Sukses


Bursa Transfer Liga Inggris: Arsenal Boros Banget, Chelsea Rajin Bersih-bersih

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer Liga Inggris sudah ditutup pada Rabu (1/9/2021) pagi. Klub-klub peserta Premier League sudah selesai berbelanja dan melepas para pemainnya. Satu yang menarik, seberapa besar perubahan yang mereka lakukan dan seberapa besar dana yang mereka keluarkan untuk menyelesaikan urusan transfer tersebut?

Total ada sekitar 1,02 miliar pound yang digelontorkan oleh klub-klub Premier League dalam bursa transfer musim panas kali ini. Jauh lebih kecil ketimbang 2017 yang menjadi momentum paling boros, di mana total semua klub menghabiskan 1,49 miliar pound.

Manchester City memegang rekor transfer tertinggi pada bursa transfer kali ini. Mereka membeli Jack Grealish dari Aston Villa dengan 100 juta pound. Transfer itu mengalahkan nilai yang dikeluarkan Chelsea untuk memulangkan Romelu Lukaku yang bernilai 97,5 juta pound.

Sejumlah kejutan memang tercipta pada musim panas ini, termasuk Manchester United yang memboyong pulang Cristiano Ronaldo ke Old Trafford dari Juventus. Satu yang menarik, Manchester United tidak dalam posisi mengeluarkan dana terbesar, padahal mereka juga sudah mendatangkan Jadon Sancho, dan Raphael Varane.

Chelsea bahkan cukup banyak melepas pemain. Thomas Tuchel, yang pada hari terakhir bursa transfer mendapatkan Saul Niguez untuk sisi sayap pertahanan, tampaknya memang ingin membersihkan skuadnya dari pemain-pemain yang tidak diperlukannya.

Namun, siapa tim yang paling banyak mengeluarkan dana untuk bursa transfer musim panas ini? Siapa tim yang justru paling hemat? Dan apakah ada yang lebih banyak membersihkan skuad ketimbang Chelsea. Berikut penjelasannya:

2 dari 4 halaman

Pengeluaran: Arsenal Paling Boros

Arsenal tercatat menjadi tim dengan pengeluaran paling banyak di bursa transfer musim panas ini. The Gunners lebih mengincar kuantitas mengingat ada beberapa sektor yang harus ditambal.

Ada enam pemain yang direkrut, yaitu Albert Sambi Lokonga, Nuno Tavares, Ben White, Martin Odegaard, Aaron Ramsdale, dan yang paling baru adalah Takehiro Tomiyasu.

Sky Sports mencatat Arsenal menghabiskan total 156,8 juta pound. Kemudian baru ada Manchester United di peringkat kedua dengan total pengeluaran sebesar 133,7 juta pound, Manchester City dan Chelsea berada di peringkat ketiga dan keempat dengan pengeluaran masing-masing 100 juta euro dan 97,5 juta pound.

Everton tercatat menjadi tim dengan pengeluaran paling sedikit pada bursa transfer kali ini. Mereka hanya mengeluarkan dana sebesar 1,6 juta pound untuk merekrut Damarai Gray dari Bayer Leverkusen, sementara pemain lainnya didatangkan secara gratis.

3 dari 4 halaman

Penjualan: Aston Villa Paling Untung

Dalam urusan penjualan, Aston Villa jelas menjadi klub yang cukup mendapatkan dana besar karena penjualan Jack Grealish ke Manchester City. Yap, Aston Villa mendapatkan dana segar sampai 100 juta pound hanya dari penjualan satu pemain saja di bursa transfer kali ini.

Chelsea berada di peringkat kedua dengan total pemasukan mencapai 94,4 juta pound. Ini merupakan hasil dari penjualan lima pemain pada musim panas ini, yaitu Tammy Abraham, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Olivier Giroud, dan Victor Moses.

Brighton berada di peringkat ketiga dengan pemasukan sebesar 50 juta pound. Seperti halnya Aston Villa, dana yang didapatkan Brighton juga didapatkan dari satu pemain saja, yaitu Ben White yang memilih bergabung bersama Arsenal.

4 dari 4 halaman

Paling Aktif

Klub promosi, Norwich City, menjadi yang paling aktif dalam bursa transfer kali ini dengan total 14 pemain. Mereka mendaftarkan 10 pembelian permanen ditambah empat pemain pinjaman.

Watford merekrut 11 pemain baru dengan rincian sembilan permanen dan dua sebagai pinjaman. Leeds United juga memiliki jumlah yang sama, tapi dengan delapan pemain secara permanen.

Chelsea menjadi tim yang paling rajin bersih-bersih. Ada 17 pemain disekolahkan dan 22 lainnya dilepas secara permanen. Tottenham Hotspur juga membiarkan 22 pemainnya hengkang dan meminjamkan lima pemain.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 1/9/2021)

Video Populer

Foto Populer