Sukses


5 Rekor Fantastis Cristiano Ronaldo Sepanjang 2021, Benar-benar Sang Raja Gol

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tak terbantahkan menjadi pemain terbaik dunia lebih dari satu dekade terakhir.  Mereka seolah berebutan dalam mencetak rekor.

Cristiano Ronaldo masih bermain dengan kemampuan terbaiknya meskipun usianya sudah menginjak 36 tahun. Ronaldo mampu bersaing dan masih disebut sebagai salah satu pemain terbaik dunia berkat produktivitas gol dan kehebatannya di lapangan.

Saat berpindah posisi sebagai striker murni, pemain Portugal itu berhasil menjadi peyerang yang sangat hebat dan beberapa kali mencatatkan namanya sebagai top skorer. Dirinya membuktikan dengan kembali ke Manchester United dan menjelma menjadi salah satu striker paling subur di Premier League.

Saat ini deretan pemain seumuran dirinya kebanyak tidak bermain sebagai starter, bermain di liga yang tidak terlalu keras, dan sudah mempersiapkan rencana pensiun. Namun pemain yang dijuluki GOAT itu mampu mengubah stigma tersebut berkat kebugaran dirinya.

Berikut ini rangkuman beberapa rekor Cristiano Ronaldo yang didapatkan pada 2021 ini. Simaklah daftar lengkapnya di bawah ini.

 

2 dari 6 halaman

1. Gol Penentu Kemenangan

Ronaldo keluar sebagai pahlawan Manchester United setelah mencetak gol menit akhir perpanjangan waktu, saat Manchester United menang tipis 2-1 saat bertemu Villareal di partai Liga Champions.

Ronaldo mencetak gol di menit ke-95 berkat assist dari rekan setimnya Jesse Lingard dikonversi menjadi melalui kaki kanannya. Hasil tersebut membantu Manchester United setidaknya mendapatkan poin penuh pertama mereka.

Setelah tertinggal satu gol, Setan Merah mampu melakukan comeback dan menorehkan dua gol ke gawang sang juara Liga Europa musim lalu. Cristiano Ronaldo berhasil memecahkan rekor gol kemenangan terbaru yang dicetak untuk Setan Merah dalam sejarah Liga Champions.

 

3 dari 6 halaman

2. Pemain Pertama Yang Mencetak Gol pada 5 Pertandingan Piala Eropa

Piala Eropa merupakan salah satu turnamen paling bergengsi. Cristiano Ronaldo setidaknya sudah menjuarai satu kali pada 2016.

Kehebatan pemain ini tak lepas terjadi berkat gol yang selalu dicetaknya sejak pertama kali mengikuti kompetisi tersebut pada 2004. Ronaldo sudah mencetak gol di lima pertandingan Piala Eropa, yaitu 2004, 2008, 2012, 2016, dan 2020. 

Dirinya juga menjadi top skor pada Euro 2020 lalu dengan lima gol. Selain itu, dirinya juga dinobatkan sebagai top skor Euro sepanjang masa dengan 14 gol dari 25 pertandingan bersama Portugal di kompetisi tersebut.

 

4 dari 6 halaman

2. Pencetak Gol Terbanyak untuk Berbagai Klub di Liga Champions (37 Klub)

Persaingan Ronaldo dan Messi dalam kancah Liga Champions bukanlah hal biasa. Messi yang bertemu Manchester City, mencetak gol perdanananya bagi PSG dan menyamai rekor Ronaldo sebagai pencetak gol terbanyak atas 36 tim yang berbeda di Liga Champions.

Namun, hanya butuh satu hari saja, Ronaldo langsung kembali menjadi pencetak gol terbanyak melawan berbagai klub berbeda setelah golnya di menit akhir saat bertemu Villarreal. Villarreal menjadi tim ke-37 yang dibobol oleh Cristiano Ronaldo.

Satu gol tersebut juga memastikan dirinya semakin menjauh dari Messi dalam daftyar top skor sepanjang masa UCL dengan 136 gol.

 

5 dari 6 halaman

4. Penampilan Terbanyak di Liga Champions (178 Pertandingan)

Ronaldo mencatatkan namanya sebagai pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak di kancah Liga Champions. Jumlah tersebut melampaui rekor mantan rekan setimnya, Iker Casillas, yang mencatatkan 177 pertandingan di ajang paling bergengsi antarklub Eropa tersebut.

Sang rival Lionel Messi masih memiliki catatan yang cukup jauh, dirinya berada di peringkat ketiga dengan 151 pertandingan.

Selama tampil 178 kali, Ronaldo sukses meraih lima gelar, empat di antaranya ia dapatkan saat bersama Real Madrid, dan satu kali saat berseragam Manchester United.

 

6 dari 6 halaman

5. Gol Internasional Terbanyak dalam Sepanjang Sejarah (Pria)

Saat Portugal bertarung dengan Irlandia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Cristiano Ronaldo kembali membuat kejutan dengan membantu Portugal menang tipis 2-1 berkat dua gol telat dari pemain terbaik Portugal tersebut.

Dua gol tersebut memastikan Cristiano Ronaldo melewati rekor Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak di kancah internasional dengan 111 gol.

Cristiano Ronaldo diprediksi masih mampu bertahan bermain di level tinggi sepak bola dunia hingga empat sampai lima tahun ke depan berkat fisik dan kebugarannya. Jika masih terus produktif dalam mencetak gol maupun assist, Ronaldo akan terus membuat rekor dan sejarah baru untuk sepak bola dunia.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Risditiya/Editor Serafin Unus Pasi, published 1/10/2021)

 

Video Populer

Foto Populer