Sukses


Sebelum Martin Odegaard, 8 Pemain Ini Pernah Membela Arsenal dan Real Madrid

Bola.com, Jakarta - Arsenal telah merampungkan transfer Martin Odegaard dari Real Madrid. Bagi pemain Timnas Norwegia tersebut, ini adalah periode kedua membela The Gunners.

Pada paruh musim lalu, dia bergabung dengan Arsenal dengan status pinjaman dari Madrid. Martin Odegaard mampu mencatatkan 20 penampilan untuk The Gunners.

Setelah masa peminjamannya di Arsenal berakhir, Odegaard sempat kembali ke Real Madrid. Namun, Arsenal akhirnya memutuskan untuk merekrutnya kembali.

Kali ini, sang pemain digaet Tim Meriam London dengan status permanen. Gelandang berusia 22 tahun itu ditebus dengan mahar yang mencapai 35 juta euro pada 20 Agustus lalu.

Kehadiran Odegaard diharapkan dapat menambah kekuatan lini tengah Arsenal. Selain itu, dia juga menambah panjang daftar pemain yang pernah membela Arsenal dan Real Madrid. Siapa saja mereka? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 10 halaman

Dani Ceballos

Real Madrid membeli Dani Ceballos dari Real Betis pada Juli 2017. Ditebus dengan biaya 16,5 juta euro, pemain asal Spanyol itu kesulitan mendapat kesempatan bermain reguler.

Sampai sejauh ini, Ceballos baru mencatatkan 56 penampilan di semua kompetisi untuk Los Blancos. Dia menorehkan lima gol dan dua assist dari penampilan.

Tak betah jadi pemain cadangan, Ceballos menghabiskan dua musim terakhir sebagai pemain Arsenal dengan status pinjaman. Dia bermain sebanyak 77 kali dan mencetak dua gol serta lima assist untuk The Gunners.

 

3 dari 10 halaman

Mesut Ozil

Real Madrid membeli Mesut Ozil dari Werder Bremen pada Agustus 2010. Dia tampil 159 kali dan mencetak 27 gol serta 80 assist selama tiga musim di Santiago Bernabeu.

Pada September 2013, Real Madrid menjual Ozil ke Arsenal. Dengan nilai transfer 47 juta euro, Ozil pun memecahkan rekor pembelian termahal The Gunners.

Ozil mencatatkan 254 penampilan, 44 gol, dan 77 assist untuk Arsenal. Setelah dibekukan dari skuad, Ozil pindah ke Fenerbache pada Januari 2021 lalu.

 

4 dari 10 halaman

Emmanuel Adebayor

Emmanuel Adebayor bergabung dengan Arsenal dari AS Monaco pada Januari 2006. Dia membuat 142 penampilan, 62 gol, dan 22 assist untuk The Gunners.

Pada Juli 2009, Adebayor memutuskan pindah ke Manchester City. The Citizens sempat meminjamkan Adebayor ke Real Madrid di pertengahan musim 2010/2011.

Adebayor hanya bertahan selama setengah musim di Real Madrid. Dia kemudian kembali ke Manchester City stekag tampil sebanyak 22 kali dan mencetak delapan gol untuk Los Blancos.

 

5 dari 10 halaman

Lassana Diarra

Lassana Diarra didatangkan Arsenal dari Chelsea pada Agustus 2007. Namun, dia hanya bertahan selama lima bulan saja di Emirates Stadium.

Diarra hanya mencatatkan 12 penampilan bersama Arsenal. Gelandang asal Prancis ini kemudian pindah ke Portsmouth pada Januari 2008.

Setahun berikutnya, Diarra pindah ke Real Madrid. Diarra membukukan 116 penampilan dan mencetak 1 gol serta tujuh assist bagi Los Blancos.

6 dari 10 halaman

Julio Baptista

Julio Baptista membela Arsenal dengan status pemain pinjaman dari Real Madrid pada 2016. Pemain asal Brasil itu bertukar tempat dengan Jose Antonio Reyes.

Baptista mencatatkan 35 penampilan untuk Arsenal. Namun, dia tidak mampu meyakinkan Arsene Wenger untuk mendapat kontrak secara permanen.

Mantan pemain Sevilla itu akhirnya kembali ke Madrid pada 2007. Dia kemudian meninggalkan Santiago Bernabeu pada tahun 2008 dengan bergabung AS Roma.

 

7 dari 10 halaman

Jose Antonio Reyes

Arsenal merekrut Jose Antonio Reyes dari Sevilla pada Januari 2004. Dia mencatatkan 110 penampilan dengan torehan 23 gol dan 25 assist untuk The Gunners.

Pada musim panas 2006, Arsenal meminjamkan Reyes ke Real Madrid. Sebagai gantinya, The Gunners mendapatkan Julio Baptista.

Reyes cuma bertahan selama semusim di Real Madrid. Dia tampil dalam 38 pertandingan dan mencetak tujuh gol serta tiga assist sebelum kembali ke Arsenal.

 

8 dari 10 halaman

Nicolas Anelka

Arsenal membeli Nicolas Anelka dari PSG pada Februari 1997. Di London, striker asal Prancis ini mampu menunjukkan performa yang mengesankan.

Pada Juli 1999, Real Madrid memboyong Anelka ke Spanyol dengan mahar 35 juta euro. Namun, dia hanya bertahan selama satu musim di Santiago Bernabeu.

Anelka hanya mencatatkan 33 penampilan dengan koleksi tujuh gol dan enam assist. Madrid kemudian melepasnya ke mantan klubnya, PSG pada tahun 2000.

9 dari 10 halaman

Davor Suker

Davor Suker didatangkan Real Madrid dari Sevilla pada 1996. Dia bermain selama tiga musim dengan catatan 111 penampilan, 49 gol, dan dua assist.

Pada Juli 2009, Suker hengkang ke Arsenal. Bomber asal Kroasia tersebut ditebus The Gunners dengan biaya yang mencapai 5,4 juta euro.

Namun, Suker hanya bertahan selama satu musim di Arsenal sebelum pindah ke West Ham. Bagi The Gunners, Suker tampil sebanyak 38 kali dan mencetak delapan gol.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 24/08/2021)

10 dari 10 halaman

Yuk Simak Posisi Arsenal di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer