5 Fakta Kemenangan Manchester City atas Chelsea di Liga Inggris: Biar Thomas Tuchel Belajar

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 25 Sep 2021, 22:15 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 22:15 WIB
Kyle Walker
Kyle Walker dan Ruben Dias merayakan kemenangan 1-0 yang diraih Manchester City atas Chelsea pada laga Premier League 2021/2022. (AFP/Ben Stansall)

Bola.com, London - Manchester City meraih kemenangan 1-0 atas Chelsea pada laga Premier League 2021/2022, Sabtu (25/9/2021). Kemenangan ini sangat penting buat klub berjulukan The Citizens tersebut.

Bertandang ke Stamford Bridge, markas Chelsea, Manchester City tampil agresif sejak awal pertandingan. Skema 4-3-3 yang diusung membuat City agresif dalam melancarkan serangan.

Namun, lini pertahanan Chelsea mampu mementahkan sejumlah peluang pada babak pertama. Memasuki paruh kedua laga, lini pertahanan Chelsea akhirnya roboh.

Manchester City mencetak gol pada menit ke-53 melalui aksi Gabriel Jesus. Memaksimalkan umpan dari Joao Cancelo, Gabriel Jesus berhasil lepas dari pengawalan pemain Chelsea dan mencetak gol dengan tembakan mendatar. Gol itu menjadi satu-satunya yang tercipta dalam pertandingan.

Kemenangan ini membuat Manchester City naik ke peringkat kedua klasemen sementara Premier League 2021/2022. Klub asuhan Pep Guardiola itu mengumpulkan 13 poin dari enam pertandingan.

Tak sekadar raihan tiga poin, sejumlah fakta menarik juga mengiringi kemenangan Manchester City atas Chelsea. Apa saja?

2 dari 4 halaman

5 Fakta Menarik

Gabriel Jesus
Para pemain Manchester City merayakan gol yang dicetak Gabriel Jesus ke gawang Chelsea pada laga Premier League 2021/2022. (AFP/Ben Stansall)

1. Gol ke gawang Chelsea menjadi yang pertama dicetak Gabriel Jesus sejak berseragam Manchester City pada 2017.

2. Gabriel Jesus terlibat langsung pada tujuh gol dalam tujuh penampilannya bersama Manchester City di Premier League yakni mencetak tiga gol dan empat assist.

3. Manchester City tak pernah kalah dalam 43 pertadingan Premier League ketika Gabriel Jesus mencetak gol. Rincian 41 kemenangan dan dua kali imbang.

4. Manajer Pep Guardiola mencatatkan kemenanganya yang ke-221 pada semua kompetisi bersama Manchester City. Catatan ini mengungguli pencapaian manajer Manchester City sebelumnya Les McDowall dengan 220 kemenangan (1950-1963).

5. Kekalahan ini menjadi yang pertama dialami Thomas Tuchel dari Pep Guardiola dalam empat pertemuan sebagai manajer Chelsea.

3 dari 4 halaman

Unggul Segalanya

Gabriel Jesus
Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus, mendapatkan pengawalan ketat dari gelandang Chelsea, Mateo Kovacic dalam laga pekan keenam Premier League 2021/2022.(AFP/Ben Stansall)

Statistik Premier League mencatat, Manchester City unggul segalanya atas Chelsea pada pertandingan tersebut. City memiliki 60 persen penguasaan bola, berbanding 40 persen milik Chelsea.

City juga tercatat melepaskan 15 percobaan ke gawang Chelsea. Empat di antaranya akurat.

Sementara itu, Chelsea tak memiliki peluang tepat sasaran ke gawang City. Sebanyak lima peluang yang didapat tak menemui sasaran.

Sumber: Opta

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Manchester City di Premier League

Lanjutkan Membaca ↓