Liga Inggris: Liverpool Nekat Turunkan Pemain Brasil Meski Terancam Sanksi dari FIFA

Oleh Gregah Nurikhsani pada 09 Sep 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 09 Sep 2021, 16:45 WIB
FOTO: Alisson Becker Tampil Heroik, Cetak Gol dan Bawa Liverpool Tumbangkan WBA
Kiper Liverpool, Alisson Becker, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion pada laga Liga Inggris di Stadion the Hawthorns, Minggu (16/5/2021). Liverpool menang dengan skor 2-1. (AP Photo/Rui Vieira, Pool)

Bola.com, Jakarta - Liverpool tetap berencana memainkan Fabinho dan Alisson melawan Leeds United akhir pekan ini meski langkah ini bisa membuat mereka disanksi oleh FIFA.

Fabinho, Alisson, dan para pemain Brasil di Manchester City, Chelsea, Manchester United menghadapi kemungkinan larangan bermain. Itu setelah Federasi Sepak Bola Brasil meminta FIFA untuk menjatuhkan skorsing karena tidak bisa tampil membela negaranya di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jelang jeda internasional pekan lalu, klub-klub Liga Inggris melakukan voting untuk mencegah para pemainnya bergabung ke tim nasional dan bertanding di negara yang masuk kategori merah.

Sebab di Inggris, ada aturan karantina selama 10 hari selepas pulang dari negara-negara tersebut. Persoalannya, banyak negara kategori merah yang tersebar di zona Amerika Selatan, termasuk Brasil dan Argentina.

Brasil pun melakukan langkah kontroversial. Mereka meminta FIFA memblokir para pemainnya untuk tampil di Liga Inggris sekalian akhir pekan ini.

Rikues Brasil ini merupakan buntut dari peraturan di Inggris dan sikap klub-klub Premier League melarang para pemainnya untuk bergabung dengan tim nasional.

 

2 dari 4 halaman

Tetap Nekat

Foto: 5 Calon Pengganti Kapten Tim Liverpool jika Jordan Henderson Meninggalkan Anfield
Fabinho. Gelandang Brasil berusia 27 tahun ini telah 3 musim berseragam Liverpool dan telah tampil dalam 122 laga di semua kompetisi. Meski belum pernah dipercaya menjadi kapten tim, ia berkomitmen untuk menjadi bagian penting baik sebagai pemain maupun pemimpin. (Foto: AFP/Pool/Jon Super)

Namun, Liverpool Echo melaporkan bahwa Liverpool tetap bertekad untuk memainkan dua bintang mereka pada hari Minggu. Dengan Brasil pada daftar 'negara daftar merah' pemerintah Inggris karena pembatasan Covid, Liverpool bersikeras keputusan untuk tidak mengirim mereka benar.

Mereka akan memperdebatkan situasi yang membuat bintang Argentina sekarang menghadapi masa karantina 10 hari membenarkan langkah itu.

Memang, laporan muncul pada hari Rabu bagaimana Cristian Romero dan Giovani Lo Celso menentang keinginan Tottenham untuk melakukan perjalanan ke Amerika Selatan. Mereka kini, bersama rekan setimnya Davinson Sanchez, terpaksa dikarantina selama 10 hari di Kroasia.

 

3 dari 4 halaman

Tidak Punya Opsi Lain

Foto Liga Inggris: 5 Pesepak Bola Brasil Tertajam di Premier League Sepanjang Sejarah, Roberto Firmino Teratas - Roberto Firmino
Roberto Firmino. Gelandang Liverpool yang didatangkan dari Hoffenheim pada awal musim 2015/2016 ini telah 6 musim bersama Liverpool hingga kini. Ia sudah mengemas 65 gol di ajang Premier League, yang tertinggi di antara para pemain Brasil lainnya. (AFP/Michael Regan/Pool)

Lebih lanjut, Liverpool akan berargumen bahwa prospek absen hingga empat pertandingan membuat pemain mereka tidak punya pilihan.

Ada juga dua jeda internasional lebih lanjut yang akan datang pada bulan Oktober dan November. Alhasil, Liverpool percaya akal sehat harus diterapkan saat Brasil masuk dalam daftar merah Inggris.

Selain itu, mereka merasa fakta bahwa Everton dibebaskan dari larangan untuk Richarlison juga harus dipertimbangkan.

Echo menyatakan Liverpool sekarang mempertimbangkan langkah selanjutnya dengan hati-hati. Namun, mereka tetap berharap pada tahap ini bahwa pasangan itu bisa tampil di West Yorkshire.

Namun, Firmino tampaknya tidak akan tampil, mengingat penyerang tersebut saat ini sedang mengalami cedera. Jika FIFA berpihak pada Liverpool, itu akan membuka pintu bagi pihak lain untuk juga memilih bintang yang 'dilarang' mereka.

Sumber: Liverpool Echo

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Liverpool saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓
Ole Gunnar Solskjaer Buka Suara Usai Dipecat Manchester United