Sukses


9 Fakta Unik Bek Baru Manchester United Raphael Varane, yang Mungkin Jarang Diketahui Fans

Bola.com, Jakarta - Manchester United telah resmi memperkenalkan Raphael Varane sebagai pemain anyar pekan lalu. Dia menjadi rekrutan ketiga Setan Merah pada musim panas 2021. 

Bek tengah Timnas Prancis yang pernah menjuarai Piala Dunia tersebut diproyeksikan akan menjadi duet atau tandem utama bersama Maguire.

Raphael Varane diboyong dari Real Madrid dengan harga kisaran 50 juta euro. Ia sudah memilih nomor punggung 19 untuk dikenakannya bersama Setan Merah.

Varane diboyong lebih murah dibandingkan dengan Ben White yang dibeli oleh Arsenal dengan harga 58,,5 juta euro. Sebagai bek berpengalaman, Varane punya mental juara, yang bisa membantu rekan-rekan setimnya.

Namun, apakah kamu tahu, Raphael Varane memiliki keunikan - keunikan yang jarang diketahui orang sebagai salah satu bek terganas? Berikut kami merangkum beberapa fakta unik seorang Raphael Varane yang dikutip dari laman resmi Manchester United.

 

2 dari 10 halaman

1. Rampungkan Kuliah Baru Fokus ke Sepak Bola

Raphael Varane diketahui lulus ujian sarjana muda di bidang ilmu sosial dan ekonomi sebelum pindah dari Lens ke Real pada 2011. Beberapa sumber mengatakan ia awalnya sempat menolak telepon dari Zidane karena sedang sibuk melakukan revisi terhadap ujian yang dilalui.

Berkat kepintarannya yang ia gunakan, Varane menjadi salah satu legenda Los Blancos dan membantu mereka memenangi banyak gelar dari gelar Liga Champions, La Liga, Piala Dunia Antar Klub, Copa Del Rey, dan membantu Timnas Prancis menjadi juara Piala Dunia di tahun 2018.

 

3 dari 10 halaman

2. Rebut Status Pemain Asing Terbaik Real Madrid Dalam Waktu Singkat

Hanya dalam waktu dua tahun sejak kepindahannya ke Real Madrid, ia dinobatkan sebagai salah satu pemain asing terbaik yang pernah bermain membela Los Blancos. Bahkan namanya sendiri disejajarkan dengan Cristiano Ronaldo dan Di Stefano oleh surat kabar Spanyol, Marca.

Sekarang, hal tersebut bukanlah hal yang perlu dibantah, mengingat segudang prestasinya bersama Real Madrid bahkan melebihi beberapa legenda Galacticos di masa lalu.

Varane berhasil menjadi bek utama Real Madrid dan menjadi tandem utama Ramos yang kala itu masih bersama Pepe. Ia berhasil mencuri perhatian beberapa pelatih Real dan menyingkirkan Pepe dalam persaingan bek utama Real Madrid.

 

4 dari 10 halaman

3. Jadi Kapten Termuda Timnas Prancis di Usia 21 Tahun

Pada 2013 merupakan tahun debut Varane bersama Prancis. Beberapa tahun setelahnya, pada usia yang masih menginjak 21 tahun, ia menjadi kapten bagi Les Bleus yang kala itu bertemu dengan Armenia di bawah asuhan Didier Deschamps.

Di Real Madrid, ia sudah mengoleksi 18 trofi dari 10 musim yang ia jalani bersama Los Blancos. Ia menjalani debutnya bersama EL Real di umur yang masih menginjak 18 tahun saat itu. Ia berhasil membantu Casillas tidak kebobolan meskipun meraih hasil seri tanpa gol melawan Racing Santander pada 2011.

 

5 dari 10 halaman

4. Berani Menentang Diego Simeone

Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, merupakan pribadi yang sangar dan sangat dihindari oleh banyak pemain untuk menentang ataupun terlibat konflik dengan dirinya di tengah lapangan.

Namun, Varane tidak gentar berkonflik dengan Simeone. Insiden terjadi saat pertandingan final Liga Champions 2013/2014, Varane menentang Simeone saat dalam babak perpanjangan waktu.

Simeone meminta maaf kepada pemain tersebut setelah laga berakhir dengan kemenangan Real Madrid 4-1 atas Atlético Madrid. Saat itu, Real Madrid berhasil menyudahi puasa gelar Liga Champions selama beberapa musim terakhir.

Varane merupakan salah satu aktor utama kemenangan tersebut dan membantu Sergio Ramos dalam menjadi pertahanan terkuat El Real yang menghadapi skuad asuhan SImeone tersebut.

 

6 dari 10 halaman

5. Kalahkan Rekor Paolo Maldini

Bek legendaris Italia dan AC Milan itu dikalahkan Raphael Varane sebagai pemain termuda yang pernah mengangkat trofi Liga Champions untuk kali ketiga.

Saat menjadi juara ketiga kalinya du Liga Champions, Maldini berusia 25 tahun dengan mengalahkan Barcelona 4-0 pada 1994. Dua gelar sebelumnya ia menangi pada 1989 dan 1990 bersama Rossoneri.

Varane berhasil memecahkan rekor tersebut dengan menjadi juara tiga kali termuda di usianya yang masih 24 tahun. Saat itu, ia membantu El Real mengalahkan Juventus 4-1 pada 2017.

 

7 dari 10 halaman

6. Pemain Yang Bisa Juarai Liga Champions dan Piala Dunia Dalam 50 Hari

Varane merupakan pemain langka yang berhasil menjuarai 2 trofi bergengsi tersebut. Baru ada tiga orang yang mampu mencapai hal tersebut, Varane merupakan orang keempat setelah Christian Karembeu (1998), Roberto Carlos (2002), dan Sami Khedira (2014). Uniknya seluruh merupakan pemain yang saat itu berseragam Real Madrid.

Varane mendapatkan dua trofi tersebut setelah menjuarai Liga Champions terakhirnya bersama El Real musim 2017/2018 dan Piala Dunia 2018  ersama Timnas Prancis yang pada saat itu diisi banyak bintang besar.

 

8 dari 10 halaman

7. Sudah Punya Film Dokumenter

Sama seperti tandem lamanya, Sergio Ramos, Varane juga memiliki dokumenter biografi mengenai dirinya saat masih bermain di Lens sampai menjadi juara dunia bersama Prancis pada 2018.

Bukan hal yang asing bagi Varane memiliki dokumenter biografi tersebut. Ia merupakan pemain yang sukses bersama Real Madrid dan mencetak sejarah, serta membantu Prancis menjadi juara dunia setelah sekian lama.

 

9 dari 10 halaman

8. Mencetak Gol Pada Momen Krusial

Dikenal sebagai tembok Real Madrid, Varane jarang mengoleksi gol. Ia berbeda dengan rekan setimnya Sergio Ramos yang mengoleksi banyak gol sebagai bek. Dari 360 penampilan dirinya bersama El Real, ia hanya mencetak 17 gol.

Namun, Varane beberapa kali mencetak gol pada momen yang cukup krusial. Varane mencetak gol pembuka dalam kemenangan 2-0 Prancis di perempat final Piala Dunia atas Uruguay. Gol tersebut membantu Prancis lolos ke semifinal Piala Dunia.

 

 

10 dari 10 halaman

9. Minim Dapat Kartu

Berbanding terbalik dengan Sergio Ramos yang gemar mendapatkan kartu merah dan dijuluki sebagai salah satu bek yang tampil kasar, Varane merupakan pemain yang memiliki reputasi bersih. Dia bek yang jarang menerima kartu.

Ia hanya dua kali mendapatkan kartu merah serta 24 kartu kuning dari 360 pertandingan bersama Los Blancos di seluruh kompetisi.

Sumber: Manchester United

Disadur dari: Bola.net (Penuis Risditya/Editor Aga Deta, published 19/8/2021)

 

Video Populer

Foto Populer