Sukses


Liga Inggris: Wahai Netizen, Setuju Tidak jika Cristiano Ronaldo Menjadi Kapten Manchester United?

Bola.com, Jakarta - Tak hanya akan kembali mendapatkan nomor punggung 7 kesayangannya di Manchester United, Cristiano Ronaldo yang baru saja resmi comeback ke Old Trafford disiapkan menjadi kapten anyar United. Banyak orang berpandangan CR7 yang amat senior dan berpengalaman dinilai lebih pantas memimpin pasukan muda Setan Meah..

Legenda Manchester United, Gary Neville pun sampai merasa perlu angkat bicara soal peluang Cristiano Ronaldo mengambil alih ban kapten Setan Merah dari tangan Harry Maguire.

Manchester United pertama kali mengumumkan kembalinya Ronaldo pada Jumat (27/8/2021) lalu. Selasa (31/8/2021), proses kepindahan CR7 ke Setan Merah pun akhirnya resmi rampung.

Untuk memulangkan Ronaldo ke Old Trafford, Manchester United harus membayar biaya transfer senilai 15 juta euro plus biaya tambahan senilai 8 juta euro kepada Juventus.

Neville merasa bahwa Ronaldo tak akan mengambil alih ban kapten yang saat ini jadi milik Maguire, meski mengakui bahwa pemain 36 tahun itu tetap menjadi figur panutan di tim.

“Saya akan sangat terkejut jika Harry Maguire kehilangan kaptennya. Saya pikir Harry Maguire akan berada di sana untuk jangka panjang, Cristiano akan datang selama dua tahun," ujar Neville di Sky Sports.

“Jadi saya tidak berpikir itu akan terjadi, saya akan sangat terkejut jika itu terjadi. Saya pikir keinginan dan skill kepemimpinan Cristiano Ronaldo tidak harus dibawa ke depan dengan memiliki ban kapten," imbuh sang mantan bek sayap kanan.

Cristiano Ronaldo kini berstatus sebagai kapten Timnas Portugal. Sosok kepemimpinannya yang kuat membantu negaranya memenangi Piala Eropa 2016.

2 dari 4 halaman

Cukup Pemimpin di Ruang Ganti

Neville menambahkan, sosok kepemimpinan Ronaldo bisa ditularkan di ruang ganti ataupun luar lapangan. Namun kalau untuk menjadi pemimpin di pertandingan, menurutnya terlalu berlebihan.

“Maksud saya, itu jelas sesuatu yang saya pikir dia suka, penghargaan pribadi itu, saya pikir dia menyukai gagasan menjadi pemimpin ruang ganti,” lanjutnya.

"Tapi saya pikir dia juga mengenali tim yang saya pikir, dan melepas kapten dari seseorang, saya rasa itu bukan langkah yang tepat,” tutur Gary Neville.

3 dari 4 halaman

Pernah Jadi Kapten di Old Trafford

Di Real Madrid dan Juventus, Ronaldo tak pernah didapuk sebagai kapten tim. Di masa bakti pertamanya di Manchester United juga demikian.

Namun, CR7 mendapat kesempatan untuk melingkarkan ban kapten Manchester United di lengannya. Itu terjadi di laga kontra Bolton Wanderers pada 19 Maret 2008.

Laga Premier League yang berlangsung di Old Trafford tersebut masih masuk dalam bagian musim 2007-2008. Sebetulnya, pada waktu itu, kaptennya masih Gary Neville.

Namun, karena bek asal Inggris itu mengalami cedera panjang, alhasil Ryan Giggs selaku deputinya yang kerap memakai ban kapten di lapangan. Nah, tetapi, di laga kontra Bolton itu, Giggs tidak main.

Lalu, Sir Alex memberi kehormatan kepada Ronaldo, yang performanya amat apik di musim tersebut, untuk merasakan pengalaman pertama mengapteni tim utama Manchester United.

Ronaldo yang kala itu masih 23 tahun membuktikan keputusan pelatih legendaris asal Skotlandia itu enggak salah.Sebab, Ronaldo menggila, Bung. Penyerang asal Portugal memborong dua gol kemenangan timnya hari itu. Salah satu golnya dicetak lewat tendangan bebas.

Sumber: Sky Sports

4 dari 4 halaman

Klasemen Premier League

Video Populer

Foto Populer