Sukses


5 Manajer Terbaik Liga Inggris Era Premier League, Pep Guardiola Ngebut Mengejar Rekor Sir Alex Ferguson

Bola.com, Jakarta - Premier League telah menjadi rumah bagi banyak pemain hebat, beberapa manajer terbaik di era modern juga menghiasi kompetisi satu ini.

Seorang manajer (pelatih) adalah komponen penting dari klub sepak bola, karena ia menjabarkan formasi dan taktik yang akan dieksekusi di lapangan.

Sementara eksekusi terserah para pemain, ciri khas manajer yang hebat adalah mengidentifikasi pemain yang tepat untuk posisi yang tepat dan membantu mereka meningkatkan keterampilan mereka untuk membuat tim pemenang.

Seorang manajer yang baik bisa mendapatkan yang terbaik dari kolektif sambil menggunakan rencana permainan dan gaya bermain yang berbeda.

Premier League memiliki banyak manajer hebat selama bertahun-tahun, dan beberapa dari mereka masih aktif dalam persaingan kompetisi. Berikut ini deretan lima manajer terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Video

2 dari 6 halaman

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp adalah pelatug hebat sepak bola di modern kekinian. Setelah menantang kekuatan Bayern Munch endi Bundesliga, Klopp menginspirasi Liverpool meraih gelar liga pertama mereka di era Liga Inggris Premier League pada 2019-20.

Setelah karier yang agak mengecewakan sebagai pemain, Klopp ditunjuk sebagai pelatih tim Divisi Dua Jerman, FSV Mainz. Dia mencapai hasil luar biasa bersama klub, membimbing mereka kembali ke Bundesliga hanya dalam tiga tahun.

Kepahlawanan Klopp di Borussia Dortmund didokumentasikan dengan baik, saat ia meraih gelar Bundesliga berturut-turut. Namun, ia menghadapi tantangan terberatnya saat mengambil alih kendali sebagai manajer Liverpool.

Sebelum kedatangannya, Liverpool tidak meraih trofi selama lebih dari tiga tahun. Tapi dia mengubah keberuntungan mereka saat The Reds memenangkan gelar Liga Champions dan Premier League di musim-musim berturut-turut.

Liverpool asuhan Klopp menjadi terkenal karena dinamika, permainan cepat dan tekanan ofensif mereka. Dia memimpin gelar Liga Champions pertama Liverpool dalam 14 tahun pada 2018-2019 sebelum The Reds mengakhiri penantian tiga dekade mereka untuk gelar liga di musim berikutnya.

Dalam lebih dari 200 pertandingan sebagai manajer Liverpool, Klopp telah mencatatkan 135 kemenangan di Liga Inggris dan terpilih sebagai Manager of the Month dalam delapan kesempatan.

3 dari 6 halaman

Jose Mourinho

Sosok yang memproklamirkan diri sebagai The Special One telah mengukuhkan diri menjadi salah satu manajer paling sukses di era modern.

Tidak seperti manajer lain dalam daftar ini, Mourinho telah memimpin tiga klub Premier League. Pelatih asal Portugal itu menikmati tahun-tahun terbaiknya dalam sepak bola Inggris di Stamford Bridge, di mana ia ditunjuk sebagai manajer pada 2004 dan sekali lagi, pada 2013 untuk periode kedua.

Mourinho mengukir namanya dalam sejarah Chelsea, memandu klub meraih gelar liga pertama mereka dalam 50 tahun dan yang pertama di era Premier League. Pria berusia 58 tahun itu kemudian memenangkan gelar Liga Inggris berturut-turut pada babak pertamanya di Chelsea, plus torehan dua trofi Piala Liga dan satu Piala FA.

Dalam tugas keduanya di klub, Mourinho mengangkat gelar Premier League ketiganya dan sebiji gelar Piala Inggris sebelum menjalani tantangan baru di Manchester United.

Jose diberi tanggung jawab besar untuk memimpin Setan Merah yang kinerjanya buruk sepeninggal Sir Alex Ferguson.

Meskipun dia tidak memenuhi harapan besar di Old Trafford, Mourinho memimpin United meraih gelar Liga Europa dan Piala Liga bersama dirambah finis di posisi kedua di Premier League 2017-2018.

Itu menandai finis liga terbaik United di era pasca-Sir Alex Ferguson. Kesuksesan Mourinho tak berlanjut di Tottenham Hotspur, ia dipecat sebelum kompetisi musim ini berakhir.

Di Liga Inggris, Mourinho telah memenangkan 217 pertandingan, dengan sebagian besar kemenangan ini didapat saat ia bertugas di Chelsea.

4 dari 6 halaman

Pep Guardiola

Pep Guardiola adalah satu dari empat manajer yang telah memenangkan tiga gelar Premier League. Pelatih asal Spanyol itu telah mengukir kesuksesan luar biasa di era sepak bola modern kekinian.

Ia sukses mengadaptasi ideologi total football milik Johan Cruyff untuk memandu Barcelona meraih sextuple bersejarah pada tahun 2009.

Guardiola menjadi arsitek pertama yang mencapai sextuple, termasuk treble Eropa di musim manajerial debutnya. Tidak seperti kebanyakan manajer dalam daftar ini, Pep Guardiola memiliki karier bermain yang sukses di bawah salah satu pemikir terbaik dalam sejarah sepak bola, Johan Cruyff.

Dalam karier manajerialnya, Guardiola juga merasakan kesuksesan, dengan mengumpulkan 31 gelar bersama tiga klub di tiga liga yang berbeda. Ia tiba di Premier League sebagai manajer Manchester City pada 2016.

Dia segera mulai merombak skuad tua City, sebuah langkah yang telah menghasilkan banyak keuntungan, karena Citizens telah memenangkan tiga gelar Premier League dalam empat musim terakhir.

Musim ini City telah memenangkan Premier League dan Piala Liga. Mereka akan menghadapi sesama klub Inggris, Chelsea di final Liga Champions.

Manajer paling sukses di abad ke-21 ini telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di Premier League selama lima tahun berkompetisi.

5 dari 6 halaman

Arsene Wenger

Sebuah nama yang identik dengan Arsenal, Arsene Wenger adalah salah satu manajer terhebat dalam beberapa dekade terakhir.

Wenger menghabiskan 22 tahun memimpin The Gunners, memenangkan 17 gelar meski beroperasi dengan anggaran terbatas jika dibandingkan dengan klub lain di jajaran enam besar.

Tahun paling berkesan bagi pelatih asal Prancis di Emirates datang pada 2003-04 ketika dia menorehkan rekor  tak terkalahkan. Tim The Invincibles yang dihuni Dennis Bergkamp, Thierry Henry, Robert Pires, dan Freddie Ljungberg jadi tim legendaris yang pencapaiannya belum bisa diulangi klub manapun hingga saat ini. Pasukan Wenger tidak terkalahkan di liga musim itu. Mereka memenangkan 26 pertandingan dan hasil seri sebanyak 12 kali.

Direktur Pengembangan FIFA saat ini ditunjuk sebagai manajer Arsenal pada tahun 1996 setelah sukses bersama AS Monaco dan Nagoya Grampus. Wenger memenangkan gelar Premier League di musim keduanya di klub dan menambahkan satu lagi ke lemari trofi pada 2001-2002. Hebatnya lagi, pria berusia 71 tahun itu juga sudah meraih tujuh gelar Piala FA dan Community Shield.

6 dari 6 halaman

Sir Alex Ferguson

Manajer legendaris Manchester United Sir Alex Ferguson bukan hanya manajer Premier League terhebat sepanjang masa, tetapi juga salah satu yang terhebat dalam sejarah sepak bola dunia.

Ferguson telah memenangkan 48 gelar yang mengejutkan, terbanyak oleh manajer mana pun. Ini adalah penghitungan yang mencakup 38 dengan Setan Merah dan 10 dengan mantan juara Skotlandia, Aberdeen.

Setelah satu tahun bertugas sebagai manajer Skotlandia, Ferguson mengambil alih kendali di Old Trafford pada tahun 1986 dan kemudian menjadi pelatih yang paling lama berbakti di Manchester United.

Dalam 27 tahun di klub, pria hebat asal Skotlandia itu menyalip rekor Liverpool untuk gelar liga terbanyak untuk membangun dominasi Manchester United di sepak bola Inggris, dengan mencatatkan rekor luar biasa sebanyak 13 gelar Premier League.

Sir Alex Ferguson mengantarkan Manchester United meraih treble Eropa di musim 1998-1999. Saat itu Setan Merah mencetak dua gol di masa tambahan waktu untuk mengalahkan Bayern Munchen 2-1 di final Liga Champions yang dihelat di Camp Nou, Barcelona.

Fergie juga memenangkan Premier League tiga kali beruntun dalam dua kesempatan berbeda. Ia elakukannya pada 1998-2001 dan 2006-2009. Pemenang dua kali gelar Pelatih Klub Terbaik Dunia itu juga memenangkan dua gelar Liga Champions, lima Piala FA, empat Piala Liga, dua Piala Super UEFA, dan gelar Piala Dunia Antarklub FIFA. Hebat!

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer