Sukses


Dahsyatnya Starting XI Pemain Berstatus Top Scorer Sepanjang Sejarah Liverpool di Tiap Posisi: Ada Gerrad hingga Salah

Bola.com, Jakarta - Liverpool kembali bersaing di pacuan juara Liga Inggris musim 2021/2022. Setelah musim lalu tampil kurang gereget, pasukan Jurgen Klopp menunjukkan kembali melaju di trek yang tepat dalam persaingan gelar. 

Hingga pekan ketujuh, Liverpool bercokol di peringkat kedua klasemen sementara Liga Inggris musim ini. The Reds mengoleksi nilai 15, hanya terpaut satu poin dari Chelsea di puncak klasemen. 

Liverpool tentu ingin kembali menambah pundi-pundi gelar, untuk menambah panjang daftar prestasi mentereng sepanjang sejarah klub.  

Liverpool dikenal sebagai tim besar dan penuh tradisi juara sejak dulu. Banyak pemain dengan nama besar pernah singgah dan membawa prestasi menawan untuk tim pujaan Kopites.

Sebagai tim dengan sejarah panjang, The Reds memiliki sederet pemain yang mencatatkan kiprah sensasional dari era ke era. Para pemain-pemain ini bisa disusun dalam sebuah formasi terbaik.

Tanpa banyak basa-basi, yuk simak starting XI Liverpool berisi pemain-pemain dengan torehan gol tertinggi di klub dalam posisinya masing-masing, seperti dikutip Sportkeeda

2 dari 12 halaman

1. Alisson Becker (Kiper)

Allison Becker adalah penjaga gawang asal Brasil yang didatangkan Liverpool dari AS Roma pada musim 2018. Alisson Becker menjadi satu di antara pemain kunci Liverpool menjuarai Liga Champions 2018/2019 dan Liga Inggris musim lalu.

Jangan salah, Alisson punya catatan satu gol yang pernah dicetaknya ke gawang West Bromwich Albion musim lalu. Itu menempatkan namanya sebagai kiper keenam yang pernah mencetak gol di Liga Inggris.

3 dari 12 halaman

2. John Arne Riise (Bek Kiri)

Riise sebagai bek tangguh yang pernah dimiliki Liverpool. Penampilan Riise layaknya Roberto Carlos, bek kidal legendaris Brasil yang punya tendangan kaki kiri maut.

Gawang lawan bakal terancam apabila pemain asal Norwegia itu memiliki ruang tembak kosong dengan posisi kaki kiri favoritnya. Riise mencatat 300 penampilan dan total 21 gol selama berseragam Liverpool.

4 dari 12 halaman

3. Sammy Hyppia (Bek Tengah)

Sammy Hyppia dikenal sebagai bek terbaik Liverpool pada masanya. Ia berkiprah di Anfield selama 10 musim dan tampil sebanyak 300 kali.

Walau berposisi bek tengah, pemain berkebangsaan Finlandia itu mampu mencetak 22 gol sepanjang kariernya untuk Liverpool. Musim 2003/2004 menjadi yang terbaik dengan mengemas empat gol.

5 dari 12 halaman

4. Martin Skrtel (Bek Tengah)

Bek tangguh Liverpool asal Slovakia ini mencatatkan 250 penampilan serta 16 gol dan lima assist. Karier terbaiknya adalah mencetak tujuh gol pada musim 2013/2014, meski sayangnya Liverpool gagal menggenggam juara.

6 dari 12 halaman

5. Trent Alexander-Arnold (Bek Kanan)

Alexander-Arnold merupakan bek kanan terbaik saat ini yang dimiliki Liverpool. Ia sangat sulit tergantikan bagi pelatih Jurgen Klopp.

Masih berusia 22 tahun, Alexander-Arnold sudah mencatatkan 8 gol. Empat gol di antaranya saat Liverpool menjuarai Liga Inggris musim lalu. Dirinya juga punya catatan 36 assist.

7 dari 12 halaman

6. Steven Gerrard

Sosoknya jelas paling mudah diingat sebagai salah satu pemain terbesar yang pernah dimiliki Liverpool. Selama 18 musim ia habiskan bersama Liverpool dan menjadi legenda klub.

Steven Gerrard menjadi salah satu gelandang terbaik Inggris dengan mencetak lebih dari 100 gol. Total torehannya bersama Liverpool adalah 120 gol dan paling produktif pada musim 2008-2009, dengan 16 gol.

8 dari 12 halaman

7. Jamie Redknapp

Jamie Redknapp adalah gelandang flamboyan era lawas Liverpool sama halnya Steven Gerrard. Jamie Redknapp mengemas 30 gol untuk Liverpool di Liga Inggris atau 41 gol untuk semua kompetisi.

Selama sembilan musim ia berseragam The Reds. Musim terbaiknya ada di tahun 1998-1999 dengan mengemas delapan gol dan tiga assist.

9 dari 12 halaman

8. Paul Ince

Ince adalah salah satu dari dua gelandang bertahan Liverpool dengan torehan 14 gol. Termasuk unggul secara rasio atas Xabi Alonso.

Musim pertamanya di Liverpool (1997-1998), Ince mencetak delapan gol dan enam assist.

10 dari 12 halaman

9. Sadio Mane

Sadio Mane merupakan salah satu pemain sayap terbaik di Liga Inggris saat ini. Pemain asal Senegal itu menjadi bagian trisula maut Liverpool bersama Mohammed Salah dan Roberto Firmino.

Total Sadio Mane mengoleksi 99 gol di Liga Premier dan 78 di antaranya bersama Liverpool. Saat membawa Liverpool juara Liga Inggris musim 2019-2020, ia menyumbang 18 gol dan sembilan assist.

11 dari 12 halaman

10. Robbie Fowler

Fowler adalah pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah Liverpool dengan jumlah 128 gol. Ia merupakan satu dari 4 pemain yang mencetak setidaknya 20 gol dalam satu musim.

Torehan tertingginya saat tampil di Liga Premier musim 1995/1996. Robie Fowler mencetak 28 gol dan memberikan 5 assist.

12 dari 12 halaman

11. Mohammed Salah

Mohamed Salah adalah penyerang sayap terbaik Liverpool saat ini dan merupakan pilar penting sejak bergabung pada musim 2017. Pemain asal Mesir tersebut selalu mencetak minimal 19 gol dalam empat musim terakhir.

Kini ia sudah mengemas total 101 gol untuk The Reds. Mohammed Salah juga menjadi pemain pertama dalam sejarah klub Liga Inggris yang mampu mencetak gol di 5 pertandingan pembukaan kompetisi berturut-turut.

Sumber: Sportkeeda

Video Populer

Foto Populer