Sukses


Begini Jadinya Klasemen Liga Inggris 2021 / 2022 Tanpa VAR: Posisi Manchester United Merosot

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris 2021/2022 tercatat telah mengoleksi 22 keputusan VAR yang mengubah hasil akhir. Perubahan signifikan terjadi di papan klasemen, termasuk Manchester United yang posisinya merosot tajam.

Keberadaan VAR memang membuat pertandingan sepak bola lebih fair meskipun banyak juga yang menganggap laga jadi hambar karena minim drama.

Suara suporter pun terpecah. Banyak yang merasa VAR semestinya dhilangkan karena mengindahkan sisi humanis, namun tak sedikit pula yang mendukung penggunannya.

Keputusan VAR seringkali mengubah jalannya laga. Tidak jarang, tempo permainan mendadak berubah karena ada delay akibat intervensi dan review dari ofisial pertandingan.

Di Liga Inggris misalnya, tercatat ada 22 keputusan VAR yang mengubah banyak aspek, utamanya menyoal hasil pertandingan dan klasemen.

 

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Kerjanya?

ESPN mencoba mengubah hasil pertandingan berdasarkan keputusan VAR. Jika ada gol yang dianulir karena VAR, maka akan dihitung gol, dan sebaliknya.

Kemudian keputusan penalti yang dibatalkan karena VAR, maka dianggap ada penalti dan gol, kecuali terhadap tim yang rataan penalti berujung gol di bawah 50 persen.

Scroll ke bawah untuk mengetahui seperti apa klasemen Liga Inggris tanpa adanya keputusan VAR.

3 dari 3 halaman

Klasemen Liga Inggris tanpa VAR

Video Populer

Foto Populer