manchester United

Manchester United - Edinson Cavani, Marcus Rashford, Anthony Martial
Manchester United - Edinson Cavani, Marcus Rashford, Anthony Martial (Bola.com/Adreanus Titus)

Minggu, 9 Mei 2021

20.05 WIB Aston Villa Vs Manchester United

Rabu, 12 Mei 2021

00.00 WIB Manchester United Vs Leicester City

Jumat, 14 Mei 2021

02.15 WIB Manchester United Vs Liverpool 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓