Sukses


10 Pemain asal Jepang Ini Merumput di Liga Inggris Sebelum Takehiro Tomiyasu: Pernah Ada yang Perkuat Manchester United

Bola.com, Jakarta - Tim Liga Inggris yang sedang terpuruk, Arsenal merekrut pemain Jepang Takehiro Tomiyasu pada bursa transfer musim panas ini. Bek berusia 22 tahun tersebut bergabung dengan The Gunners dari Bologna.

Tomiyasu merapat ke Emirates Stadium dengan biaya transfer sebesar 18,6 juta euro. Dia dikontrak The Gunners sampai tahun 2025 mendatang.

Mantan pemain Sint-Truidense tersebut akan mengenakan nomor punggung 18 di London utara. Tomiyasu bisa bermain sebagai bek sentral maupun bek kanan.

Setelah resmi pindah ke Arsenal, Tomiyasu menambah panjang daftar pemain Jepang yang pernah mencicipi kerasnya persaingan di Liga Inggris. Tentu saja, ada yang gagal dan ada pula yang cukup mengesankan.

Siapa saja pemain Jepang yang pernah dan masih mencicipi kerasnya persaingan di Premier League. Berikut daftarnya.

2 dari 12 halaman

1. Junichi Inamoto

Junichi Inamoto pertama kali mencicipi kompetisi Premier League dengan status pinjaman di Arsenal pada paruh kedua musim 2001-2002. Inamoto sama sekali tak dimainkan Arsenal di Premier League saat itu.

Setelah Piala Dunia 2002, Inamoto kembali dipinjamkan Gamba Osaka ke klub Premier League, kali ini ke Fulham. Selama di Craven Cottage, Inamoto tampil dalam 41 pertandingan dan menyumbangkan 4 gol.

Inamoto juga sempat merasakan merumput bersama West Bromwich Albion pada tahun 2004-2006. Mantan pemain timnas Jepang tersebut mencatatkan 40 penampilan bersama The Baggies.

3 dari 12 halaman

2. Kazuyuki Toda

Kazuyuki Toda adalah anggota skuat Timnas Jepang yang lolos ke fase knockout Piala Dunia 2002. Beberapa bulan berselang dia mencicipi atmosfer Premier League setelah dipinjamkan ke Tottenham Hostpur.

Namun, Toda gagal memberi kesan manis setelah berada di Inggris. Dia hanya diturunkan pada empat pertandingan selama memperkuat Spurs.

Sang pemain kemudian kembali dipinjamkan ke klub Belanda, ADO Den Haag. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut telah gantung sepatu pada 2013.

4 dari 12 halaman

3. Hidetoshi Nakata

Nama Hidetoshi Nakata moncer setelah berkiprah di Eropa. Dia pernah bermain di sejumlah klub Italia bersama Perugia, AS Roma, Parma, dan Fiorentina.

Nakata juga pernah mencicipi atmosfer Premier League Dia berstatus pemain pinjaman di Bolton Wanderers pada musim 2005-2006.

Bolton merupakan klub terakhir dalam karier Nakata. Dia tampil dalam 21 pertandingan dan menyumbangkan satu gol untuk klub tersebut.

5 dari 12 halaman

4. Ryo Miyaichi

Ryo Miyaichi diboyong Arsenal pada 30 Januari 2011. Namun kiprah pemain yang berposisi sebagai pemain sayap itu di Inggris jauh dari mengesankan.

Miyaichi sering dipinjamkan ke sejumlah klub. Dia tercatat menjalani masa peminjaman bersama Feyenoord, Bolton Wanderers, Wigan Athletic, Twente, dan Jong Twente.

Miyaichi hanya sekali bermain dengan berkostum Arsenal. Miyaichi kemudian resmi meninggalkan Arsenal pada 2015 setelah menerima pinangan St Pauli.

6 dari 12 halaman

5. Shinji Kagawa

Shinja Kagawa tampil sangat mengesankan ketika memperkuat Borussia Dortmund. Sang gelandang kemudian menerima pinangan Manchester United pada tahun 2012.

Namun, sinar Kagawa di Manchester United tak seterang saat di Borussia Dortmund. Dia hanya bertahan dua musim di Old Trafford, dengan catatan 38 pertandingan dan enam gol.

Pada 2014 Kagawa memutuskan kembali ke Borussia Dortmund. Setelah bermain di Real Zaragoza, pemain berusia 32 tahun tersebut sekarang membela klub Yunani PAOK.

7 dari 12 halaman

6. Shinji Okazaki

Shinji Okazaki datang ke Premier League setelah direkrut Leicester City dari Mainz. Transfer sang pemain terjadi pada musim panas 2015.

Okazaki mempunyai karier yang bagus di King Power Stadium. Mantan pemain Stuttgart tersebut mampu mengantarkan The Foxes menjadi juara Premier League.

Kiprah Okazaki bersama Leicester berakhir pada 2019. Dia pindah ke Malaga dan saat ini bermain untuk Cartagena.

8 dari 12 halaman

7. Tadanari Lee

Tadanari Lee bergabung dengan Southampton pada tahun 2012. Namun performa pemain asal Jepang tesebut tidak sesuai harapan karena kerap dibekap cedera.

Lee tidak pernah mendapatkan kesempatan tampil di Premier League. Pemain yang berposisi penyerang tersebut lebih banyak tampil di Piala Liga Inggris.

Lee tercatat membela The Saints dalam 14 pertandingan dengan torehan dua gol dan tiga assist. Dia meninggalkan Southampton pada Januari 2014 dan kemudian kembali ke Jepang.

9 dari 12 halaman

8. Maya Yoshida

Pemain Jepang lainnya yang pernah memperkuat Southampton adalah Maya Yoshida. Dia didatangkan ke Premier League pada 2012 dari klub VVV Venlo.

Yoshida mampu beradaptasi dan bertahan di Premier League. Pemain berusia 33 tahun tersebut membela The Saints sampai tahun 2020.

Yoshida menjalani 154 laga bersama Southampton dengan menyumbangkan sembilan gol. Nagoya Grampus tersebut saat ini bermain di Serie A dengan Sampdoria.

10 dari 12 halaman

9. Yoshinori Muto

Striker Timnas Jepang, Yoshinori Muto datang ke Premier League pada tahun 2018. Dia diboyong Newcastle United dari Mainz 05.

Namun, Muto tidak punya karier yang cemerlang di Premier League. Selama memperkuat The Magpies, Muto tampil 28 kali dengan torehan dua gol.

Muto sempat dipinjamkan ke klub Spanyol Eibar pada musim lalu. Dia sekarang sudah kembali ke Jepang dengan memperkuat Vissel Kobe.

11 dari 12 halaman

10. Takumi Minamino

Bersinar bersama RB Salzburg, Takumi Minamino diboyong Liverpool pada Januari 2020. Namun, pemain asal Jepang ini kesulitan bersaing dengan pemain-pemain depan The Reds lainnya.

Alhasil, Minamino dipinjamkan ke Southampton pada Januari 2021. Dia mencatatkan 10 penampilan di semua kompetisi dengan mencetak dua gol untuk The Saints.

Minamino saat ini sudah kembali ke Liverpool. Pemain berusia 26 tahun tersebut mengemas empat gol da dua assist dari 31 penampilan untuk The Reds.

Sumber: Tranfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 03/09/2021)

12 dari 12 halaman

Yuk Lihat Tabel Persaingan

Video Populer

Foto Populer