Liga Inggris: Mikel Arteta Nyaris Kena Mental Gara-Gara Kritikan Fans Arsenal

Oleh Gregah Nurikhsani pada 13 Sep 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 13 Sep 2021, 07:45 WIB
FOTO: Ekspresi Mikel Arteta Usai Arsenal Kembali Menuai Hasil Buruk di Liga Inggris
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, tampak kecewa usai ditaklukkan Everton pada laga Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Minggu (20/12/2020). Everton menang 2-1 atas Arsenal. (AFP/Peter Powell, Pool)

Bola.com, London - Mikel Arteta lega melihat dukungan fans dalam kemenangan 1-0 Arsenal atas Norwich City pada pekan keempat Liga Inggris 2021/2022, Sabtu (11/9/2021). Namun ia mengaku sempat kepikiran setelah diterpa kritikan.

Betapa tidak, Arteta berada di posisi sulit karena rentetan hasil buruk di awal musim ini. Arsenal menelan tiga kekalahan beruntun di liga, tanpa gol, kebobolan 9.

Untungnya, The Gunners berhasil bangkit di pertandingan keempat kontra Norwich. Meski hanya menang 1-0, hasil ini sangat penting untuk mendongkark kepercayaan diri para pemain.

Kemenangan ini juga terasa jauh lebih memuaskan karena dukungan maksimal fans Arsenal di Emirates Stadium. Lantas, apa kata Arteta?

2 dari 4 halaman

Sempat Ragu

Foto: Akhirnya Arsenal Pecah Telur di Liga Inggris Lewat Gol Semata Wayang Aubameyang
Pierre-Emerick Aubameyang menjadi penentu kemenangan Arsenal atas Norwich City. Dia mencetak gol pada menit ke-66 setelah memanfaatkan bola sodoran Nicolas Pepe. (Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas)

Dukungan fans Arsenal di pertandingan kemarin benar-benar luar biasa, di luar dugaan Arteta. Pasalnya, Arteta sendiri sempat ragu setelah mendengar kritikan fans.

Fans Arsenal sempat menyuarakan #ArtetaOut beberapa pekan terakhir. Sebab itu, Arteta merasa tidak akan mendapatkan dukungan, tapi ternyata justru sebaliknya.

"Saya punya keraguan, saya bertanya-tanya, sebab saya harus membaca [kritik pemecatan] dan harus memahami itu, saya jura harus memikirkan kritik dan opini-opini yang berbeda," ujar Arteta di Arsenal.com.

"Saya tidak tahu seberapa besar pengaruh isu itu terhadap fans. Menurut saya, pihak klub telah bersikap sangat terbuka untuk menjelaskan apa yang coba kami lakukan."

3 dari 4 halaman

Dukungan Maksimal

Foto: Akhirnya Arsenal Pecah Telur di Liga Inggris Lewat Gol Semata Wayang Aubameyang
Gol tunggal kemenangan Arsenal diciptakan oleh Aubameyang. Penyerang asal Gabon tersebut menjebol gawang Tim Krul di babak kedua. (Foto: AFP/Daniel Leal-Olivas)

Singkatnya, Arteta sempat ragu-ragu karena kritikan fans kepadanya begitu keras. Untungnya, fans Arsenal tampak mengerahkan segalanya untuk mendukung tim di pertandingan kemarin, ini adalah pertanda positif.

"Jujur saja, saya sempat bertanya-tanya. Namun, saya baru melihat fans luar biasa yang mencoba mendorong tim, mencoba berkata 'kami siap menderita bersama kalian dan kami akan mendukung kalian'," sambung Arteta.

"Sisanya tidaklah penting. Saya sangat bersyukur dan saya sedikit emosional melihat dukungan maksimal seperti itu, sebab saya rasa hal itu sedikit sulit terjadi dalam sepak bola," tutupnya.

Sumber: Arsenal

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 12/9/2021)

4 dari 4 halaman

Posisi Arsenal saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Termasuk Harry Kane, Ini 4 Pemain Premier League yang Bisa Hengkang di Awal Tahun 2022