Sukses


Liga Inggris: 5 Bek Manchester United yang Jadi Anak Emas Ole Gunnar Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Manchester United mengawali perjalanan mereka di Liga Inggris dengan status sebagai tim unggulan. Namun sayang perjalanan mereka tidak semulus prediksi awal.

Manchester United menjadi salah satu favorit karena status mereka sebagai runner up EPL tahun lalu. Selain itu Setan Merah juga belanja besar di musim panas kemarin dan mendatangkan nama-nama top ke Old Trafford seperti Raphael Varane, Jadon Sancho dan Cristiano Ronaldo.

Namun hingga pekan ketujuh kemarin, Manchester United masih sulit menunjukkan bahwa mereka calon juara. Performa mereka masih belum stabil sehingga mereka menempati peringkat empat klasemen sementara EPL.

Salah satu penyebabnya adalah lini pertahanan Setan Merah yang entah kenapa masih tampil keropos. Mereka tercatat kebobolan enam gol dari tujuh pertandingan dan hanya mampu membuat satu clean sheet saja.

Solskjaer  sejauh ini memang kerap memainkan komposisi lini pertahanan yang cukup ajeg. Namun siapa di antara para bek andalan Manchester United ini yang tampil paling konsisten? Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Luke Shaw

Luke Shaw masih dipilih Solskjaer menjadi bek kiri utama MU setelah tampil ciamik musim lalu. Shaw menjadi starter di semua pertandingan EPL musim ini.

Secara bertahan, performa Shaw kurang oke. Ia melepaskan total enam tekel, lima intersep dan dua sapuan saat bertahan. Namun sayang saat melakukan duel, ia hanya memenangkan 36% duel dengan lawan.

Statistiknya saat membantu serangan juga tergolong kurang oke. Ia hanya membuat satu assist bagi MU sejauh ini dan hanya membuat tiga peluang berbahaya bagi MU dari tujuh laga. Akurasi umpan silangnya juga cukup buruk, hanya 31% umpan silangnya yang menemui sasaran.

3 dari 7 halaman

Harry Maguire

Nama Harry Maguire masih menjadi andalan Solskjaer di pos bek tengah MU. Alasan Solskjaer mempercayakan Maguire sebagai bek tengah utama MU terjustifikasi dari statistik permainannya.

Dari enam laga yang ia mainkan, ia melepaskan enam tekel, satu blok, lima intersep dan 25 sapuan. Ia juga berhasil memenangkan dua duel satu lawan satu dengan lawan.

Namun kemampuan terbaik Maguire berada di bola-bola atas. Ia memenangkan 11 dari total 15 duel-duel udara. Ia juga cukup piawai dalam melakukan umpan lambung, di mana ia 14 kali melepaskan umpan lambung yang akurat.

4 dari 7 halaman

Raphael Varane

Bek anyar Manchester United itu langsung dipercaya Solskjaer menjadi starter di skuat MU. Sejauh ini performanya tergolong cukup impresif.

Dari lima laga yang ia mainkan, Varane melepaskan total delapan tekel, tiga intersep, 18 sapuan. Ia memenangkan 22 duel dari total 31 duel di atas lapangan.

Di udara, ia juga cukup tangguh di mana ia memenangkan 67% duel udara. Salah satu catatan menarik Varane adalah ia sudah membuat satu assist untuk gol Mason Greenwood di laga debutnya.

5 dari 7 halaman

Victor Lindelof

Pada awal musim ini, Solskjaer memasangkan Harry Maguire dan Victor Lindelof. Namun ia mulai tersisih semenjak kedatangan Raphael Varane.

Ia tercatat bermain di empat pertandingan EPL musim ini. Dari empat laga itu, ia melepaskan total tiga tekel, 3 intersep dan sembilan sapuan.

Presentase kemenangannya saat duel satu lawan satu sebesar 66%, sementara presentase kemenangannya di duel udara sebesar 61%. Namun sayang ia gagal mempersembahkan satupun clean sheet bagi MU saat bermain.

6 dari 7 halaman

Aaron Wan-Bissaka

Pemain terakhir yang jadi andalan Solskjaer di lini pertahanan MU adalah Aaron Wan-Bissaka.

Di plot sebagai bek kanan, Wan-Bissaka masih solid saat bertahan. 79% tekel yang ia lepaskan selalu sukses, di mana ia juga mengemas sembilan gol dan 11 intersep.

Namun untuk statistik ofensifnya, Wan-Bissaka masih perlu belajar banyak terutama di bagian umpan silangnya. Pasalnya hanya 31% umpan silang Wan-Bissaka yang menemui sasaran. Dari tujuh laga, ia juga hanya membuat satu peluang berbahaya saja bagi United.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, published 14/10/2021)

7 dari 7 halaman

Posisi MU saat Ini

Video Populer

Foto Populer