Federasi Sepak Bola Brasil Memblokir Para Pemainnya Tampil di Liga Inggris Akhir Pekan Ini

Oleh Gregah Nurikhsani pada 08 Sep 2021, 20:30 WIB
Diperbarui 08 Sep 2021, 20:30 WIB
Foto: Jack Grealish Cetak Gol Perdana, Manchester City Bantai Norwich City 5-0 di Pekan Kedua Liga Inggris 2021 / 2022
Memasuki babak kedua, Gabriel Jesus hampir membuat timnya unggul 3 gol pada menit ke-55. Melalui aksinya melewati beberapa pemain Norwich, ia mampu melepaskan tendangan ke gawang The Canaries. Sayang, tendangannya masih melebar. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Bola.com, Jakarta - Federasi sepak bola Brasil meminta FIFA untuk memblokir para pemainnya tampil pada Liga Inggris akhir pekan ini.

Jelang jeda internasional pekan lalu, klub-klub Liga Inggris melakukan voting untuk mencegah para pemainnya bergabung ke tim nasional dan bertanding di negara yang masuk kategori merah.

Sebab di Inggris, ada aturan karantina selama 10 hari selepas pulang dari negara-negara tersebut. Persoalannya, banyak negara kategori merah yang tersebar di zona Amerika Selatan, termasuk Brasil dan Argentina.

Brasil pun melakukan langkah kontroversial. Mereka meminta FIFA memblokir para pemainnya untuk tampil di Liga Inggris sekalian akhir pekan ini.

Rikues Brasil ini merupakan buntut dari peraturan di Inggris dan sikap klub-klub Premier League melarang para pemainnya untuk bergabung dengan tim nasional.

 

2 dari 4 halaman

Banyak yang Absen

Foto: 5 Calon Pengganti Kapten Tim Liverpool jika Jordan Henderson Meninggalkan Anfield
Fabinho. Gelandang Brasil berusia 27 tahun ini telah 3 musim berseragam Liverpool dan telah tampil dalam 122 laga di semua kompetisi. Meski belum pernah dipercaya menjadi kapten tim, ia berkomitmen untuk menjadi bagian penting baik sebagai pemain maupun pemimpin. (Foto: AFP/Pool/Jon Super)

Liverpool, Manchester City, Manchester United, Chelsea, Leeds United semuanya telah diberitahu oleh FIFA bahwa pembatasan lima hari diberlakukan untuk pemain Brasil mereka yang awalnya dipanggil.

Keputusan itu berarti bahwa Fabinho, Alisson dan Roberto Firmino akan absen dari pertandingan Liverpool dengan Leeds United pada hari Minggu. Sementara itu, tim asuhan Marcelo Bielsa tidak akan diperkuat Raphinha, yang menolak panggilan pertamanya ke Brasil.

Juara Liga Inggris Manchester City tidak dapat memilih Ederson dan Gabriel Jesus untuk pertandingan mereka melawan Leicester City pada hari Sabtu.

Thiago Silva akan absen untuk dua pertandingan Chelsea mendatang melawan Aston Villa dan Zenit. Manchester United akan tanpa Fred untuk pertandingan mereka melawan Newcastle United dan Young Boys pada Selasa malam.

 

3 dari 4 halaman

Terancam

Foto: Richarlison Top Skor Olimpiade Tokyo 2020, Tajam di Fase Grup, Melempem di Fase Gugur
Richarlison. Striker Brasil berusia 24 tahun ini mengoleksi 5 gol dan membawa timnya merebut medali emas usai menang 2-1 atas Spanyol di partai final. Kelima golnya dicetak di fase grup, 3 gol saat mengalahkan Jerman 4-2 dan 2 gol saat mengalahkan Arab Saudi 3-1. (Foto: AP/Kiichiro Sato)

Klub Liga Inggris yang mengabaikan permintaan FIFA akan berisiko tidak bisa tampil akhir pekan ini mengingat banyaknya pemain dari Brasil.

Sementara itu, Brasil belum memberlakukan pembatasan apa pun pada Richarlison karena hubungan positif mereka dengan Everton, yang memungkinkan penyerang itu bermain di Copa America dan Olimpiade musim panas ini.

4 dari 4 halaman

Siapa Pemuncak Klasemen Sementara?

Lanjutkan Membaca ↓