Liga Inggris: 5 Faktor Kuat Mengapa Chelsea Bisa Leluasa Jungkalkan Arsenal

Oleh Gregah Nurikhsani pada 12 Mei 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 18:30 WIB
Chelsea - Thomas Tuchel, Antonio Rudiger, Jorginho, Kai Havertz
Chelsea - Thomas Tuchel, Antonio Rudiger, Jorginho, Kai Havertz (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Derby London akan mewarnai pertandingan Liga Inggris 2020/2021 tengah pekan ini. Laga itu mempertemukan Chelsea versus Arsenal di Stamford Bridge, Kamis (13/5), mulai pukul 02.15 WIB.

Chelsea sebagai tuan rumah jelas tidak ingin dipermalukan Arsenal. Apalagi, Derby London mempertaruhkan gengsi. Selain itu juga The Blues harus mengamankan posisi di zona Liga Champions.

Jika Chelsea sampai kalah pada pertandingan nanti, risikonya cukup besar. Bisa-bisa, peluang The Blues untuk lolos ke Liga Champions menjadi berat.

Apalagi, Premier League musim ini sudah memasuki pekan-pekan terakhir. Maka dari itu, tidak ada toleransi buat Chelsea yang sekarang menempati peringkat keempat klasemen sementara dengan mengantungi 64 poin untuk kalah.

Namun, The Blues diprediksi tidak akan sulit mengalahkan Arsenal. Kenapa? Berikut setidaknya lima alasan Chelsea bisa menang mudah atas The Gunners:

2 dari 7 halaman

1. Berada Dalam Motivasi Tinggi

Chelsea - N'golo Kante, Mason Mount, Cristian Pulisic, Timo Werner
Chelsea - N'golo Kante, Mason Mount, Cristian Pulisic, Timo Werner (Bola.com/Adreanus Titus)

Skuad Chelsea sedang di atas angin. Pasukan Ronald Koeman itu berhasil mengamankan tiket ke final Liga Champions musim ini.

Lolosnya The Blues ke final Liga Champions membuat motivasi tim menjadi tinggi. Hal itu diyakini memberi energi positif untuk menghadapi Arsenal dini hari nanti.

Bermain dengan motivasi dan kepercayaan diri tinggi akan membuat peluang memenangkan pertandingan menjadi lebih besar. Meski Chelsea juga tidak boleh over confidence.

Chelsea - Kai Havertz
Chelsea - Kai Havertz (Bola.com/Adreanus Titus)
3 dari 7 halaman

2. Balas Dendam

Chelsea - Thomas Tuchel
Chelsea - Thomas Tuchel (Bola.com/Adreanus Titus)

Pada putaran pertama Premier League musim ini, Chelsea menelan kekalahan dari Arsenal. Dalam laga yang berlangsung di Emirates, 26 Desember 2020, Timo Werner dan kawan-kawan takluk 3-1.

Sekarang pada putaran kedua, Chelsea tentu ingin balas dendam. Kekalahan sebelumnya harus ditukar dengan kemenangan pada pertandingan dini hari nanti.

Ditambah lagi pada putaran kedua  Premier League musim kemarin, Chelsea juga tak bisa menang saat menjamu Arsenal. Ketika itu, The Gunners memaksakan hasil imbang 2-2 di Stamford Bridge.

4 dari 7 halaman

3. Kekuatan Penuh

Chelsea - Thomas Tuchel, Boubakary Soumare, Marquinhos
Chelsea - Thomas Tuchel, Boubakary Soumare, Marquinhos (Bola.com/Adreanus Titus)

Dalam pertandingan nanti, Chelsea bisa menurunkan kekuatan penuh. Para pemain terbaik siap diturunkan Thomas Tuchel.

Chelsea sepertinya akan memakai formasi 3-4-2-1 pada laga nanti. Skema itu merupakan andalan Thomas Tuchel yang terbukti memberi hasil nyata dengan berhasil lolos ke final Liga Champions.

Untuk prediksi susunan pemainnya adalah posisi kiper dipercayakan kepada Edouard Mendy. Sementara tiga beknya yaitu Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, dan Antonio Rudiger.

Kemudian untuk empat pemain tengahnya adalah Reece James, Jorginho, N'Golo Kante, dan Ben Chilwell. Sementara dua penyerangnya yaitu Hakim Ziyech dan Mason Mount, lalu striker tunggalnya Kai Havertz.

Chelsea - N'Golo Kante
Chelsea - N'Golo Kante (Bola.com/Adreanus Titus)
5 dari 7 halaman

4. Sedang Produktif

Berita Infografis - Real Madrid Vs Chelsea - Man Of The Match Christian Pulisic
Berita Infografis - Real Madrid Vs Chelsea - Man Of The Match Christian Pulisic (Bola.com/Adreanus Titus)

Skuad Chelsea belakangan ini sedang produktif. Contohnya dalam dua laga terakhir di Premier League, The Blues selalu bisa mencetak dua gol.

Pada pekan ke-34 lalu, Chelsea berhasil menang 2-0 atas Fulham. Kemudian pada pekan ke-35, giliran Manchester City yang dibobol dua gol, dengan hasil akhir 2-1.

Menghadapi Arsenal nanti, bukan tidak mungkin Chelsea bisa kembali mencetak dua gol. Sistem permainan The Blues pun sangat mendukung untuk bermain menyerang demi memperbesar peluang mencetak gol.

6 dari 7 halaman

5. Mengejar Posisi

Berita Infografis - Chelsea Vs Real Madrid - Man Of The Match N'Golo Kante
Berita Infografis - Chelsea Vs Real Madrid - Man Of The Match N'Golo Kante (Bola.com/Adreanus Titus)

Jika menang atas Arsenal, posisi Chelsea bakal naik ke peringkat ketiga menggusur Leicester City. Saat ini, The Blues punya 64 poin dari 35 pertandingan, sedangkan Leicester City memiliki 66 angka dari 36 laga.

Dengan semangat mengejar posisi ketiga, Chelsea bakal habis-habisan menghadapi Arsenal. Bahkan seandainya The Blues mampu menyapu tiga laga terakhir dengan kemenangan, maka peluang untuk finis sebagai runner-up masih terbuka.

Namun dengan catatan, Manchester United yang saat ini menempati peringkat kedua menelan kekalahan di tiga laga tersisa. Oleh karena itu, Chelsea dituntut fokus untuk bisa memetik kemenangan atas Arsenal.

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Gia Yuda Pradana, published 12/5/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓