Sukses


5 Pemain Ini Gagal Bersinar di Era Jurgen Klopp, tapi Liverpool Sukses Menjual dengan Harga Tinggi

Bola.com, Jakarta - Liverpool acap kali mendapat pujian dari manuver transfer yang dilakukan. The Reds, di bawah kendali Jurgen Klopp dan Michael Edwards, mampu mendapat pemain bintang dengan harga yang terjangkau.

Alisson Becker dibeli dari AS Roma dengan harga 62 juta euro. Harga yang dinilai murah jika melihat kualitas dan dampak yang ditampilkan. Lalu, ada Mohamed Salah yang dibeli dengan harga 42 juta euro, lagi-lagi dari AS Roma.

Selain dua nama itu, ada Sadio Mane dan Andy Robertson yang didapat dengan harga terjangkau. Keduanya menjadi bagian penting dari skuad Liverpool yang meraih gelar juara Liga Champions dan Premier League.

Namun, keceredasan Liverpool di bursa transfer pada era Klopp bukan hanya soal membeli pemain. Liverpool juga melepas pemain dengan cerdas dan menguntungkan. Padahal mereka ini terbilang gagal bersinar bersama tim. 

Butuh bukti? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahui siapa saja mereka. 

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 6 halaman

1. Rhian Brewster

Brewster adalah bagian dari skuad Inggris yang menjadi juara Piala Dunia U-17 2017. Brewster diprediksi bisa jadi penyerang top. Namun, Brewster gagal bersaing di tim utama Liverpool.

Walau belum menunjukkan performa yang meyakinkan di level senior, Liverpool mampu mendapatkan harga bagus dari transfer Brewster ke Sheffield. Pemain 21 tahun dilepas dengan banderol 26 juta euro. Dia kemudian gagal total di Sheffield musim lalu.

3 dari 6 halaman

2. Danny Ings

Liverpool mendatangkan Danny Ings dengan status free transfer pada 2015. Sebelumnya, Ings tampil gemilang bersama Burnley. Namun, Ings gagal total sejak pindah ke Anfield.

Liverpool melepas Ings ke Southampton dengan harga 22 juta euro. Harga yang sangat mahal untuk pemain yang lebih sering duduk di bangku cadangan. Akan tetapi, bagi Southampton, harga itu nampak masuk akal karena Ings tampil tajam bersama mereka.

4 dari 6 halaman

3. Joe Allen

Liverpool berharap mendapat sosok layaknya Xabi Alonso saat membeli Joe Allen dari Swansea pada 2012. Awalnya, Allen tampil bagus. Namun, kedatangan Klopp membuat pemain asal Wales kehilangan tempat di tim utama.

Walau pamor Joe Allen mulai menurun. The Reds tetap mampu menjualnya dengan harga mahal. Liverpool mendapatkan kompensasi senilai 15 juta euro. Nilai itu sejatinya lebih rendah dari harga belinya, 19 juta euro.

Namun, dengan kontrak yang tersisa 12 bulan saja, Liverpool untung besar dari transfer Allen.

5 dari 6 halaman

4. Christian Benteke

Liverpool membeli Benteke dengan harga 46 juta euro dari Aston Villa pada 2015. Satu tahun kemudian, Benteke dilepas ke Crystal Palace dengan harga 31 juta euro. Liverpool, di atas kertas, rugi dari transfer Benteke.

Namun, jika melihat performa buruk Benteke di Liverpool, uang yang didapat dari Palace sangat besar. Keputusan Liverpool melepas Benteke dengan cepat juga sangat jitu. Sebab, dia tidak pernah konsisten berada di top level.

6 dari 6 halaman

5. Mamadou Sakho

Sakho sempat menjadi andalan Liverpool di lini belakang. Namun, Jurgen Klopp tidak cukup puas dengan performanya. Sakho dijual ke Crystal Palace pada 2017 dengan harga 28 juta euro. Transfer brilian bagi Liverpool.

Sakho mengalami musim yang sulit pada 2016/2017. Dia tidak jadi pilihan utama di Liverpool. Sakho lalu dipinjamkan ke Palace pada Januari 2017. Walau hanya memainkan delapan laga selama setengah musim, dia dibeli dengan sangat mahal.

Sumber: Planet Football 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 02/08/2021)

Video Populer

Foto Populer