Liga Inggris: Mari Mengapresiasi Harry Maguire, Kapten Manchester United yang Bukan Lagi Bek Lawak

Oleh Gregah Nurikhsani pada 11 Mei 2021, 12:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 12:15 WIB
Timnas Inggris, Timnas Swedia, Piala Dunia 2018
Ekspresi kebahagiaan bek Timnas Inggris, Harry Maguire usai menjebol gawang Swedia pada perempat final Piala Dunia 2018. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Bola.com, Jakarta - Saat awal-awal kariernya bersama Manchester United, Harry Maguire sering mendapatkan olok-olokan dari penikmat sepak bola Liga Inggris. Banyak yang menilai, status bek termahal yang disandangnya kala diboyong dari Leicester City tidak menggambarkan label tersebut.

Harry Maguire juga beberapa kali melakukan blunder yang tak selayaknya dilakukan oleh seorang kapten. Ya, bek Timnas Inggris itu sering disorot karena kesalahan-kesalahan elementer yang tak jarang membuat gawang Manchester United bergetar.

Namun demikian, perlahan tapi pasti, Harry Maguire mulai membuktikan kapasitasnya sebagai penerus Nemanja Vidic ataupun Rio Ferdinand. Manchester United yang sudah lama dihadapkan pada persoalan di lini belakang kini tak perlu lagi risau apalagi malu.

Sebaliknya, fans Manchester United sepatutnya bangga dengan apa yang ditampilkannya musim ini. Statistik mencatat, Harry Maguire menjadi pemain Setan Merah dengan jumlah passing sukses terbanyak.

Tak sampai di situ saja, Harry Maguire juga menduduki peringkat pertama pada statistik intersep, blok, duel udara, perebutan bola, sampai clearance. Ini menunjukkan peran penting sang bek sepanjang musim ini untuk Manchester United.

2 dari 4 halaman

Absen Sampai Akhir Musim?

FOTO: Kesabaran Ole Bikin Manchester United Tunda Pesta Juara Manchester City
Begitu juga dengan Harry Maguire, hingga dirinya dilanggar keras oleh Anwar El Ghazi dan tidak dapat melanjutkan pertandingan dikarenakan cedera. (Foto: AFP/Pool/Nick Potts)

Harry Maguire mengalami cedera saat Manchester United bersua Aston Villa pada laga pekan ke-35 Premier League. Akibat cedera tersebut, Maguire terancam absen membela Timnas Inggris di Piala Eropa 2020.

Berdasarkan pemeriksaan awal, Harry Maguire mengalami cedera betis. Dia pun diperkirakan bakal absen selama sepekan hingga satu bulan.

Situasi itu pun membuat Maguire bakal melewatkan sejumlah laga penting yang akan dijalani Manchester United, satu di antaranya adalah laga final Liga Europa kontra Villarreal di Stadion Miejski, Gdansk, 27 Mei 2021.

Selain itu, dia juga terancam tak bisa memperkuat Timnas Inggris pada partai pertama D Piala Eropa 2020. Inggris dijadwalkan bersua Kroasia di Stadion Wembley pada 13 Juni mendatang.

"Semoga laga final Liga Europa akan baik-baik saja dengan Harry Maguire. Saya tidak tahu seberapa parah cederanya. Kami perlu memeriksanya. Mungkin beberapa pekan atau sebulan, kami tidak tahu," jelas manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer.

"Itu adalah cedera betis atau tungkai di bawahnya. Saya menilai pemain itu (Anwar El Ghazi) mendarat di atasnya dan dia mengalami sesuatu terkilir," lanjut Solskjaer.

Sumber: Manchester United

3 dari 4 halaman

Manchester United Masih Berpeluang Juara Liga Inggris

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓