Liga Inggris: 5 Tahun Sulit Dapat Kesempatan di Liverpool, Nasib Marko Grujic Kini Ditolong Porto

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Jul 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 21 Jul 2021, 10:45 WIB
Liverpool, Rumor Transfer Liverpool
Pemain Serbia, Marko Grujic kemungkinan akan dilepas atau dipinjamkan Liverpool mengingat usianya yang masih muda. (AFP/Christof Stache)

Bola.com, Jakarta - Liverpool sudah resmi melepaskan pemain asal Serbia, Marko Grujic ke FC Porto dengan status permanen. Transfer ini menjadi akhir dari perjalanan sulit yang harus dilalui Grujic dengan status pemain The Reds.

Musim lalu Grujic memang tidak berada di Anfield. Ia dipinjamkan oleh Liverpool ke Porto. Penampilannya cukup baik dan Porto pun memutuskan untuk mempermanen status sang pemain.

Tidak hanya Porto, Liverpool dan Grujic pun diuntungkan oleh keputusan transfer ini. Sang pemain sempat kesulitan untuk mendapatkan menit bermain di Liverpool dan harus terus menjalani masa-masa peminjaman. Bahkan ia dianggap pembelian gagal Jurgen Klopp.

Grujic memang merupakan pembelian pertama Jurgen Klopp setelah ditunjuk menjadi manajer The Reds pada 2016. Dari lima tahun berstatus pemain Liverpool, yang dipinjamkan ke beberapa klub, Grujic hanya tampil 16 kali di semua kompetisi.

Delapan dari 16 penampilan didapatnya di Premier League. Namun, semua dijalaninya dengan status sebagai pemain pengganti, tak sekali pun sebagai starter.

Bahkan Grujic hanya bertahan 1,5 musim di Liverpool. Setelah itu dia terus dipinjamkan ke klub-klub lain, tepatnya mulai paruh kedua musim 2017/2018.

2 dari 3 halaman

Terus Dipinjamkan

Chelsea vs FC Porto
Gelandang FC Porto, Marko Grujic menendang bola di depan gelandang Chelsea, Mason Mount a pada leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis (8/4/2021). Chelsea menang 2-0 Porto di laga yang digelar di tempat netral tersebut. (AP Photo/Angel Fernandez)

Perjalanan karier Grujic memang sulit setelah bergabung bersama Liverpool sebagai pemain muda pada 2016. Padahal sesaat sebelum benar-benar pindah ke Anfield, sang pemain cukup pede untuk memilih Liverpool ketimbang Real Madrid atau Barcelona.

Namun, ia kemudian justru harus berulang kali menjalani masa peminjaman ke sejumlah klub. Beruntung usianya masih muda sehingga masih panjang waktunya untuk memperbaiki perjalanan karier.

Grujic direkrut Liverpool dari Red Star Belgrade pada 6 Januari 2016. Namun, ia langsung dipinjamkan kembali ke klub asalnya hingga 30 Juni 2016.

Setelah 1,5 musim kembali bersama Liverpool, Grujic kemudian dipinjamkan ke Cardiff pada Januari 2018 yang berjalan hingga musim panas 2018. Sayangnya, Grujic langsung dipinjamkan lagi ke Hertha Berlin pada Agustus 2018 dengan durasi dua tahun.

Setelah masa peminjamannya di Hertha Berlin berakhir, Liverpool kembali meminjamkannya ke Porto pada Oktober 2020 hingga musim 30 Juni 2021 lalu. Akhirnya Porto pun memutuskan mempermanen status pemain Serbia ini dari Liverpool.

Kepergian Grujic ini termasuk langkah penting Liverpool. Jurgen Klopp perlu memperkuat skuad, artinya harus lebih dulu melepas pemain-pemain yang tidak masuk rencana. Teranyar, The Reds dikabarkan sedang membidik gelandang baru untuk menggantikan posisi Gini Wijnaldum.

Sumber: Liverpool

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 20/7/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓