Liga Inggris: 5 Fakta Pasca-Manchester United Tumbang dari Aston Villa

Oleh Rizki Hidayat pada 25 Sep 2021, 22:14 WIB
Diperbarui 25 Sep 2021, 22:18 WIB
MU vs Aston Villa
Pemain Manchester United Cristiano Ronaldo, kedua kanan, gagal mencetak gol saat pertandingan sepak bola Liga Inggris antara Manchester United dan Aston Villa di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Sabtu, 25 September 2021. (AP Photo/Jon Super)

Bola.com, Manchester - Manchester United takluk 0-1 dari Aston Villa pada laga pekan keenam Premier League, Sabtu (25/9/2021) malam WIB. Bagi MU, itu adalah kekalahan perdana dari 18 pertemuan terakhir kontra Villa.

Menjalani pertandingan di Old Trafford, Manchester United langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit awal. MU mencatatkan 59,7 persen penguasaan bola, berbanding 40,3 persen milik The Villa.

Tim Setan Merah juga melepaskan 28 tembakan yang empat di antaranya mengarah ke gawang. Di sisi lain, Aston Villa hanya memperoleh tiga peluang bagus dari tujuh kesempatan.

Tampil dominan, Manchester United kerepotan menembus rapatnya barisan belakang The Villa. Justru tim tamu yang berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-88 lewat aksi Kortney Hause.

Berawal dari sepak pojok Douglas Luiz, bola langsung disambar Hause dengan sundulan. Si kulit bundar pun meluncur deras masuk ke gawang The Red Devils.

Pada injury time tepatnya menit ke-90+3, Manchester United sebenarnya memiliki kans untuk menyamakan kedudukan dari titik putih. Namun, Bruno Fernandes yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Bola hasil tendangan 12 pas Fernandes hanya melayang di atas mistar gawang. Sampai wasit meniupkan peluit berbunyi panjang tanda laga usai, Manchester United keok 0-1 dari Aston Villa.

 

2 dari 4 halaman

Turun Peringkat

Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes
Reaksi pemain Manchester United Bruno Fernandes (tengah) dan Cristiano Ronaldo setelah kegagalan penalti kontra Aston Villa pada Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (25/9/2021). (AFP/Paul Ellis)

Hasil minor kontra Aston Villa membuat Manchester United turun ke peringkat empat klasemen sementara Premier League dengan nilai 13. Adapun Aston Villa naik ke urutan tujuh dengan koleksi 10 poin.

Pada pertandingan selanjutnya, Manchester United akan bersua Villarreal pada laga kedua Grup F Liga Champions di Old Trafford, 30 September mendatang.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji pasca-kekalahan Manchester United dari Aston Villa. Apa sajakah itu? Berikit ini adalah perinciannya.

 

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta:

Manchester United Vs Aston Villa
Reaksi pemain Manchester United, Bruno Fernandes (kiri), setelah gawang timnya dibobol pemain Aston Villa pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (25/9/2021). (AP/Jon Super)

1. Manchester United dan Chelsea untuk pertama kalinya sama-sama kalah pada laga kandang di hari yang sama dalam ajang Premier League. Terakhir kali hal serupa terjadi pada malam tahun baru 2011.

2. Bruno Fernandes untuk kedua kalinya gagal mengeksekusi penalti dalam 23 kesempatan bersama Manchester United dalam semua ajang.

3. Manchester United total melepaskan 28 tembakan dalam duel kontra Aston Villa dan tidak ada satu pun yang berbuah gol. Catatan terburuk pernah ditorehkan MU pada laga kandang ketika bersua Burnley pada Oktober 2016, yakni 38 tembakan (imbang 0-0).

4. Aston Villa untuk pertama kalinya meraih kemenangan atas Manchester United dalam 18 pertemuan terakhir di Premier League. Sebelum malam ini, terakhir kali Villa membungkam MU di Old Trafford adalah pada Desember 2009 (menang 1-0).

5. Cristiano Ronaldo untuk pertama kalinya menelan kekalahan dari Aston Villa. Padahal pada periode pertama berserama MU, Ronaldo berhasil meraih 26 kemenangan secara beruntun.

Sumber: Opta

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Manchester United di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓