Sukses


5 Kemenangan yang Jadi Kunci Manchester City Menjuarai Premier League Musim Ini

Bola.com, Jakarta - Manchester City berhasil memastikan diri menjadi juara tanpa bertanding setelah Manchester United kalah 1-2 dari Leicester City di Old Trafford, Rabu (12/5/2021) dini hari WIB. Dengan tiga pertandingan tersisa, perbedaan 10 poin membuat Manchester United sudah tidak bisa mengejar perolehan poin Manchester City yang berada di puncak klasemen.

Manchester City sudah mengoleksi 80 poin dari 35 pertandingan yang sudah mereka jalani. Manchester United, yang terpaut 10 poin di bawahnya dan baru bermain 34 pertandingan sebenarnya masih bisa menunda pesta juara Manchester City, setidaknya hingga akhir pekan ini.

Kegagalan Manchester United meraih poin pada laga kontra Leicester City otomatis langsung mengunci gelar juara Premier League musim ini untuk Manchester City.

Namun, The Citizens memang sudah memperlihatkan performa yang luar biasa sepanjang musim ini, di mana tim asuhan Pep Guardiola itu sempat melewati 17 laga tak terkalahkan dan 13 kemenangan beruntun, dari total 25 kemenangan yang sudah diraih The Citizens hingga saat ini.

Manchester City yang sempat terpeleset hingga posisi ke-14 dalam klasemen Premier League pada pekan keempat musim ini, berhasil menduduki puncak klasemen sejak pekan ke-20 hingga saat ini.

Seperti dilansir dari The Independent, ada 5 kemenangan penting yang menjadi kunci keberhasilan Manchester City menjuarai Premier League musim ini. Pertandingan apa saja yang menjadi kunci keberhasilan The Citizens? Simak ulasannya:

Video

2 dari 7 halaman

Manchester City 5-0 Burnley, 28 November 2020

Manchester City membuat awal yang berbeda pada musim ini dengan menduduki peringkat ke-11 setelah membuang lima poin dalam delapan laga pertama mereka.

Apa yang mereka butuhkan pada saat ini adalah mengangkat kepercayaan diri ketika mereka menjamu Burnley di Etihad Stadium. The Clarets kalah telak 0-5.

Riyad Mahrez mencetak hattrick, plus tambahan dari Benjamin Mendy dan Ferran Torres. Kemenangan ini juga menjadi awal dari langkah The Citizens yang tidak terkalahkan dalam 19 laga.

3 dari 7 halaman

Southampton 0-1 Manchester City, 19 Desember 2020

Pada awal Desember 2020, Manchester City mendapatkan hasil imbang tanpa gol ketika bertandang ke Old Trafford dan bermain imbang 1-1 dengan West Bromwich Albion.

Dalam kunjungan ke Southampton, yang saat itu berada di peringkat ketiga, itu bukan prospek yang mudah. Namun, gol cepat Raheem Sterling membuat perbedaan. Apalagi sang tuan rumah kehilangan pemain kuncinya, Danny Ings, karena cedera.

Kemenangan ini menjadi langkah awal dari keberhasilan Manchester City meraih 15 kemenangan yang membawa Manchester City dari luar lima besar akhirnya masuk ke papan atas dan bertengger di puncak klasemen.

4 dari 7 halaman

Chelsea 1-3 Manchester City, 3 Januari 2021

Jika signifikansi kemenangan atas Southampton menjadi awal dari keberhasilan Manchester City hingga saat ini, ada momentum yang lebih terasa ketika Manchester City memulai tahun yang baru dengan menghadapi Chelsea di Stamford Bridge.

Tiga gol dalam kurun waktu 16 menit di babak kedua dari Ilkay Gundogan, Phil Foden, dan Kevin De Bruyne memperlihatkan mereka bersungguh-sungguh dalam perburuan gelar juara musim ini. Kemenangan 3-1 itu menjadi awal yang bagus.

Manchester City setelah itu terus meraih kemenangan, termasuk yang sulit adalah ketika menghadapi Brighton dan Sheffield United, di mana The Citizens hanya menang tipis 1-0.

Namun, ada pula kemenangan besar seperti 4-0 atas Brystal Palace dan 5-0 saat bertandang ke markas West Bromwich Albion.

5 dari 7 halaman

Liverpool 1-4 Manchester City, 7 Februari 2021

Manchester City datang ke Anfield dengan posisi memang diunggulkan untuk menang. Satu hal yang menarik, The Citizens datang ke Anfield dengan catatan tak pernah menang di Anfield sejak 2003.

Kemenangan 4-1 di Anfield pun menjadi kunci keberhasilan Manchester City dalam musim ini. Ini juga merupakan kemenangan yang signifikan menghadapi tim yang berstatus sebagai juara bertahan Premier League.

Ilkay Gundogan gagal mencetak gol lewat titik putih dalam pertandingan itu, tapi berhasil mencetak dua gol dalam laga tersebut. Sementara itu, Liverpool sempat memperkecil jarak dengan gol penalti Mohamed Salah.

The Citizens akhirnya berhasil mengamankan kemenangan dengan tambahan dua gol yang dicetak Raheem Sterling dan Phil Foden.

6 dari 7 halaman

Manchester City 5-2 Southampton, 10 Maret 2021

Manchester City melihat perjalanan 21 kemenangan di semua kompetisi berakhir dengan kekalahan dari Manchester United pada 7 Maret. Namun, tim asuhan Pep Guardiola itu segera kembali ke trek tiga hari kemudian.

Riyad Mahrez dan Kevin De Bruyne masing-masing mencetak dua gol yang membuat Southampton menderita. Gundogan pun menambahkan keunggulan The Citiens.

Kemenangan atas Southampton itu membuat Manchester City berada di puncak klasemen dengan keunggulan mencapai 14 poin dari rival terdekatnya saat itu.

Sumber: The Independent

7 dari 7 halaman

Keunggulan Manchester City Saat Ini

Video Populer

Foto Populer