Liga Inggris: Trisula Lini Depan Chelsea Sukses Bikin Arsenal Tak Berdaya

Oleh Rizki Hidayat pada 02 Agu 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 02 Agu 2021, 20:00 WIB
Arsenal Vs Chelsea
Chelsea membungkam Arsenal dengan skor 2-1 pada laga pramusim di Stadion Emirates, Minggu (1/8/2021) malam WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Bola.com, London - Chelsea meraih kemenangan atas Arsenal pada laga uji coba di Stadion Emirates, Minggu (1/8/2021) malam WIB. Hasil positif yang diraih The Blues tak lepas dari performa gemilang trisula di lini depan.

Menjalani pertandingan bertajuk The Mind Series, manajer Chelsea, Thomas Tuchel menerapkan formasi 3-4-3. Tuchel menempatkan Hakim Ziyech, Timo Werner, dan Kai Havertz di sektor serangan.

Penampilan trio Ziyech, Werner, dan Havertz mampu merepotkan barisan belakang Arsenal. Saat pertandingan berjalan 26 menit, Chelsea berhasil unggul lebih dulu.

Berawal dari serangan balik, bola digiring Timo Werner hingga ke depan kotak penalti Arsenal. Si kulit bundar kemudian diteruskan kepada Kai Havertz dengan umpan terobosan. Dengan tenang, Havertz menjaringkan bola ke dalam gawang Tim Meriam London dengan sepakan kaki kanan.

Masuk menit ke-42, Hakim Ziyech nyaris menggandakan keunggulan Chelsea. Menerima umpan dari Timo Werner, Ziyech melepaskan sepakan kaki kiri.

Sayangnya, bola hasil tendangan winger berusia 28 tahun tersebut masih menerpa mistar gawang. Hingga jeda, skor 1-0 untuk keunggulan Chelsea tetap bertahan.

 

2 dari 5 halaman

Perubahan Taktik pada Babak Kedua

Arsenal Vs Chelsea
Winger Chelsea, Hakim Ziyech, tampil impresif dan mampu merepotkan barisan belakang Arsenal pada laga uji coba di Stadion Emirates, Minggu (1/8/2021). (AFP/Adrian Dennis)

Masuk interval kedua, Thomas Tuchel melakukan pergantian pemain. Timo Werner dan Kai Havertz ditarik keluar pada menit ke-46. Werner digantikan Tammy Abraham, sedangkan Havertz digantikan Davide Zappacosta.

Sementara itu, Hakim Ziyech meninggalkan lapangan pada menit ke-64. Tuchel menarik keluar Ziyech dan digantikan Michy Batshuayi.

Meski tanpa trio Hakim Ziyech, Timo Werner, dan Kai Havertz, serangan Chelsea tetap merepotkan pertahanan Arsenal. The Blues pun akhirnya sukses mencetak gol kedua pada menit ke-72 lewat aksi Tammy Abraham.

Chelsea akhirnya sukses menutup laga dengan kemenangan 2-1. Adapun gol tunggal Arsenal dicetak Granit Xhaka pada menit ke-69.

 

3 dari 5 halaman

Pujian Thomas Tuchel

Kegembiraan Thomas Tuchel Antar Chelsea ke Final
Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel memberi selamat kepada striker Timo Werner usai diganti diganti melawan Real Madrid pada leg kedua semifinal Liga Champions di Stamford Bridge di London, Kamis (6/5/2021). Kemenangan ini membuat Tuchel mencetak rekor bersejarah di Liga Champions. (AFP/Glyn Kirk)

Manajer Thomas Tuchel mengaku puas dengan penampilan timnya pada paruh pertama. Pria asal Jerman itu pun berharap, Chelsea khususnya lini serang bisa tetap memperlihatkan performa terbaik pada musim ini.

"Saya sangat senang dengan penampilan pada babak pertama dan kami pantas memenangkannya, karena kami bisa saja mencetak gol kedua atau ketiga," ujar Tuchel.

"Babak kedua agak liar di mana kami kebobolan beberapa peluang besar dan juga memiliki beberapa peluang bagus, terutama untuk unggul 2-0 lewat aksi Hakim Ziyech (pada menit ke-54)," lanjutnya.

“Pada akhirnya, itu adalah tes yang bagus, karena secara fisik sangat menuntut dan kami memiliki hasil yang bagus, yang selalu bagus untuk menjaga momentum dan memiliki semangat yang baik," tutur Thomas Tuchel.

Sumber: ESPN, Chelsea

4 dari 5 halaman

Cuplikan Pertandingan Chelsea Vs Arsenal:

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Jesse Lingard dan 4 Pemain dengan Gaji Paling Kecil di Manchester United