Liga Inggris: Cristiano Ronaldo Harus Diperlakukan Spesial di Manchester United

Oleh Gregah Nurikhsani pada 26 Sep 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 26 Sep 2021, 16:45 WIB
Cristiano Ronaldo dan Bruno Fernandes
Reaksi pemain Manchester United Bruno Fernandes (tengah) dan Cristiano Ronaldo setelah kegagalan penalti kontra Aston Villa pada Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (25/9/2021). (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo bergabung kembali dengan Manchester United di musim panas dan telah mencetak empat gol dalam empat pertandingan sejauh ini. Mantan bek Jaap Stam menilai klub tidak bisa memerlakukannya sama seperti pemain yang lain.

Cristiano Ronaldo kembali ke Manchester United dengan kontrak dua tahun musim panas ini dari Juventus dan telah memulai musim keduanya di klub dengan empat gol dalam empat pertandingan sejauh ini. Pada usia 36 tahun, Ronaldo telah kembali sebagai anggota senior skuad dan ada saran bahwa manajer Ole Gunnar Solskjaer kesulitan mengatur pemain sekaliber CR7.

Setelah beberapa kritik karena menggantikan Ronaldo dalam kekalahan Liga Champions melawan Young Boys, Stam percaya Solskjaer harus memperlakukannya secara berbeda dengan rekan satu timnya lainnya karena siapa dia dan apa yang bisa dia lakukan untuk tim.

Berbicara kepada Off the Ball podcast, mantan pemenang treble itu berkata, "Jika Anda membawa pemain seperti ini pada usianya, Anda tidak bisa mengatakan kepada Cristiano, 'Hei, saya manajernya, Anda mendengarkan saya dan melakukan apa yang saya inginkan.'

"Cristiano Ronaldo sudah dewasa, dia berusia 36 tahun, jadi Anda harus memperlakukannya dengan sangat hormat atas apa yang telah dia lakukan dan apa yang bisa dia lakukan untuk membantu Anda."

2 dari 4 halaman

Jangan Sungkan Minta Saran

Foto: Bruno Fernandes Gagal Manfaatkan Voucher Penalti, Manchester United Dipermalukan Aston Villa
Pada laga ini sebenarnya Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 60 persen. (AP/Jon Super)

Lebih lanjut, Stam menyarankan agar Solskjaer tidak sungkan untuk bertanya pada Ronaldo mengenai apa yang bisa diterapkan. Intinya eks bek Timnas Belanda itu berharap agar United berporos pada Ronaldo.

"Ole harus melakukan pembicaraan dengan Cristiano setiap hari tentang bagaimana mendapatkan yang terbaik darinya, dan apa yang bisa dia lakukan [untuk tim] untuk memberikan lebih banyak bola kepada Cristiano untuk mencetak gol."

"Yang penting bagi United adalah Ole menggunakan Ronaldo dengan cara yang diharapkan dia bisa perbuat, tapi tetap berharap bisa mencetak banyak gol."

 

3 dari 4 halaman

Jadi Role Model

Cristiano Ronaldo - Manchester United - MU - Liga Inggris
Striker Manchester United atau MU Cristiano Ronaldo meninggalkan lapangan setelah laga melawan Aston Villa pada match day keenam Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu, 25 September 2021. (Paul ELLIS / AFP)

Stam juga percaya bahwa kehadiran dan pengalaman Ronaldo hanya akan menguntungkan pemain muda di Manchester United.

"Apa yang telah dia lakukan untuk menjaga dirinya tetap fit dan tetap menjadi salah satu pemain terbaik di dunia," kata Stam, "Saya tidak berpikir dia adalah pria yang egois."

"Saya pikir dia bisa membantu para pemain muda dan berbicara dengan rekan satu timnya tentang apa yang harus dilakukan, dan juga tidak egois untuk dirinya sendiri tetapi memberi orang lain kesempatan untuk mencetak gol ketika dia tidak bisa."

"Itu memberi tahu Anda sesuatu tentang pemain dengan perawakan dan profesionalismenya. Ketika dia masuk, seluruh klub sedikit berubah dan mungkin ada perasaan yang berbeda."

4 dari 4 halaman

Posisi MU saat Ini

Lanjutkan Membaca ↓