Liga Inggris: 10 Pelatih Top Eropa yang Masuk Daftar Incaran Sang Sultan Newcastle United

Oleh Rizki Hidayat pada 12 Okt 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 12 Okt 2021, 10:00 WIB
Newcastle United - Zinedine Zidane, Antonio Conte, Joachim Loew
Newcastle United - Zinedine Zidane, Antonio Conte, Joachim Loew (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Newcastle United mendadak bertransformasi menjadi klub tajir melintir. Hal tersebut tak lepas dari dibelinya saham mayoritas Newcastle oleh Public Investment Fund (PIF), sebuah konsorsium dari Arab Saudi.

PIF adalah konsorsium milik pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman. Mereka menggelontorkan dana hingga 300 juta pounds untuk mendapatkan 100 persen saham klub berjulukan The Magpies tersebut.

PIF jelas bertekad menyulap Newcastle United menjadi tim papan atas Premier League. Untuk melakukannya, Newcastle tentu butuh pelatih jempolan.

Saat ini, Newcastle United diasuh Steve Bruce. Namun, pelatih berusia 60 tahun tersebut bisa diganti dengan pelatih yang lebih baik untuk memulai era baru di St James' Park.

Lalu, siapa saja sosok yang bisa dipertimbangkan oleh Newcastle United untuk duduk di kursi manajer? Berikut ini nama-namanya.

 

2 dari 12 halaman

Antonio Conte

Foto Trivia: 8 Pelatih Top dengan Larangan Nyeleneh untuk Para Pemainnya
Pelatih enerjik, Antonio Conte menerapkan aturan aneh berupa diet ketat untuk pemainnya. Ia juga membatasi konsumsi makanan seperti pizza, saus tomat, dan minuman bersoda. Alasan pelatih yang membawa Inter Milan juara Serie A musim lalu ini untuk menjaga kebugaran pemain. (Foto: AFP/Miguel Medina)

Antonio Conte berhasil mempersembahkan gelar Serie A kepada Inter Milan pada musim lalu. Namun, kebersamaan mereka pada akhirnya harus berakhir pada musim panas.

Conte sempat didekati Tottenham. Namun, mantan pelatih timnas Italia tersebut gagal berlabuh di klub London tersebut.

Conte sebelumnya sudah punya berpengalaman menukangi tim Inggris. Dia berhasil memenangkan Premier League dan FA Cup saat menukangi Chelsea.

 

3 dari 12 halaman

Rafael Benitez

Rafael Benitez
Rafael Benitez antar Newcastle juara championship (Owen Humphreys/PA via AP)

Rafael Benitez sekarang sedang menangani Everton. Dia berhasil membawa The Toffees bertengger di posisi kelima dengan torehan 14 poin dari 7 laga.

Benitez tentu sudah tidak asing dengan publik St James' Park. Pelatih asal Spanyol tersebut pernah menangani Newcastle selama tiga musim.

Mantan pelatih Real Madrid tersebut juga punya prestasi yang bagus saat menangani tim Inggris. Dia pernah mengangkat Liga Champions di Liverpool dan meraih Liga Europa di Chelsea.

 

4 dari 12 halaman

Jose Mourinho

AS Roma - Jose Mourinho
AS Roma - Jose Mourinho (Bola.com/Adreanus Titus)

Jose Mourinho sudah malang melintang di sejumlah klub top Inggris. Dia pernah menukangi Chelsea, Manchester United, dan juga Tottenham Hotspur.

Mourinho berhasil menjuarai tiga gelar Premier League bersama The Blues. Dia juga memenangkan Liga Europa saat memimpin Setan Merah.

Mourinho saat ini berada di Italia bersama AS Roma. The Special One membawa klub Ibu Kota Italia itu bertengger di peringkat ke-4 dengan koleksi 15 poin dari 7 laga.

 

5 dari 12 halaman

Zinedine Zidane

Foto Piala Eropa: Profil Legenda Zinedine Zidane, Seniman Sepak Bola dari Prancis.
Ia mengakhiri karir sebagai pemain sepak bola pada tahun 2006 dan saat ini didaulat sebagai juru taktik tim yang berjuluk Los Blancos sejak tahun 2016. (Foto: AFP/Oscar Del Pozo)

Zinedine Zidane sebelumnya menangani Real Madrid. Namu, dia gagal mempersembahkan gelar juara untuk Los Blancos pada musim 2020/2021.

Zidane akhirnya memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih Real Madrid pada akhir musim. Ini adalah kali kedua pelatih berusia 48 tahun itu mundur dari Los Blancos.

Arsitek asal Prancis tersebut punya prestasi yang bagus bersama El Real. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga dan tiga Liga Champions.

 

6 dari 12 halaman

Roberto Mancini

Foto: Hentikan Rekor Kemenangan Italia, Spanyol Melenggang ke Babak Final UEFA National League 2021
Pelatih Roberto Mancini (kiri) berusaha untuk merubah strategi dengan sepuluh pemainnya. Meskipun begitu, Gli Azzuri tetap kesusahan melakukan penyerangan. (AFP/Franck Fife)

Roberto Mancini saat ini sedang melatih timnas Italia. Dia pun berhasil mempersembahkan trofi Euro 2020 untuk negaranya tercinta.

Newcastle bisa jadi tantangan yang menarik untuk Mancini apabila ingin kembali menangani klub. Terlebih, Mancini punya prestasi yang bagus saat bekerja di Inggris.

Mancini pernah melatih Manchester City selama lima musim. Dengan sokongan dana Sheikh Mansour, Mancini berhasil meraih gelar Premier League pada 2011/2012.

 

7 dari 12 halaman

Joachim Low

Joachim Low
Joachim Low mengangkat trofi Piala Dunia 2014 saat selebrasi (Joachim Low)

Setelah meninggalkan timnas Jerman, Joachim Low sekarang bebas untuk mencari klub baru. Loew sebelumnya punya prestasi bagus bersama Die Mannschaft.

Low berhasil memimpin Jerman ke final Euro 2008. Puncaknya, Loew sukses merebut trofi Piala Dunia 2014.

Di level klub, Low pernah melatih Stuttgart, Tirol Innsbruck dan Austria Wien. Dia berhasil memenangkan gelar bersama ketiga klub tersebut.

 

8 dari 12 halaman

Steven Gerrard

FOTO: Steven Gerrard Raih Trofi Pertama sebagai Manajer setelah 6 Tahun Meninggalkan Liverpool - Steven Gerrard
Sebagai pemain, Steven Gerrard telah membela Liverpool selama 17 tahun. Ia pergi dari Anfield pada akhir musim 2014/2015. Karir bermainnya dilanjutkan di LA Galaxy hingga 2016. Lepas itu, ia menukangi Glasgow Rangers dan sukses mempersembahkan gelar di tahun ke-3. (AFP/Andrew Milligan)

Saat ini, Steven Gerrard masih berstatus sebagai manajer Rangers. Menangani Rangers sejak April 2018, mantan pemain Liverpool itu berhasil membawa dampak positif.

Pada musim lalu, Rangers suskes meraih gelar Liga Skotlandia. Tak hanya itu, Gerrard membawa Rangers menyelesaikan musim tanpa kekalahan.

Sementara itu pada musim ini, Rangers masih kukuh di puncak klasemen liga Skotlandia. Sayangnya, mereka gagal menebus fase grup Liga Champions.

 

9 dari 12 halaman

Arsene Wenger

Perpisahan Arsene Wenger dengan Arsenal
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, menyapa suporter saat perpisahan di Stadion Emirates (6/5/2018). Selama 22 tahun membesut Arsenal, Wenger telah mempersembahkan 17 gelar dan 704 Kemenangan. (AFP/Adrian Dennis)

Arsene Wenger punya sejarah yang panjang bersama Arsenal. Dia menangani klub berjuluk The Gunners tersebut selama 22 tahun.

Selama berada di London utara, Wenger berhasil menjadikan Arsenal sebagai klub yang disegani. Mereka berhasil memenangkan Premier League dan juga FA Cup.

Wenger meninggalkan Arsenal pada akhir musim 2017/2018. Sejak saat itu, pria asal Prancis tersebut masih belum kembali melatih.

 

10 dari 12 halaman

Brendan Rodgers

FOTO: Tumbang 2-4 dari Newcastle, Leicester Terancam Digusur Chelsea dari Peringkat Tiga - Brendan Rodgers
Manajer tim Leicester City, Brendan Rodgers (kanan) menghibur para pemainnya usai dikalahkan Newcastle United 2-4 dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/2021 pekan ke-35 di King Power Stadium, Leicester, Jumat (7/5/2021). (AFP/Alex Pantling/Pool)

Brandan Rodgers punya prestasi yang cukup bagus bersama Leicester City. Dia berhasil membuat The Foxes bersaing di posisi Big Six Premier League.

Rodgers memang gagal membawa Leicester finis di empat besar Premier League musim lalu. Namun, dia masih bisa mengantar The Foxes meraih gelar FA Cup.

Prestasi apik juga diraih oleh Rodgers saat melatih Celtic. Pelatih asal Irlandia Utara tersebut sukses memenangkan dua Liga Skotlandia dan tiga Piala Liga.

 

11 dari 12 halaman

Andrea Pirlo

Foto Trivia: Gantungkan Nasib, Daftar Pelatih Top yang Akan Berganti Tim, Belum Dilirik Klub Baru
Andrea Pirlo merupakan mantan pemain sepak bola yang legendaris di liga Italia. Ia ditunjuk untuk menjadi pelatih kepala klub Juventus menggantikan Maurizio Sarri pada tahun 2020. Sayangnya karir kepelatihannya belum secemerlang kala seperti menjadi pemain bola. (Foto: AFP/Miguel Medina)

Andrea Pirlo merupakan pelatih Juventus pada musim lalu. Dia berhasil mengantarkan Bianconeri meraih gelar Coppa Italia dan Supercoppa Italiana.

Namun, Juventus gagal mempertahankan gelar Serie A. Hal tersebut membuat kontrak Pirlo diputus pada akhir musim.

Pirlo saat ini masih menganggur setelah meninggalkan Juventus. Namun, nama Pirlo belakangan ini dikaitkan dengan Barcelona.

Sumber: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 08/10/2021)

12 dari 12 halaman

Yuk Tengok Posisi Klub Favorit Kamu:

Lanjutkan Membaca ↓