Liga Inggris: Respons Eric Cantona Setelah Masuk Hall of Fame Premier League

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 18 Mei 2021, 22:45 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 22:45 WIB
Eric Cantona dan 5 Legenda Liga Inggris Asal Prancis
Legenda Manchester United, Eric Cantona. (AFP/Gerry Penny)

Bola.com, Jakarta - Legenda Manchester United, Eric Cantona, masuk dalam nominee Hall of Fame Premier League, bergabung bersama dua legenda lainnya, Alan Shearer dan Thierry Henry. Eric Cantona menjadi satu dari enam pemain dari 23 daftar pemain yang akan masuk Hall of Fame pekan ini, setelah mendapatkan suara kombinasi dari publik dan panelis Premier League.

Eric Cantona begitu dikenal setelah bergabung bersama Manchester United dari Leeds United pada 1992 dan menjadi figur andalan di Old Trafford.

Eric Cantona membantu tim asuhan Sir Alex Ferguson memenangkan empat dari lima gelar juara Premier League pertama manajer Skotlandia itu ketika menangani The Red Devils.

Pesepak bola asal Prancis itu kemudian gantung sepatu dari sepak bola pada 1997, dalam usia 30 tahun, dan ketika masih dalam puncak performanya. Namun, pencapaian Eric Cantona bersama The Red Devils tidak akan pernah terlupakan.

Bersama Manchester United, Eric Cantona tidak hanya membantu raihan 4 gelar juara Premier League. Eric Cantona juga membantu The Red Devils meraih dua trofi Piala FA dan tiga penghargaan Charity Shield yang kini bernama Community Shield.

2 dari 4 halaman

Respons Eric Cantona

Eric Cantona
Mantan pesepak bola MU, Eric Cantona, berpose saat sesi pemotretan di Paris, Prancis, Rabu (12/11/2014). (AFP/Stephane De Sakutin)

Merespons namanya yang masuk ke dalam nominee Hall of Fame Premier League, Eric Cantona merasa sangat bangga. Namun, dengan sikap sombong mantan pesepak bola Prancis itu mengaku justru akan kaget jika namanya tidak terpilih.

"Saya sangat gembira dan sangat bangga. Namun, pada saat yang sama, saya tidak terkejut. Saya justru akan terkejut jika tidak terpilih!" ujar Eric Cantona kepada PremierLeague.com yang dilansir oleh situs resmi Manchester United.

"Saya bermain sepak bola, saya mencintai sepak bola, saya memimpikan sepak bola sebagai seorang anak kecil. Tentu saja bermain di Inggris adalah sebuah impian. Ini mimpi untuk setiap orang, bermain di Premier League."

"Saya beruntung bisa bermain di tim ini, bersama pemain-pemain hebat, dengan seorang manajer yang luar biasa, dan para penggemar yang juga luar biasa."

"Kami menang dan kami benar-benar menikmatinya, dan ini adalah sepak bola yang saya impikan karena Manchester United adalah klub di mana mereka ingin memenangkan banyak hal dengan cara yang bagus. Seperti ketika era Matt Busby, ini identitas dan filosofi klub ini," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Pemain yang Luar Biasa

Kapten Manchester United
7. Eric Cantona (1996-1997), pemain iconic bagi publik Old Trafford. Meski tak lama namun gelandang asal Prancis ini cukup memberikan kesan mendalam bagi para pecinta Manchester United. (www.ryangiggs.cc)

Premier League memiliki begitu banyak pemain hebat dalam perjalanan kompetisi tersebut sejak 1992. Sebut saja Thierry Henry dan Ian Wright di Arsenal atau Robbie Fowler, Michael Owen, dan Fernando Torres di Liverpool.

Artinya, selain Eric Cantona, Thierry Henry, dan Alan Shearer yang sudah masuk dalam Hall of Fame Premier League saat ini, masih ada begitu banyak mantan pemain maupun para pemain hebat yang bisa masuk dalam status tersebut.

Eric Cantona pun mengakui bahwa Premier League telah menghadirkan dan melahirkan begitu banyak pemain hebat dalam perjalanannya. Namun, dengan gaya khasnya, Cantona menegaskan bahwa dirinya adalah sosok yang pasti terpilih.

"Saya pikir Anda mungkin memiliki 30 pemain yang bisa dipilih. Saya, itu berbeda. Jika Anda harus memilih satu, itu saya. Namun, yang lain juga hebat. Saya? Saya luar biasa," ujar legenda Manchester United itu.

Sumber: ManUtd.com

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓